Merawat dan Memperbaiki Oven Gas

Selain memiliki yang cukup besar untuk menunjang usaha jualan kue, untuk keperluan sehari-hariku terutama untuk keperluan riset resep, aku juga memiliki yang bergabung dengan kompor.

Oven gas ini mereknya Tecnogas. Umur ini sudah belasan tahun, jadi jangan ditanya ini seri apa dari kompornya Tecnogas yaa. Aku gak tau 😀

Mamaku menghibahkan kompor gas atau gas Tecnogas ini untukku. Terutama setelah melihat keseriusanku (deuu…) dalam belajar baking. Waaah aku senangnya minta amppuunn waktu dapat hibah kompor eh oven gas gratis dari mamaku lhoo…

Soalnya kalau mesti beli sendiri kompor gas seperti ini dengan merek Tecnogas, waduh harganya lumayan tuuh … Coba deh cek ke toko sebelah 😀

Naah karena udah punya yang panasnya rata dan bisa dihandalkan, maka semakin rajinlah diriku belajar membuat kue. Lama kelamaan, karena memang ini barang lama, maka si kompor eh gas ini pun mulai cari perhatian 😉 Caranya mencari perhatian adalah dengan membuat kue-kueku mulai gagal tanpa sebab … “Tanpa sebab” karena waktu itu aku tidak paham apa lagi salahku dalam proses pembuatan kue sehingga jadi gagal. Dirunut-runut rasanya tidak ada masalah di pengocokan, pengadukan dan pencampuran. Kecurigaanku akhirnya mengarah ke OVEN-ku!

Singkat kata, akhirnya memang Oven Gas-ku ini sudah minta di-service. Tadinya mau panggil service resmi dari Tecnogas, tetapi setelah lihat FB-nya Widya yang puas dengan hasil kerja Pak Yanto – Spesialis Oven Gas berbagai merek, maka aku pun akhirnya menelepon pak Yanto.

Pertimbanganku juga karena komporku ini sudah cukup tua usianya, maka teknisi yang berpengalaman lama menangani berbagai tipe kompor akan lebih bisa mendiagnosa dan memperbaiki kompor eh oven gasku ini.

Setelah Pak Yanto memeriksa, ternyata memang lumayan parah kerusakannya. Yeah maklumlah kompor sudah belasan tahun. Mulai dari kabelnya ada yang digigit tikus, peredam panas ada yang robek, pemantik api tersumbat, bla bla bla …

Well Well, pak Yanto and team memperbaiki dan membersihkan komporku seharian, dari pagi jam 10-an sampai jam 5 sore!!

Ndak heran kalau servisnya dari pagi sampe sore. Karena seluruh bagian kompor gas dibongkar dan diperiksa. Peredam panas diganti, baut yang hilang dipasang, pemantik yang mampat dibersihkan, kabel yang robek juga diganti, bahkan jaring kawat di bagian belakang kompor yang dulu pernah jadi jalan masuk tikus karena terbuka pun dibenerin.

Setelah selesai, mulai deh aku ngetes semua bagian komporku yang sekarang sudah tampil lebih kinclong dan meyakinkan, hehehe. Pemantik api menyala dengan mudah, body kompor tidak lagi nyetrum seperti biasanya. Api oven pun menyala rata dan sempurna.

Pak Yanto menjelaskan bahwa setelah diperbaiki seperti ini, biasanya bagian oven akan lebih panas dari biasanya. So agar membiasakan diri lagi dan tidak langsung stel suhu oven di suhu yang biasanya. Dan memang siy, ovenku jadi lebih panas daripada biasanya. Jadi memang harus digauli lagi ovennya dan dicermati sifat-sifat barunya setelah diperbaiki.

Nah yang mau ovennya diservis juga, silakan telpon pak Yanto di 0818 946 913.

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: