Cara Bikin Roti Awan Cloud Bread Viral Cuma Pakai 3 Bahan

awan, atau cloud bread merupakan jajanan berupa yang sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu. Selain itu, roti awan juga viral berkat adanya kartun anak-anak yang berjudul “Cloud Bread”. Nah, sebenarnya, membuat cloud bread sendiri di rumah sama sekali nggak susah, lho. Cakefever punya resepnya nih, buat kamu. Cuma pakai 3 bahan alias nggak ribet, kamu bisa ikutin awan viral di bawah ini dengan mudah. Cekidot!

Roti Awan, Roti Enak dan Simpel yang Lagi Hits di Tiktok

Cloud Bread (sumber - USA Today)
Cloud Bread (sumber – USA Today)

Ketika cloud bread turun campur resep cinta Ibu, cloud bread…cloud bread…kita pun punya cloud bread… Hayooo, siapa yang bacanya sambil nyanyi? Hehe. Yup, roti awan, atau cloud bread memanglah merupakan sebuah hidangan yang lagi ngehits akhir-akhir ini. Berbahan dasar putih , gula, dan tepung, cloud bread menjadi salah satu sajian nikmat yang bisa kamu buat dengan mudah di rumah.

Roti yang satu ini memiliki tekstur lembut, ringan, dan fluffy seperti awan. Banyak juga yang bilang kalau cara bikin roti awan ini mirip-mirip dengan cara bikin dalgona. Whatever it is, roti awan alias cloud bread ini sangat cocok untuk kamu jadikan teman bersantaimu saat waktu senggang.

Baca Juga:  Cara Membuat Roti O yang Lembut dan Anti Gagal

Awan Cloud Bread Mudah Pakai 3 Bahan

Resep Roti Awan (sumber - Vegetarian Times)
Resep Roti Awan (sumber – Vegetarian Times)

Sudah semakin penasaran dengan resep roti awan 3 bahan? Yuk, ikutin langkah-langkahnya berikut ini!

Bahan:

  • 3 butir , pisahkan putih dengan kuningnya. Kita pakai putihnya saja
  • 4 sdm gula pasir
  • 1 sdm tepung maizena

Cara Membuat:

  • Pertama, kita siapkan 3 butir telur yang kita ambil putihnya saja. Telurnya jangan dimasukkan kulkas, jadi lebih baik kalau suhu ruang saja.
  • Kedua, kita kocok putih telurnya menggunakan mixer sampai mengembang. Kalau sudah mengembang, kita tambahkan gula pasir. Kocok lagi dengan kecepatan tinggi sampai adonannya jadi kaku. Kamu boleh tambahin pewarna makanan ke adonannya kalau kamu suka.
  • Kalau adonan sudah kaku dan gulanya juga sudah larut, tambahkan tepung maizena. Kocok lagi sampai semuanya tercampur rata.
  • Siapkan loyang, jangan lupa untuk dialasi dengan kertas roti terlebih dahulu. Tuang adonan roti ke loyang dan bentuk seperti bantal bulat atau sesuai selera.
  • Panggang selama 30 menit di suhu 150 derajat celcius. Oh iya, sebelum itu jangan lupa ovennya dipanaskan dulu selama 10-15 menit, ya!
  • Keluarkan roti dari panggangan kalau sudah matang.
  • Cloud bread alias roti awan sudah siap dinikmati!  
Baca Juga:  Tutorial Membuat Adonan Pizza Lembut ala Italia Anti Gagal

Membuat Roti Awan jadi Lebih Enak

Nah, buat teman-teman setia Cakefever yang sudah mulai tertarik untuk bikin roti awan sendiri di rumah, Cakefever punya beberapa nih, supaya roti awan buatan kamu jadi makin enak. Check this out!

  • Sebelum mengocok adonan, pastikan nggak ada sisa air atau minyak yang menempel di wadah ya. Kamu bisa membersihkannya dengan lap atau tisu kering, karena hal ini bisa membuat adonanmu nggak bisa mengembang.
  • Kalau kamu suka roti awan yang warna-warni, kamu bisa tambahkan beberapa tetes pewarna makanan, serta tambahkan topping-topping lain, seperti remahan oreo, choco chips, atau kacang almond.

Nah, teman-teman setia Cakefever, itulah tadi sedikit ulasan mengenai tips dan resep roti awan cloud bread yang akhir-akhir ini lagi viral di Tiktok. Ternyata, bahan-bahan dan cara membuatnya sangatlah simpel, ya. Kalau gitu, nggak ada lagi alasan untuk kamu nggak mencoba ikutin resep roti awan ini di rumah. Selamat mencoba!

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya