Membuat Es Krim Sendiri

Suatu pagi saat menuju ke kantor, terlihatlah olehku spanduk Midnight Sale Ace Hardware yang menggiurkan.

Dan tentunya aku tak melewatkan acara gelar diskon Ace Hardware yang kebetulan hanya beberapa puluh langkah dari lokasi kantorku berada.

Hasil dari berburu Midnight Sale adalah Mesin Pembuat Es Krim idaman! Yak, idaman soalnya harganya murah gak sampe 400 rb dan didiskon pulak!

Okeh, sampe di rumah, langsung bongkar-bongkar buku resep untuk membuat es krim idaman dan pilihan langsung jatuh pada Rich Chocolate Ice Cream dari seri buku Primarasa!

Ingredients:

300 ml susu cair full cream
1/2 sdt esens vanili (aku pakai vanila extract)
30 gram coklat bubuk
6 kuning telur
175 gram gula pasir
600 ml krim kental (aku pakai whipped cream dairy cair)
250 gram dark cooking , cincang kasar

Cara Membuat:


Jerang susu cair dan esense vanili dalam panci dengan api kecil. Ambil sekitar 50 ml susu untuk dicampur dengan coklat bubuk, aduk sampai coklat bubuknya larut, lalu tuangkan ke dalam panci susu. Masak sambil diaduk hingga mendidi perlahan, angkat.

Kocok kuning telur bersama gula pasir dengan mikser kecepatan sedang selama 3 menit (tergantung mikser masing-masing ya) sampai mengental dan berwarna pucat.

Tuang larutan susu-coklat ke dalam kocokan kuning telur yang telah mengental, adu dengan spatula/whisk hingga rata. masukkan kembali campuran ini kedalam panci bekas merebus susu, jerang di atas api kecil selama 3-4 menit hingga adonan mengental (jangan sampai mendidih)

Masak krim kental di panci dengan api kecil. Ketika sudah timbul gelembung-gelembung kecil, masukkan dcc cincang. Angkat pancinya lalu aduk hingga seluruh coklat meleleh dan adonan terlihat licin.

Masukkan adonan susu-telur ke dalam adonan krim-coklat, aduk rata. Biarkan hingga dingin.

Selesai fase ini, aku langsung memasukkan adonan ke ice cream maker dan diaduk-aduk sampai 1 jam sebelum akhirnya menjadi es krim.

Untuk yang belum punya ice cream maker, maka masukkan adonan dalam freezer kira-kira sampai 3 jam, keluarkan lalu kocok dengan mixer sampai lembut selama 5 menit. Ulangi proses ini sampai 3-4 kali hingga diperoleh adonan yang lembut.

Hasil dari resep ini adalah es krim coklat yang lembuuut banget!

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: