Mengatasi Beda Voltage Mikser KitchenAid

Setelah aku posting artikel tentang membeli mikser KitchenAid Artisan-ku secara online dan dikirim langsung dari Amerika, banyak yang bertanya tentang beda voltage antara Indonesia dan Amerika. Naah secara itu mikser langsung dikirim dari Amerika, tentunya memang ada beda voltage atau tegangan ya. Di Indonesia kan 220 Volt, sementara disono gak nyampe 220V.

Terus terang awalnya aku sempat melupakan perihal beda voltage ini. Apalagi ketika mikserku baru datang dan aku coba ternyata berfungsi baik-baik saja. Jadilah daku melupakan tentang perbedaan voltage ini.

Namun memang ada sedikit keherananku saat memfungsikan Mikser KitchenAid Artisan-ku ini, karena di speed 1 putaran beaternya terlalu kencang, tidak seperti yang aku lihat di video-video tentang kitchenaid ini.

Seharusnya di speed 1 putarannya lambat dan biasanya memang untuk mencampur bahan kering.

Alhasil aku tak bisa mencampur adonan kering di dalam bowlnya itu karena pasti akan langsung bertebaran kemana-mana, dan walaupun sudah aku tutup dengan Pouring Shields bawaan dari paket mikser ini tetap saja adonan kering keluar dari bagian terbuka dari Pouring Shields ini.

Baru mau cari tahu tentang soal ini, aku terima notifikasi komentar dari Sherly dan Sofie yang menanyakan soal beda voltage ini. Dan tetap saja aku masih gak ngeh hahaha …

Akhirnya baru benar-benar insyaf ketika melihat video pembuatan cupcake Magnolia aku memperhatikan putaran beater di speed 1 itu memang lambat dan bisa mengaduk bahan kering sampai tercampur rata tanpa beterbangan kemana-mana seperti yang aku alami. Langsung cek di bagian bawah si mikser dan tertulis 120V 60Hz … Glek! Waduuhh ya ampun, alhamdulillah mikserku gak sampai meleduk gara-gara aku lalai memperhatikan beda voltage ini.

Setelah insyaf, segeralah aku menuju toko listrik terdekat dan langsung membeli Automatic Voltage Regulator atau biasa juga kita sebut stabilizer.  Sebenarnya stabilizer ini bermanfaat tidak hanya untuk perangkat yang memiliki tegangan di bawah 220V tapi juga berguna menjaga peralatan listrik kita apabila tegangan listrik di rumah sering naik turun.

Karena Mikser KitchenAid Artisan ini menggunakan daya 325 watt maka stabilizer 500VA saja seharusnya sih sudah memadai yah.

Tapi karena penjelasan si engkoh bahwa perangkat listrik bermotor seperti mikser itu tarikan awalnya bisa dua kali lipat yang berarti bisa mencapai 600 watt, akhirnya daripada daripada yang bagaimana bagaimana, aku pun memutuskan membeli yang 1000VA sekalian … beda dikit ini, hehehe. Ohya harganya berkisar antara 300-400ribuan untuk si stabilizer ini, tergantung beli di toko mana 😀

Dan ternyata sodara-sodara, setelah dipasang si Voltage Regulator ini putaran beater si Mikser KitchenAid Artisan kembali ke seharusnya yaitu speed 1 itu untuk stir, lambat sehingga bisa untuk mencampur adonan kering.

Demikian yah … jadi nanti kalau udah jadi beli KitchenAid KSM150PSWH Artisan Series 5-Quart Mixer, White atau warna lainnya, jangan lupa pakai voltage regulator yaaa …

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: