Resep Home Made Cream Cheese

Homemade-cream-cheeseKadang-kadang lagi pengen bikin Cream Cheese Brownies atau Japanesse Cheese Cake, eh nggak punya persediaan di rumah dan males kalau mesti keluar rumah untuk beli cream cheesenya. Kalau sudah begini, biasanya aku akan membuat Home-made Cream Cheese atau populer di jagat food blogger dengan nama Cream Cheese Gadungan.

Rasa home-made ini menurutku memang tidak bisa dimirip-miripkan dengan rasa Cream Cheese yang sebenarnya, karena memang rasanya lebih asin dan lebih creamy, kemungkinan pengaruh dari bahan susu atau krim kental. Tapi yaaa lumayan-lah daripada ndak ada …

Cream Cheese Dengan Whipped Cream

Dibuat dengan perbandingan 1:1 antara cheddar cheese dan krim kental (whipped cream).
125 ml krim kental
125 gram cheddar cheese yang diparut halus

Cara Membuat:


Cheddar cheese parut dicampur dengan krim kental, lalu dimasak dengan api kecil. Selama proses memasak ini, harus terus diaduk-aduk ya supaya tidak gosong.

Campuran cheddar cheese dan krim kental ini diaduk terus sampai kejunya meleleh dan campuran krim kental ini sudah tercampur dengan sempurna sehingga menjadi adonan keju yang lembut. Setelah itu angkat, dinginkan, siap untuk dipakai.

Ohya, jangan lupa untuk ditimbang ulang ya, karena pengalamanku, 125 cheddar cheese + krim kental tidak selalu menjadi 250 gram cream cheese. Biasanya kurang karena mungkin ada yang menguap dalam proses pemasakan.

Dengan Susu Cair Full Cream

100 ml susu cair full cream
150 gram cheddar cheese yang diparut halus

Cara membuatnya sama seperti di atas yaitu susu dicampur dengan keju cheddar yang sudah diparut halus lalu dimasak dengan api kecil sampai keju larut dan adonan mengental. Hasil dari resep ini kira-kira menjadi 200 gram Cream Cheese Gadungan … 🙂

Cream Cheese Gadungan ala Cake

130 gram susu cair full cream
40 gram unsalted butter
125 gram cheddar cheese yang diparut halus

Dalam Resep Cake terdapat komposisi bahan seperti tersebut di atas. Bila bahan tersebut di atas dicampur lalu dimasak dengan api kecil sampai butter meleleh dan keju mencair maka akan menghasilkan sekitar 250-300 gram cream cheese gadungan juga.

Cream Cheese Gadungan ala Kraft Filling Cheese

120 gram Kraft Filling Cheese
100 gram susu cair full cream
50 gram margarin (saranku pakai unsalted butter untuk mengurangi rasa asin)

Di kemasan Kraft Filling Cheese, terdapat resep Rich Cheese Cake, dimana ada adonan ala Cream Cheese Gadungan yang aku tuliskan di atas.

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: