Cara Membuat Chocolate Melt Brownies

Pada suatu masa, muncullah varian fudge dengan sesuatu yang special ditambahkan pada fudge tersebut, yaitu yang meleleh keluar dari dalam ketika tersebut dibelah bagian tengahnya.

Coklat yang meleleh keluar dari dalam cake ini sebenarnya sudah lama diterapkan untuk kue yang diberi nama Molten Chocolate Cake atau Chocolate Lava Cake.

Ovomaltine Melt Brownies - Cakefever.com

Ide dasarnya adalah membuat adonan yang mengandung yang dilelehkan dengan butter dalam jumlah yang signifikan. Kemudian adonan berisikan leleh, butter dan telur serta terigu ini dipanggang dengan suhu tinggi dalam waktu yang cukup singkat. Suhu tinggi dibutuhkan agar bagian luar dari cake ini membentuk dinding yang cukup kuat, sementara bagian dalam cake masih tetap dalam keadaan yang lunak.

Lalu apakah Lava Cake ini artinya cake yang belum matang bagian dalamnya?

Menurut tante Wiki, Molten Chocolate Cake ini dipopulerkan di Amerika oleh chef Jean-Georges Vongerichten yang mengklaim menemukan Molten Chocolate Cake ini pada tahun 1987. Saat itu ia mengeluarkan sponge cake yang belum cukup waktu panggangnya sehingga di bagian dalamnya masih terlihat agak cair, namun memiliki tekstur dan rasa yang ternyata enak.

Dari ketidaksengajaan itu, sang Chef pun mengembangkan resep Molten Chocolate Cake yang masyhur ini. Nah kalau si penemunya sendiri mengaku seperti itu, tentunya kita mafhum bahwa kue ini memang sengaja dipanggang dalam waktu singkat dengan suhu tinggi agar bagian dalamnya tidak bertransformasi menjadi bentuk cake yang sempurna.

Okey itu kan untuk Molten Chocolate Cake. Kalau untuk Chocolate Melt Brownies bagaimana dong?

Sejauh yang sudah pernah aku coba, untuk membuat ini tak cukup hanya memanggang brownies dalam tempo yang sesingkat-singkatnya untuk bisa membuat lelehan yang menggiurkan itu. Adonan brownies pada dasarnya sudah sangat pekat dan liat, sehingga kita harus menambahkan sesuatu ke dalam bagian tengah brownies supaya lelehan tersebut bisa tercipta.

Tambahan isian itu bisa berupa coklat (ini populer di kancah food blogger dengan resep Chocolate Melt Brownies Agogo). Harus pakai coklat karena sifat coklat itu yang bila dilelehkan dengan cara dipanggang begitu saja, maka coklat tersebut akan tetap lembek walau sudah mencapai suhu ruang. Sementara kalau nekad pakai coklat , maka begitu browniesnya dingin sejam dua jam kemudian, coklat akan memadat lagi seperti semula. Yaaa kalau mau sih bisa aja dihangatkan di microwave dulu supaya coklat compoundnya cair lagi … 🙂

Kalau isiannya hanya coklat , lelehan coklatnya tidak bisa se-spektakuler Lava Chocolate Cake. Apalagi kalau sudah agak dingin. Supaya lelehan coklat itu lebih cair dan mengalir seperti lelehan di Lava Chocolate Cake, sebaiknya kita mau agak repot sedikit membuat filling atau selai coklat lainnya yang kita bekukan terlebih dahulu.

Lelehan coklat seperti yang terlihat pada gambar di atas agak sulit tercipta bila hanya menambahkan coklat couverture saja di dalam adonan brownies.

Brownies dengan coklat meleleh dahsyat seperti gambar di atas sebenarnya muncul lebih dulu daripada brownies Agogo-nya mbak Yenny. Melt Browniesnya 4Seasons muncul kira-kira tahun 2007. Namun karena si empunya 4seasons ini tidak bersedia berbagi resep, jadinya tidak banyak diulas oleh kalangan food blogger.

Aku juga tidak tahu resep Melt Brownies 4Seasons, namun aku pernah mencoba rasanya. Dan menurutku bagian dalamnya mungkin ada semacam cair sehingga ketika dipanaskan memang jadinya sangat meleleh. Kalau salah, maapkeun yaa … Ini juga cuma semacam dugaan saja 😀

Sewaktu masih berjualan, aku juga memiliki jualan dengan nama Almond Melt Brownies dan Dark Choco Melt Brownies. Untuk kedua produk ini, coklat yang Melting atau meleleh itu didapat dengan memasukkan coklat krim yang dibekukan ke tengah adonan sehingga ketika dihangatkan kemudian dipotong, maka melelehlah isi coklat tersebut.

Dibandingkan harus membuat coklat ganache, paling mudah memang memasukkan isian selai coklat ke dalam resep brownies kita. Contohnya seperti gambarku yang diatas, lelehan dari tengah brownies diperoleh dengan memasukkan Ovomaltine Crunchy ke dalam adonan. Dan untuk membuat alirannya semakin dramatis, panggang di loyang yang agak tinggi, namun jangan terlalu besar. Yaaa seperti ramekinnya Chocolate Lava Cake itu loh …

Tulisan ini tidak share resep, tapi kalau mau mencoba silakan mencoba dengan menggunakan resep Dark Choco Cherry dan tambahkan isian selai coklat ke dalam adonannya. Selamat mencoba 😀

Artikel Lainnya:

  • oalah ada fbnya….hahahaha sy gaptek banget. Makasih ya kak, gara-gara craving coklat keik di cafe di jepang sy browsing semua resep coklat.

  • Eveline Baharudin

    beberapa cafe di jepang ada yang glutten free, kakak punya tips untuk bikin yang glutten free?

    • cakefever

      Terigu dalam resep ini bisa diganti dengan tepung lainnya yang tidak bergluten, Line.

      • Eveline Baharudin

        oh terima kasih ya kak Fe

  • Izin share,tq

%d bloggers like this: