Cara Praktis Membuat Dulce de Leche

Aku sangat suka . Suka bangettt. Tapi di sini sulit mencari saus , atau permen yang chewy. Sehingga untuk bisa praktek resep Snickers Caramel Cheese Cake, aku harus membuat sendiri.

Cara membuat karamel rumahan yang paling sederhana adalah dengan menggunakan susu kental manis (Sweet Condensed Milk). Susu kental manis adalah sesuatu yang diberi nama susu tapi gulanya lebih banyak daripada susunya, hehehe.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut: Rebus susu kental manis dalam kalengnya selama minimal 3 jam. Lebih lama direbus maka konsistensi atau kekentalan karamel juga akan semakin pekat. Karamel yang dibuat dengan cara seperti ini biasanya disebut dengan Dulce de Leche.

Udah, begitu saja cara membuatnya. Gampang kan? 😀

Seperti biasa, tiap kali mencoba membuat sesuatu yang baru, gak senang rasanya kalau gak pakai gagal duluan. Dengan gagal, aku jadi belajar sesuatu *ngeles*.

Jadi sewaktu aku merebus kaleng susu kental manis ini, aku sempat kuatir kaleng susu bisa meledak karena tekanan tinggi di dalam kaleng tertutup saat direbus. Sehingga aku mencoba melobangi bagian atas kaleng susu saat merebus. Padahal yang harus aku kuatirkan sebenarnya adalah jangan sampai air di dalam panci berkurang banyak atau malah jadi kering sama sekali, nah itu baru super bahaya.

Kaleng Susu Kental Manis dilubangi sedikit
Susu Kental Manis luber keluar melalui lubang kecil
Susu Kental Manis luber keluar melalui lubang kecil

Dan karena bagian atas kaleng dilubangi, berarti aku tidak bisa merendam seluruh kaleng ke dalam air. Padahal agar seluruh bagian susu kental manis bisa mengaramel sempurna, seluruh bagian kaleng seharusnya terendam air panas.

Dan hasil dari merebus kaleng susu kental manis dengan cara seperti ini adalah gagal 😀

Dulce de Leche gagal karena tidak seluruh bagian susu terebus dengan sempurna.
Dulce de Leche gagal karena tidak seluruh bagian susu terebus dengan sempurna.

Lalu pada percobaan berikutnya, aku tidak melubangi kaleng susu kental manisnya. Susu kental manis aku rendam dalam air dan direbus selama 3 jam. Selama tiga jam itu, aku stel alarm tiap 30 menit untuk mengecek dan menambah air dalam panci tersebut. Jangan sampai panci kekurangan air ya ibu-ibu dan bapak-bapak sekalian. Berbahaya sekali bila sampai airnya kosong, bisa-bisa meledak kaleng susunya.

Karena direbus selama 3 jam, maka hasil dari dulce de lecheku sangat kental dan pekat, seperti gambar di bawah ini. Kalau menginginkan versi yang lebih encer, tinggal dikurangi lama waktu rebusnya.

dulce de leche setelah direbus lebih dari 3 jam

Dulce de leche yang kental ini, bisa dicetak lagi dalam loyang dan didinginkan dalam kulkas menjadi permen karamel yang chewy. Atau kalau mau gampang seperti yang aku lakukan ya tinggal dimasukkan ke dalam toples kaca, dan tinggal disendokin saja tiap ingin dinikmati 😀

Cara lain membuatnya adalah dengan menuangkan seluruh isi susu kental manis (tambahkan sedikit garam bila suka), ke dalam wadah tahan panas, lalu tutup dengan aluminium foil dan rendam dalam air di wadah tahan panas lainnya seperti Au bain marie. Lalu masukkan oven dan panggang selama 90 menit-an. Jangan lupa tiap 30 menit cek airnya dan tambah air bila berkurang banyak. Dengan cara ini akan sama lembut dan kentalnya dengan yang direbus bersama kalengnya. Dan tentunya cara ini lebih aman dari degdegan kuatir kaleng susunya meledak 🙂

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: