Wednesday, December 7

Ada Stok Roti John Siap Pakai? Bikin Roti John Malaysia Yuk!

Teman-teman setia Cakefever, adakah diantara kalian yang doyan banget makan sandwich asin yang biasanya diisi dengan daging, mayonnaise, dan telur? Yup, sandwich memang salah satu kudapan yang ciamik banget untuk menemani waktu bersantai kita. Namun, apa jadinya kalau sandwich yang kita makan bukan berasal dari roti tawar lembaran biasa, melainkan sandwich gemuk dengan ukuran roti yang lebih jumbo? Pasti puas banget, deh!

Salah satu jenis roti sandwich jumbo yang aku maksud adalah John Malaysia. Adakah teman-teman Cakefever yang suka jajan John? Next time, nggak perlu jajan lagi, deh. Karena Cakefever punya resep Roti John kekinian khusus buat kamu, nih. Baca artikelnya sampai habis, ya!

John Malaysia, Sandwich Gurih dengan Berbagai Isian

Roti John Malaysia | @rotijohnsaudagar - Instagram
John Malaysia | @rotijohnsaudagar – Instagram

Siapa sih, yang nggak kenal dengan John, roti sandwich berukuran jumbo yang diisi dengan berbagai isian seperti daging, telur, sayuran, mayonnaise, dan saus. Basically, John dipasarkan dengan isian yang gurih asin, karena aku belum pernah menemukan ada orang jual Roti John dengan isian manis, seperti coklat. Kudapan yang satu ini memang lagi hype banget di kalangan masyarakat, lho.

Baca Juga:  Resep Roti Tawar Open Top yang jadi Roti Goreng

Nggak hanya di Indonesia, John juga populer banget di negara asalnya, yakni Malaysia. Nggak berbeda dengan yang ada di Indonesia, Roti John asli Malaysia juga diisi dengan berbagai topping dengan rasa gurih dan asin. Roti John bisa jadi alternatif buat kamu yang doyan makan sandwich asin tapi sudah bosan dengan burger atau hotdog. Porsi jumbo yang dimiliki Roti John pasti bisa bikin kamu lebih puas daripada makan sandwich biasa.

Resep Roti John Malaysia Simpel dan Mudah Dibuat

Resep Roti John | @sandwichman_morningman - Instagram
Resep Roti John | @sandwichman_morningman – Instagram

Yang masih suka jajan Roti John di luar rumah, kamu wajib banget intip resep Roti John Malaysia kekinian dari Cakefever ini. Hitung-hitung, kamu bisa hemat duit jajan, kan? Terlebih, kalau kamu kebetulan punya stok Roti John siap pakai di rumah, jangan disia-siakan, deh. Yuk, langsung aja disimak resep Roti John kekinian khas Malaysia berikut ini, ya. Cekidot!

Bahan Utama:

  • 2 buah Roti John siap pakai

Bahan Isian Ayam:

  • 200 gram ayam cincang
  • ½ buah bawang bombay, cincang
  • 2 sdm saus teriyaki
  • 2 sdm
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap manis
Baca Juga:  Resep Roti Prata ala India Sederhana, Cuma Pakai 4 Bahan!

Bahan Isian Telur Dadar:

  • 3 butir telur
  • 2 sdm
  • 2 batang daun bawang
  • Garam & lada bubuk secukupnya

Bahan Isian Lain:

  • 3 helai daun selada, iris tipis
  • 60 gram keju parut
  • Saus tomat, saus sambal, & mayonnaise secukupnya

Cara Membuat:

  • Pertama, kita bikin isiannya terlebih dahulu. Panaskan di wajan atau teflon, kemudian tumis bawang bombay bersama bawang putih.
  • Kalau tumisan bawangnya sudah wangi, masukkan ayam cincang. Tumis ayam hingga warnanya berubah, lalu masukkan kecap, saus tiram, saus teriyaki, dan gula pasir. Masak hingga matang, lalu sisihkan.
  • Kocok telur, garam, lada, dan daun bawang dalam sebuah wadah. 
  • Tuangkan telur yang telah dikocok ke dalam teflon, jika telur sudah setengah matang, letakkan Roti John siap pakai di atasnya.
  • Tekan-tekan roti supaya menyatu dengan telurnya, jangan lupa tiap sisi roti diolesi dengan supaya lebih wangi.
  • Kalau telur sudah matang dan menyatu dengan roti, balik rotinya sehingga roti yang dilapisi telur berada di bagian atas. 
  • Tambahkan ayam cincang yang sudah ditumis, serta bahan isian lain seperti selada, keju, saus, dan mayonaise di atas lapisan telur.
  • Tutup tangkupan rotinya, kemudian iris Roti John jadi 6 bagian.
  • Roti John Malaysia ala rumahan sudah siap dinikmati!
Baca Juga:  Membuat Roti Tawar Lembut Dengan Bread Maker

Nah, itulah tadi sedikit penjelasan mengenai resep Roti John Malaysia yang bisa Cakefever sajikan kali ini. Mudah banget untuk dicoba, kan? Mulai sekarang, kamu nggak perlu deh, jajan Roti John di luar lagi. Cukup dengan praktekin resep Roti John kekinian di atas aja, kamu sudah bisa menikmati lezatnya Roti John Malaysia, lho. Selamat berkreasi!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^