Tuesday, September 27

Resep Red Velvet Cupcake Super Lembut dan Moist

Red Velvet Cake & sedang happening di Jakarta 🙂 Dan aku mungkin jadi orang terakhir di kalangan teman-teman food-blogger yang berusaha mencari resep dan mencoba untuk membuatnya …

Tapi karena satu dan lain hal, maka tak tertahankan juga rupanya rasa ingin tahuku untuk mencicipi apa siihh rasanya si Red Velvet yang kondyang ini …

Jadilah aku mencoba Red Velvet dari 3 bakery yang ternama. Dan ternyataaa, selain topping cream cheesenya yang enak karena memang pakai cream cheese, maka menurutku tekstur lembut dan moist dari cake coklat dengan nuansa rasa asam lembut ini yang membuatnya menjadi bukan sekedar cake coklat biasa 🙂

Sejarah Red Velvet Cake

Kenapa namanya Red Velvet Cake? Oke, nama Red itu didapat dari warna semu kemerahan si cake ini. Sementara Velvet Cake konon kabarnya muncul sekitar tahun 1800an ketika para pembuat kue di Amerika mulai menggunakan bubuk coklat, bubuk almond dan tepung pati jagung untuk membuat cake dengan tekstur yang moist dan lembut.

Kemudian selama era perang dunia pertama, dimana ketersediaan susu dan telur sangat terbatas, para pembuat kue mulai mencari alternatif bahan yang lebih mudah didapat untuk melembutkan dan melembabkan cake. Salah satu bahan yang akhirnya digunakan adalah air juice beet atau beet root. Buah beet ini kalau airnya diperas akan berwarna ungu kemerahan dan saat digunakan di dalam cake, maka akan mewarnai cake tersebut. Saat itu sudah muncul cake dengan warna kemerahan karena adanya Juice Beet.

Namun Cake berwarna kemerahan itu tidak serta merta mendapatkan ketenarannya sebagai Red Velvet Cake. Hotel Waldorf-Astoria di New York pada tahun 1930 memperkenalkan sajian Red Velvet Cake, yang diklaim untuk pertama kalinya nama Red Velvet Cake ini digunakan untuk cake coklat yang berwarna kemerahan. Resep Red Velvet Cake Woldorf Astoria ini dirahasiakan cukup lama sampai akhirnya dipublikasikan untuk umum oleh Hilton berikut dengan cerita “ala drama” tentang bagaimana resep cake ini tersebar luas seantero jagatraya #lebay.

Baca Juga:  Resep Egg Tart Ala Mama Camila Yang Nyangkut Dihati

Resep Red Velvet Cake Waldorf Astoria Red Velvet Cake

Resep asli yang dipublikasikan oleh Hilton bisa dilihat di sini

Bahan-bahan Cake:

85 gram unsweetened chocolate, cincang
400 gram gula pasir
4 butir telur berukuran besar
1 ½ cup minyak sayur
1 ½ sdt vanilla extract
256 gram tepung terigu
2 ¼ sdt baking soda
¼ sdt salt
680 gram buah beet, blender sampai jadi pure
1 sdt pewarna makanan berwarna merah

Bahan untuk Icing/frosting

2 cups
340 gram cream cheese, suhu ruang
340 gram mascarpone cheese
½ sdt vanilla extract
190 gram gula halus

Warna merah pada Red Velvet Cake aslinya tidak menggunakan pewarna makanan berwarna merah. Warna coklat dengan semburat kemerahan adalah hasil dari proses kimia diantara Bubuk dan Asam (dalam hal ini adalah cuka atau buttermilk) yang menghasilkan semburat warna kemerahan di antara warna coklat si cupcake ini.

Namun dalam perjalanan berikutnya banyak yang menambahkan pewarna makanan berwarna merah untuk mempertegas warna merah dari si Red Velvet Cake. Termasuk Resep dari Waldorf Astoria di atas juga sudah menambahkan pewarna makanan berwarna merah. Pada tahun 1943, buku Joy of Cooking karya Irma Rombauer pertama kali mempublikasikan resep Red Velvet Cake yang menggunakan pewarna makanan berwarna merah. Dan semakin ke sini, resep Red Velvet Cake juga mengalami perubahan yaitu tidak lagi menggunakan Buah Beet dan menggantikan coklat batang dengan coklat bubuk.

Resep Red Velvet Cupcakes ala Cakefever

Red Velvet Cupcakes berwarna coklat kemerahan | Gustavo R – Pixabay

Baiklah, aku mau coba bikin deh. Aku melakukan dua kali percobaan membuat Red Velvet Cake ini. Dan dalam percobaan ini aku tidak menggunakan food color seperti yang tertulis di resep. Karena memang sudah tidak pernah ada lagi pewarna makanan di dapurku.

Percobaan pertama, aku menggunakan yoghurt untuk menggantikan buttermilk. Lalu aku juga mengganti white vinegar atau cuka dengan perasan jeruk lemon dengan ukuran yang sama.

Ini aku lakukan awalnya karena ingin menghindari cuka di dalam kue, yang sebenarnya aku tidak suka. Tapi ternyata rasa si Red Velvet tanpa cuka, memang jadinya bukan Red Velvet ya tapi cake with Yoghurt! Rasa asam khas cuka yang ketemu coklat itu yang gak bisa didapat bila mengubah cuka dengan yoghurt. Walaupun menurutku versi cake yang pakai yoghurt ini rasanya enak juga loh … silakan dicoba untuk yang mau eksperimen juga.

Baca Juga:  Resep Baklava, Kue Lebaran Khas Turki Enak & Mudah Dibuat

Untuk yang ingin mencoba menggunakan buttermilk namun kesulitan mendapatkan buttermilk siap pakai, bisa membuat buttermilk sendiri di rumah, caranya bisa dibaca di artikel ku ini : Bahan Pengganti Buttermilk & Sour Cream

Bahan-bahan Cupcake:

60 gram unsalted butter
170 gram gula pasir
1 butir telur
3 sdm unsweetened cocoa powder — sekitar 18 gram
2 sdm red food coloring (gunakan pewarna cair) >> aku tidak menggunakannya
1/2 sdt vanilla extract >> jangan diganti dengan vanila bubuk, percayalah rasanya akan beda 😀
1/2 cup buttermilk >> sekitar 120 – 125 gram
140 gram tepung terigu
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking soda
1 1/2 sdt cuka masak

Cara Membuat Red Velvet Cupcake:

1. Panaskan oven suhu 170 – 175 C. Siapkan loyang muffin atau cupcake ukuran sedang. Resep ini bisa jadi sekitar 18 – 24 cupcakes.

2. Kocok unsalted butter dengan gula sampai creamy. Gunakan gula yang berbutir halus supaya hasil kocokan mentega dan butter bisa lembut sempurna. Kalau tidak punya gula halus, blender saja gula pasir sampai halus. Jangan lupa, blender dulu, setelah halus baru gulanya ditimbang ya. Klo ditimbang dulu baru diblender, bisa-bisa kuenya kekurangan gula.

3. Setelah kocokan mentega menjadi creamy, masukkan telur dan kocok lagi sampai tercampur rata.

4. Kalau menggunakan pewarna, maka campurkan pewarna, bubuk coklat dan ekstrak vanila, aduk sampai menjadi pasta. Campurkan ke kocokan mentega. Aduk sampai warna tercampur rata.

5. Lalu masukkan bertahap dan bergantian antara buttermilk, cuka dan adonan kering (terigu + baking soda + garam). Aduk sampai semua tercampur rata.

Baca Juga:  Cara Menyimpan Cream Cheese Agar Tidak Cepat Jamuran

6. Adonan sudah siap! Masukkan ke cup case kira-kira 3/4 penuh. Panggang 20-25 menit sampai matang. Mengetahui matang bisa dengan cara tes tusuk atau dengan menepuk pelan permukaan cupcake. Permukaan cupcake yang matang bila ditepuk terasa empuk dan membal (weleh, ini apa ya istilah yang benernya?)

ini super moist dan lembut loh … Saat mencoba resep cake ini aku sengaja tidak membuat cream cheese frostingnya karena ingin tahu rasa cake ini tanpa ada embel-embel cream cheese frosting yang tentu saja akan membuat aku memaafkan rasa cake yang biasa-biasa saja sebab cream cheese frosting yang enak 🙂

Tapi kalau pengen bikin frostingnya, maka saranku adalah buatlah dengan cream cheese yang berbentuk balok. Bukan Cream cheese yang creamy dan bisa dioles ke atas roti, biasanya sih namanya cheese spread. Rasanya akan berbeda sekali.

Ini resep yang bisa digunakan untuk berbagai jenis kue.

Resep untuk Red Velvet

Cream cheese frosting yang cukup kokoh | Owen Bruce – Unsplash

Bila menginginkan tekstur yang lebih kental dan lebih kokoh untuk topping, tambahkan gula halus sampai 400 – 500 gram. Hasilnya memang akan lebih manis tapi masih enak. Atau kalau tidak ingin menambah gula, bisa menambahkan 1 sdm tepung maizena kedalam kocokan cream cheese.

Bahan-bahan frosting:

225 gram
115 gram unsalted butter
360 gram gula halus
1/8 sdt garam
1 sdt vanilla extract

Cara Membuat Frosting:

  • Kocok cream cheese dan butter dengan menggunakan mixer sampai mengembang dan lembut
  • Masukkan gula halus, garam dan vanilla extract, kocok lagi sampai semuanya tercampur rata
  • siap digunakan. Tekstur cream cheese frosting ini sangat ringan sehingga mungkin terasa sulit untuk dispuit indah.

Silakan yaa yang suka Red Velvet, resep ini boleh dicoba dan pleassseee share hasilnya kepada dirikuh yaa…

Happy Baking!

Resep adaptasi dari Hummingbird Bakery Cookbook

 

Sudah Baca Yang Ini?

23 Comments

    • penggunaan beet root itu pada dasarnya untuk memberi warna pada cake ini. Ada dua cara yang digunakan, menyaring rebusan beet root untuk diambil warnanya saja, dan ada juga yang memblender beet root sehingga ada jejak tekstur beet root di red velvet cake ini.

      Di resep ini memang tidak menggunakan beet root dan menggantinya dengan pewarna saja.

      Red velvet cake pada dasarnya adalah cake dengan campuran bubuk coklat 🙂 silakan googling Mit …

  • Wuri

    Halo Mbak..Salam kenal ya.. Mau tanya, klo buttermilk itu boleh pake air jeruk nipis ga? hehe.. karna dikulkas ku kebetulan adanya jeruk nipis bukannya jeruk lemon 🙂 makasiiih…

    • Kayaknya sih bisa, Ri … 😀 aku pernah bikin pakai jeruk nipis juga, tapi gak terlalu menggumpal seperti jeruk lemon. Tapi kata temanku, supaya bisa menggumpal susunya harus agak hangat, dan katanya seharusnya jeruk nipis juga bisa menggumpalkan susu menjadi buttermilk. Aku belum pernah lagi mencoba dengan jeruk nipis. Kalau Wuri mau coba, hangatkan susunya sebentar ya Ri … dan plis plis share 🙂

  • Hihi, emang sih Mba kadang aku juga suka mikir apa sih yg bikin red velvet sama rainbow cake populer? Wong cuma kue biasa dikasih toping aja (apalagi sama rainbow cake), tapi aku pribadi suka aja sama Red Velvet cake apalagi kalo creamcheese toppingnya mantap :9

  • Elysia

    mbak, saya mau coba resep nih. cuma dengan cara dikukus. apakah harus pakai buttermilk mbak? dan gunanya apa?

    • buttermilk untuk memperkuat rasa … klo mau pakai yoghurt juga bisa. Mau pakai susu saja juga bisa, tapi ini mungkin rasanya agak “lari” dari rasa aslinya …

      Wah kalau jadi dikukus, please share ya hasilnya seperti apa …

  • Jian

    Mba.. Saya udh coba resepnya,, emang bener2 rasanya enak tanpa dikasih frosting, tp sayangnya kue yg saya buat ga sempurna hasilnya mba, sblm saya tusuk kuenya ngembang bagus bgt eehh pas saya tusuk lgsg ambles melepes hehehe.. Kira2 knp ya mba? Apa krn loyang yg saya pake ukuran besar (lubangnya 6)

    • banyak sebabnya kue jadi kempes, Jian … kalau soal ukuran loyang, gak terlalu pengaruh. Bisa jadi karena cake terlalu cepat mengembang (suhu oven terlalu panas), dlsb …

  • imel

    Mba,aku msh bingung soal buttermilk. itu 1/2 cup buttermilknya bs dbikin dr 1/2 cup susu ultra + 2sdm air jeruklemon ga ya?

    • cuka apel gpp kok … gak pakai cuka juga gpp. Vinegar itu cuka masak bisa klo di kita. Itu fungsinya konon kabarnya untuk mengangkat warna merah si Red Velvet …

  • putu ayu

    Aku beberapa kali coba bikin si RVC yang beken ini, aku pake yoghurt plain aja (resep aslinya ngikutin Laura Vitale). Jadinya emang bener kaya chocolate cupcake yang agak asem (karena pake yoghurt) n moist, buat ku yg ga suka manis2 sih cocok ama resep ini, ga pake krim cheese nya uda enak (personal opinion)

  • Mba salam kenal,ya. Mo nanya langsung boleh kan hehehehe…aku jg selalu ganti cuka sama jeruk nipis jd ga tau hasil kue kl pake cuka. Emang kl pake cuka supaya kenapa,mba? Terkait rasa atau tekstur atau apa,ya….
    Makasih ya,mbaa

    • Menurut penjelasan temanku di detikFood, cuka itu dulu dipakai di resep tradisional supaya warna merah si RVC itu keluar cantik. Itu sebabnya bubuk coklat yang dipakai bukan yang dutch processed … dan mungkin jadi ada rasa asem-asem cuka gitu ya …

      Tapi skrg karena sdh pakai pewarna makanan, penggunaan cuka itu tentunya utk memberi rasa khas si RVC ya spy jadinya gak cuma cake coklat biasa 🙂

  • Andre Kho

    kejam ….tega ….. insomnia tiap minggu T_T yg cupcake coklat aja blm ku praktekin udah di kasih resep baru

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

%d bloggers like this: