Resep Kue Putri Salju NCC

Kalau lebaran yang lalu aku membuat kue kering Putri Salju dengan resep mba Arfi, maka lebaran kali ini, aku membuat kue kering Putri Salju dengan resep dari mba Fatmah NCC.

Jujurrr, kalau soal rasa aku lebih suka rasa kue Putri Salju resepnya mba Fatmah karena lebih gurih. Saking gurihnya, kue putri salju resep mba Fatmah dimakan tanpa dibaluri gula halus pun sudah enak. Tapi kue Putri Salju kalau gak berbalut gula halus yaa namanya bukan dong ya 🙂 Lha wong aku yakin kuenya itu diberi nama karena berbalut gula halus berwarna putih laksana salju gittuu… 🙂

Ohya problemku saat pertama kali mencoba resep kue Putri Salju mba Fatmah ini adalah di proses pembentukannya. Adonannya lembek dan lengket sehingga ketika dicetak dengan cetakan bulan sabit, adonannya sulit dilepaskan dari cetakannya itu. Padahal sudah aku masukkan ke dalam kulkas 30 menit sebelum dicetak, tapi tetap lengket.


 
Dan sekarang mau bikin lagi, tantangannya adalah bagaimana caranya supaya si adonan gak menjadi super lengket. Soalnya aku baca di milis dan blog teman-teman lain yang mencoba resep kue Putri Salju NCC ini kok ya gak ada keluhan lengket … Pastinya ada yang salah dengan proses yang selama ini aku lakukan, karena Baking is Engineering. Ketika semua prosedur sudah dilakukan dengan benar maka hasilnya pun harus benar 🙂 Kalau hasilnya tidak sesuai yang diharapkan, berarti ada prosedur yang belum benar …

Untuk mengetahui prosedur mana yang masih kurang benar, aku mengevaluasi semua tahapan proses pembuatan kue Putri Salju mba Fatmah NCC ini. Dan berikut adalah perbaikan yang aku lakukan untuk membuat adonan kue Putri Salju bisa dicetak:

  • Pastikan sudah didinginkan di dalam kulkas dan dipotong-potong seukuran dadu ketika siap untuk diblender.
  • Selalu gunakan gula halus. Kalau tidak punya gula halus, blender saja gula standar yang ada di rumah sampai menjadi tepung. Hal ini untuk memastikan tidak perlu dikocok terlalu lama dengan mikser, menghindari minyak keluar dari si tersebut yang bisa membuat kue jadi melar.
  • Aku menyimpan adonan di kulkas lebih dari 30 menit. Kira-kira satu jam setengah. Disimpan dengan cara adonannya dibungkus dengan plastik lengket (cling wrap). Dan ketika proses pencetakan berlangsung pun, adonan sisa tetap disimpan di dalam kulkas
  • Pada saat mencetak, cetakannya dibaluri . Aku mencoba menggunakan minyak di cetakan, tapi malah jadi belepetan. Akhirnya cuma pakai terigu saja

Dan setelah melakukan langkah-langkah diatas, alhamdulillah ya adonan kue Putri Salju-ku akhirnya bisa juga dicetak 😀

Di bawah ini adalah resep kue Putri Salju dari NCC.

Bahan Kue Putri Salju :


250 gram mentega — mentega aku simpan dalam kulkas supaya mentega dalam keadaan dingin ketika akan dimikser.
100 gram gula halus
200 gram kacang mete (panggang, haluskan) — supaya tidak keluar minyak dan menggumpal, blender kacang mete dengan sedikit terigu. Yang aku lakukan adalah mengambil sekitar 50 gram terigu dari total 250 gram terigu di dalam resep ini, aku campurkan ke dalam kacang mete lalu diblender sampai halus.
250 gram — jangan lupa diayak ya.

Bahan taburan:
150 gram gula bubuk, aduk dengan 1/2 sdt vanilli (optional)
gula donat secukupnya

Cara Membuat:

Kocok mentega dan gula halus dengan mikser hingga lembut, tapi awas hati-hati jangan sampai berminyak. Masukkan kacang mete halus dan tepung terigu, aduk rata dengan spatula. Bulatkan adonan bungkus dengan plastik lengket, simpan dalam kulkas ½ – 1 jam. Setelah adonan dingin, keluarkan ambil sejumlah adonan yang mau dicetak, sisanya simpan lagi dalam kulkas.

Kerjakan proses pencetakan. Kalau aku, aku giling dulu lalu dicetak dengan cetakan bulan sabit.

Susun dalam tipis ( ), panggang dalam oven selama lebih kurang 20 menit, hingga matang. Suhu antara 170-175 C.

Setelah matang, dalam kondisi kue masih panas-panas, gulingkan dalam gula bubuk biasa. Setelah terbalut rata, gulingkan dalam gula donat. Kenapa harus pakai gula donat? Karena gula donat ada sensasi dinginnya dan warnanya lebih putih bersih daripada gula halus biasa.

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: