Sendok & Cup Pengukur

Banyak resep yang masih menggunakan ukuran sendok makan dan sendok teh. Bila menemukan resep yang menggunakan ukuran sendok makan dan sendok teh, maka sebaiknya tidak menggunakan sendok yang digunakan untuk makan. Gunakan sendok yang memang diperuntukkan untuk pengukuran. Sebab sendok yang dipakai makan, ukurannya tidak standar. Di resep-resep lama biasanya menggunakan istilah sendok makan munjung dan sendok makan peres. Kalo munjung itu artinya bahan dalam sendok tidak diratakan permukaannya sehingga datar seperti sendok makan peres.

Sendok dan cup pengukur ini kalau dibeli harganya tidak mahal kok. Sendok pengukur terdiri dari berbagai ukuran, mulai dari 1 sendok makan sampai dengan 1/8 sendok teh. Dan biasanya dijual dalam satu set, bisa berbahan plastik atau pun stainless steel.

Selain sendok pengukur, ada pula cangkir pengukur (measuring cup), biasa digunakan untuk resep yang menggunakan cup sebagai ukurannya. Cup pengukur dan sendok pengukur kalau bisa beli satu set saja. Untuk sendok pengukur biasanya memiliki ukuran mulai dari 1/8 sdt, 1/4 sdt, 1/2 sdt, 1 sdt, 1/2 sdm dan 1 sdm. Sementara untuk cup pengukur memiliki ukuran mulai dari 1/4 cup sampai ke 1 cup.

Kalau kita hanya memiliki timbangan dan tidak memiliki sendok atau cup pengukur ini, sementara resepnya tertulis dalam cup, untuk mengatasinya kita bisa melakukan konversi ukuran bahan dari cup ke gram. Untuk konversi dari cup ke gram bisa dilihat di KONVERSI.

Ohya harap diingat mengkonversi tepung dari cup ke gram tidak bisa serta merta disamakan antara satu bentuk tepung dengan tepung lainnya, apalagi kalau bahannya berbeda.

Satu cup tepung terigu tidak sama beratnya dengan satu cup bubuk coklat -misalnya. Sebab bubuk coklat lebih ringan dan halus dibandingkan dengan tepung terigu. Oleh karena itu satu cup bubuk coklat bila ditimbang akan lebih berat dibanding dengan 1 cup tepung terigu. Sebab dalam cup yang diukur adalah volume bahan.

Untuk penjelasan soal konversi berat bahan dengan volumenya bisa dibaca di :
Peningnya Mengonversi Ukuran dalam Resep

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: