Resep Dark Choco Melt Brownies

  • 39
  •  
  •  
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
    41
    Shares

dark choco melt brownies Cakefever GoldovenDark Choco Melt Brownies, dari namanya saja rasanya sudah terbayang yang nyoklat secoklat-coklatnya. Brownies ini juga dulunya adalah produk jualanku di .

Tekstur ini sangat lembut dengan rasa pekat. Sebenarnya ini varian dari seri Dark Choco Brownies dengan penambahan Chocolate Filling di tengahnya berupa krim atau cream. Sensasi pekat yang pahit bercampur dengan cream menambah kenikmatannya.

Untuk mendapatkan sensasi coklat lelehnya, panaskan Dark Choco Melt Brownies sebentar di microwave maka bagian tengah brownies akan meleleh dan sangat nikmat bila disajikan dengan satu scoop es krim vanila.

Namun ada juga yang malah lebih menyukai menikmati Dark Choco Melt Brownies dengan cara didinginkan terlebih dahulu sehingga menjadi padat dan lebih mudah dipotong-potong sesuai ukuran yang diinginkan.

Resep Dark Choco Melt Brownies

2 loyang ukuran 22×10 | 4 loyang 15×10

Bahan-bahan brownies:

Kocok sampai mengembang:
4 butir telur
100 gram gula palem
60 gram gula pasir
1 sdt garam atau sekitar 4,5 gram

Lelehkan:
180 gram minyak sayur
250 gram dark chocolate

Ayak dan campur rata:
70 gram tepung terigu, lebih baik terigu protein rendah
80 gram coklat bubuk atau cocoa powder
60 gram kacang mede yang dioven atau sangrai lalu diblender halus

300 gram Chocolate Cream untuk filling

Cara Membuat Brownies:

Panaskan Oven di suhu 200 C, ya memang brownies ini dipanggang dengan suhu yang panas. Lalu siapkan loyang yang diberi alas kertas roti dan dioles minyak. Saat matang, brownies ini masih bertekstur lunak sehingga harus benar-benar ditunggu sampai dingin sempurna barulah dikeluarkan dari loyang.. Panggang 20 menit (20×10), 15 menit (15×10)

1. Lelehkan Dark Chocolate dengan minyak sayur. Cara aku melelehkan coklat adalah dengan mencampur dengan minyak lalu aku masukkan ke dalam microwave, set 40 detik suhu tinggi lalu keluarkan dan aduk-aduk sampai rata. Bila tidak ada microwave di rumah, lakukan dengan cara biasa yaitu dengan double boiler, setelah meleleh baru tuangkan minyak dan aduk rata lalu sisihkan.

**Ohya ukuran gula di dalam resep ini aku sesuaikan dengan merek Dark Chocolate yang aku gunakan. Kalau sering mencoba-coba berbagai merek coklat terutama yang jenisnya compound, biasanya bisa merasakan walau namanya tapi masih ada rasa manisnya. Sehingga bila nanti mencoba resep ini lalu masih terasa terlalu manis atau bahkan terlalu pahit, berarti ukuran gula harus disesuaikan lagi sesuai dengan selera ya.

2. Kocok telur, gula pasir, gula palem dan garam sampai mengembang. Campur tepung terigu dan bubuk coklat, lalu masukkan ke kocokan telur dengan cara diayak. Kemudian masukkan kacang mede bubuk. Aduk balik dengan spatula besar sampai rata.

3. Masukkan minyak sayur, aduk rata dengan spatula. Adonan yang sudah teraduk rata akan terlihat mengkilap.

4. Masukkan setengah adonan ke loyang, lalu masukkan krim coklat di tengahnya lalu tutup dengan sisa adonan brownies.

5. Panggang selama 25 menit, lalu angkat dan dinginkan.

** Untuk krim coklat yang akan digunakan sebagai fillingnya, bisa menggunakan yang dibuat sendiri atau chocolate filling yang digunakan untuk filling roti. Karena adonan brownies ini super pekat dan liat, adalah sulit menutup krim coklat yang agak cair itu dengan adonan brownies tanpa membuat si krim coklat jadi ikut tercampur dengan keseluruhan adonan. Kalau jadinya tercampur, nanti efek meltnya akan kurang terasa.

Chocolate Cream dibekukan untukjadi filling dark choco melt brownies
Chocolate Filling dalam kantung plastik siap dibekukan. Foto: Cakefever,com

** Triknya adalah dengan membekukan krim coklat atau chocolate filling tersebut. Aku menggunakan plastik berperekat yang bisa dibeli di Toko Bahan kue. Aku memilih plastik seukuran lebar loyang yang biasa aku gunakan untuk jualan, lalu chocolate filling disemprotkan atau disendokkan ke dalam plastik, ratakan dengan tangan susun dalam kotak bertutup lalu bekukan dalam freezer.

** Untuk filling, selain menggunakan chocolate cream, aku juga menggunakan caramel filling. Caramel fillingnya dari dulce de leche. Karena sulit sekali dibekukan, maka aku memikirkan cara lain yaitu dengan memasukkan setengah adonan brownies untuk menutup filling ke dalam plastik conthong. Lalu setelah alas adonan dimasukkan ke loyang, aku membuat semacam dinding di pinggiran loyang agak tinggi dengan cara menyemprotkan adonan dengan plastik conthong. Lalu caramel disemprotkan juga dengan plastik conthong. Lalu filling caramel pun ditutup dengan cara adonan brownies disemprotkan di atas filling sampai tertutup rapat.


  • 39
  •  
  •  
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
    41
    Shares

Artikel Lainnya: