Tuesday, August 9

Resep Roti Prata ala India Sederhana, Cuma Pakai 4 Bahan!

Teman-teman setia Cakefever, sudah pernahkah kamu mencicipi salah satu hidangan khas India yang bernama Canai? Canai merupakan salah satu kuliner khas India yang berbentuk pipih dan disantap dengan kuah kari.  Tapi, banyak yang nggak tahu kalau Roti Canai juga memiliki nama lain, yakni Roti Prata. Banyak dijual di Indonesia, kudapan khas India yang satu ini memiliki banyak penggemar, lho.

Kamu salah satunya? Kalau gitu, kamu nggak perlu lagi deh, jajan Prata di luar. Sebab, Cakefever punya resep Prata India hanya untuk kamu, nih. Daripada penasaran, yuk langsung cek pembahasan tentang resep Roti Prata di bawah ini!

Prata, Kuliner Khas India yang Disantap dengan Kuah Kari

Roti Prata India (sumber: @natalia.suwandi on Instagram)
Prata India (sumber: @natalia.suwandi on Instagram)

Prata adalah nama lain dari Canai, makanan khas dari India. Roti Prata pada umumnya berbentuk bundar pipih, dan sangat nikmat untuk disantap dengan kuah kari. Meskipun berasal dari negara Taj Mahal, rupanya orang Indonesia pun banyak lho, yang doyang dengan Roti Prata ini. Memiliki rasa asin gurih dan aroma wangi yang menggugah selera, siapapun yang belum pernah mencobanya pasti bakal tertarik, lalu ketagihan, deh.

Baca Juga:  Resep Pancake Simple Ala Cakefever

Kendati demikian, nyatanya Prata juga nikmat disantap dengan topping manis, seperti coklat atau keju, lho. Banyak orang yang mengkreasikan Prata dengan aneka topping manis yang menggugah selera untuk jadi ide jualan. 

Resep Prata ala India Sederhana Cuma Pakai 4 Bahan

Resep Roti Prata (sumber: @jimmyfooddiary on Instagram)
Resep Prata (sumber: @jimmyfooddiary on Instagram)

Siapa bilang bikin Roti Prata itu susah? Well, sebenarnya kamu hanya butuh 4 bahan aja, lho. Next time, nggak perlu lagi jajan di luar, ya. Sebab, Cakefever punya resep Roti Prata India mudah hanya buat kamu. Berikut ini resepnya.

Bahan:

  • ¼ kg tepung terigu serbaguna
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 250 ml minyak sayur
  • 175 ml air

Cara membuat: 

  • Pertama, kita siapkan wadah. Kemudian, masukkan tepung terigu, kaldu bubuk, dan air. Campurkan sampai merata, uleni hingga adonannya kalis.
  • Kedua, bentuk adonan yang sudah kalis menjadi bentuk tabung memanjang, potong jadi beberapa bagian. Kalau sudah, siapkan wadah baru dan olesi wadah tersebut dengan minyak sayur. Supaya tanganmu nggak lengket, kamu boleh olesi tanganmu dengan minyak sayur juga, ya.
  • Bentuk tiap adonan yang sudah dipotong menjadi bulat kecil-kecil. Lakukan ini sampai semua adonan sudah habis.
  • Simpan adonan yang sudah dibentuk bulat ke dalam sebuah wadah. Kemudian, wadahnya ditutup pakai plastik wrap, lalu masukkan ke kulkas dan biarkan semalaman.
  • Kalau sudah nunggu semalaman, keluarkan adonan dari kulkas. Siapkan talenan yang sudah diolesi minyak. Ambil adonan, lalu pipihkan adonan di atas talenan sampai lebarnya seukuran piring makan. Lakukan sampai semua adonan habis.
  • Setelah adonan dibuat selebar piring makan, dorong kedua ujung adonan sehingga jadi berkerut. Kemudian, tarik bentuklah jadi bulat kembali.
  • Tekan-tekan adonan sampai merata dan berdiameter sekitar 10 cm.
  • Next, kita panggang Roti Pratanya. Panaskan teflon, kemudian letakkan adonan Roti Prata di atasnya. Panggang selama 2-3 menit hingga berwarna coklat keemasan.
  • Kalau sudah matang, angkat rotinya. Setelah itu kita tepuk Roti Pratanya supaya memiliki tekstur yang lebih renyah.
  • Roti Prata India sudah siap dinikmati bersama kuah kari atau topping lainnya!
Baca Juga:  4 Resep Kue Putu Ayu Lembut dan Manis, Mudah Dimasak di Rumah!

Nah, teman-teman setia Cakefever, itulah tadi penjelasan mengenai resep Roti Prata India yang bisa Cakefever sajikan kali ini. Gimana, mudah banget kan, cara bikinnya? Kalau kamu nggak suka kuah kari, kamu bisa banget kok menyantap Roti Prata dengan topping lain kesukaan kamu. Pokoknya, kamu wajib banget coba bikin Roti Prata sendiri dengan ikutin resep Roti Prata yang sudah Cakefever sediakan di atas, ya. Selamat berkreasi!

Aku suka menulis tentang makanan, tapi tetap aja lebih suka makannya doang sih. I’m Netta and very nice to meet you all!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^