Tips Sukses Nastar

Pertama kali membuat nastar, aku terheran-heran karena nastarku ngembang gede-gede gendut gituw. Ada juga yang retak-retak.

Kesulitan lainnya adalah bagaimana membuat nastar dengan cepat dan ukuran yang sama. Kalau disuruh nimbang satu-satu, waduh kelamaan cui … :)

Di bawah ini adalah tips-tips pembuatan nastar yang sudah aku praktekan, sehingga nastarnya sukses. Cuma satu yang aku blum sukses yaitu membuat olesan nastar yang sempurna!

Mari kita cermati satu per satu tips membuat nastar yang sempurna.

Seperti kue kering lainnya yang dilarang mengembang lebay, maka jangan mengocok mentega atau margarin terlalu lama. Pakai mixer kecepatan rendah, asal tercampur dengan gula (selalu gunakan gula halus ya, kalau pakai gula biasa diblender dulu) kurang lebih 4 menitan.

Kalau perlu, masukkan dulu mentega atau margarinnya ke kulkas, setelah dingin baru dikocok. Dengan cara ini bisa menghindari mentega menjadi berminyak karena kelamaan mengocok.

Kocok mentega dengan gula dan telur sampai tercampur rata. Perhatikan jangan sampai menteganya keluar minyak ya, nanti nastarnya jadi gede dan gendut gak karuan, hehehe.

Permukaan nastar yang retak bisa jadi karena isian selainya terlalu banyak, kulitnya terlalu tipis. Jadi perhatikan jangan terlalu banyak mengisi selai nanasnya. Untuk mempermudah, sebelum dipulung, bulatkan dulu selainya. Masukkan kulkas dulu supaya mudah dibentuk. Selai nanas buatanku sendiri biasanya lengket banget, jadi mesti masuk kulkas baru bisa diambil sedikit-sedikit untuk dipulung. Tips dari Mimi: Campurkan 1/2 sachet bubuk agar putih untuk tiap 1 buah nanas ukuran besar, untuk menghindari retaknya kulit nastar akibat selai nenas.

Oven juga tidak boleh terlalu panas. Suhu cukup dipanteng di 150C – 160C (kenali oven masing-masing ya). Ohya, tepung untuk nastar kalau pakai tepung yang dalam plastik (contoh Bogasari), tidak perlu disangrai. Nastar itu kue yang lembab bukan kering, jadi kalau disangrai, takutnya tepungnya terlalu kering, nanti kurang mantap rasa nastarnya.

Gunakan Tepung Terigu Protein Rendah, contoh di pasaran Terigu merek Kunci keluaran Bogasari (waduh ada iklan promo dari Bogasari nih, hehehe)

Supaya ukuran nastar bisa sama tanpa harus menimbang satu-satu, aku biasanya menggiling nastar dengan ketebalan yang sama, lalu dicetak pakai cookie cutter yang berbentuk lingkaran. Atau kalau tidak ada, pakai gelas dengan lebar mulut gelas yang sesuai dengan ukuran nastar yang diinginkan. Setelah dicetak, ambil selainya dan pulung deh. Lebih cepat daripada harus ditimbang satu-satu.

Ohya, mulung nastar kalau pakai tangan, jangan terlalu lama ya. Konon bisa menyebabkan nastarnya menjadi keras. Trus ngaduk-ngaduk kocokan menteganya dengan tepung juga pakai sendok besar aja, jangan pakai tangan (emangnya ada yang pakai tangan?)

Nah itu tips-tips yang udah dipraktekin. Sekarang aku butuh tips untuk membuat olesan nastarku tampil cantik sempurna nih … hiks hiks, masih gagal aja niihh … :((

Artikel ini sudah dibaca 43823 kali. Semoga bermanfaat :D

Lazada Indonesia

  • yans

    Mau tanya nih Mba, kalo di resep yg laen ada pake tepung maizena, emang bedanya kalo pake sama ngak pake gimana? Makaciihh

  • lv lkana

    Mba..kpn mmasukan bubuk agar putih kdlm selai..wkt selai udh matang ato persamaan mbuat selai nya??

    • naning

      Mb q kan pemula mau bikin kue nastar, apa antara telur gula dan mentega harus sama perbandingannya?

  • indri

    mba klo bikin selai masukin agar2 bubuknya wkt kapan ya? berapa lama sih biasanya bikin selai. maklum blm pernah bikin sendiri. makasih….

  • fenny indah

    mbak…tadi malem buat nastar…udah lumayan ngikutin instruksi…diresepnya kan margarinnya dicampur ama mentega…itu wajib ya mbak agar kuenya lembut???

    • http://www.cakefever.com/about Ferona

      wajibb .. mentega akan buat cookies lebih lembut ;)

  • RyMa Aja

    Sist….Aku kan masih pake Oven Kompor ,Emang Agak Repot jg,,,trus nastarnya itu bawahnya udh coklat bgt tp atasnya pas digigit kok masih agak basah gituuu knapa ya? apa apinya kebesaran?klo oven kompor pakai api bawah atau atas??aku kurang paham…

    • http://www.cakefever.com cakefever

      oven kompor maksute otang kan ya? pake api bawah. Itu kayaknya apinya kebesaran, jadi bagian bawah dah keburu gosong karena kepanasan padahal blm matang sempurna …

      • naning

        Kalau mau bikin kue nastar apa antara telur gula dan mentega harus sama perbandingannya?

  • lea

    keren buanget tips dan triknya jadi nambah ilmu aku yang suka buat kue
    thanks mba2 qu

  • Lina

    Mbk aq pemula nich buat kue2, br aq mulai lebaran thn ini hehe, br bisa buat kue keju & nastar dgn bantuan kakak, mbk bagi pemula kursus kue dimn sich minta infnya donk mbk, thk u (didaerah jkt selatan )

  • pecandu kue

    Halo Mbak :) mo info sedikit saja nih, biasanya utk 4 kuning telur sbg polesan, ditambahin 1,5 sdm madu hutan asli, tanpa ditambahi air lagi supaya mengkilap. Bisa dicoba yah

    • http://www.cakefever.com cakefever

      makasiiy tipsnya ya Dew… ;)

  • saprina

    wah seru banget para komentatornya,,,makasih atas ajian andalannya mba cf,,,soalnya baru mw bikin nastar mandiri tanpa supervisi emak,,, nambahin dikitt ya, bisa juga untuk olesan pake kuningnya telor ayam kampung,,,sipp banget loh :)

  • tesy

    halo,
    mba, info nya keren dan bermanfaat sekali khususnya buat saya yang baru belajar bikin kue.. makasih ya limu nya… sukses selalu mba…

  • rinny

    wah kolom ini sangat brmanfaat utk aq loh…thanks banget! aq udh cb buat nastar dg diolesi telurnya stlh dipanggang dl 3/4 matang…hslnya ok! warnanya rata dan yg paling aq suka..adonan aq tdk meretak-retak (tdk cantik).

  • http://11maret eha

    Mksd sya bedanya margarin sm mentega sist?hehe..kn kl d resep sllu ad margarin skian mentega sekian gitu sist…mhn infonya y

    • http://www.cakefever.com cakefever

      bedanya mentega atau butter atau roombutter itu dari susu, klo margarin bukan susu. Nanti deh ya aku selesaikan dulu artikel beda margarin dan mentega dan kira-kira apa efeknya buat kue sesuai pengalamanku selama ini :D

  • rinny

    mau tanya doong…aq sering bikin kue nastar tp gak pernah pake campuran tepung maizena. nah, apa fungsi campuran tepung maizena itu sebenarnya utk kue kering (mis. nastar n kaastengel) ?

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Konon kabarnya bisa membuat lebih renyaaah ;)

  • http://11maret eha

    Mba slm knal..tanya dunk bedanya margarin sm bluben ap y?hehe maklum sy br mo bljr bkin kue.mhon infonya y.thx

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Blue band itu adalah margarine eha sayang …

  • fidah masdah

    aku baru aja buat kue nastar pake resep cf trus juga pake tips2 diatas, hasilnya oke juga loh, padahal pertama kali bikin. Jadi pengen bikin lagi, hehehe ;p

    • http://www.cakefever.com cakefever

      asiik… mana fotonya? :D

      • fidah masdah

        belum sempet ku foto ‘coz udah habis,hehehe.. yah klo bikin lagi deh ku foto, thanks buat tips-nya ya =)

      • fidah masdah

        liat di fb q aja sist =>> fidah masfiratul m.
        q sempet upload fotonya disitu..

  • ria

    hi mba,

    mba aku mau tanya, aku kan buat nastar trs kenapa ya setelah dipanggang nastar nya jd lebar & gede2…
    makasih jawabanny mba

    • http://www.cakefever.com cakefever

      halu ria .. ayoo baca teliti lagi artikelku tentang tips nastar di atas ya .. pasti nemu deh jawaban kenapa nastarmu jadi melebar gede-gede … ;) masalahku juga sama soalnya … hehehe

  • Anin

    Mungkin ga boleh pake tangan, karena tangan kan anget mbak… jadi takut menteganya meler alis ncair… kaleeee..

  • evi

    mba,aq br belajar buat nastar ,aq bingung adonan aq kok ng ngembang y?

  • farida ariyan

    waaaahh..baca smua postingan koment jd tambah ilmu neh..

    • http://www.cakefever.com cakefever

      sippp ! aku juga jadi banyak nambah ilmu dari postingan teman-teman … :)) indahnya berbagi!

  • Nifa

    Mbak…klw resep nastar-nya mamaku itu untuk se-kilo margarine dia pake terigunya dua kilo…apa terigunya gak kurang tuh!!!!…trus bagusnya yang mana ya…? BTW..thnx tips2nya ya…!!!! :)

    • http://www.cakefever.com cakefever

      ini siiy udah sukses resepnya … aku belum pernah coba resep nastar yang lain :D

  • yuli@

    Mb,,salam kenal,,aku seneng bgt bikin kue meskipun baru belajar, org Jawa bilang msh “tunak tunuk”,,,tp aku seneng bgt bs nemuin blog mb,,sharing ilmunya ok bgt,,gak usah kursus sptnya sdh mantab tuk dimengerti,,tinggal mraktekin aja,,thanks for all,,:)

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Alhamdulillah .. Semoga bermanfaat ya sharing pengalamanku sbg newbie :)

  • vie

    mba..mau tanya nii..aq siy selama inipake resep dr mama ya..katanya biar enak si mentega dlebihin dr resep yg seharusnya..(mis di resep 250gr..saya lebihin jd 225gr)
    sebenernya itu bnr jd bikin lbh enak ato malah efek samping si?
    trus saya uji coba ni simpen nastar sm kastengels di 1 toples sama,baru skitar 1/2 bln berjamur..memang waktu itu saya bikin selainya ga benar2 kering,apa dr situ penyebab jamur atau ada hal lain ya?
    bingung banget..thanx a lot for answers..

    • http://www.cakefever.com cakefever

      haluu… kalau aku biasanya bikin kue itu sudah ada resep pastinya. Jadi kalau misalnya di resep tertulis 250 gram, ya pakai 250 gram. Harus taat resep.

      Naah kalo di resep yang dicoba, ternyata hasil akhirnya kurang lembut atau kurang apa gitu, baru dilakukan modifikasi resep … hasil modifikasi resep ini pun dibakukan ukuran bahannya…. begitchuu …

  • delicia batam

    salam kenal cakefaver,
    sharing pengalaman bikin nastar (alhamdulilah jd favorit pelanggan kue keringku)slama ini,
    1. selai dibuat sampai kering, diberi kayumanis & cengkih biar lebih wangi (aq ga pake agar2),warna agak coklat muda, diaduk terus biar ga gosong, insyalah tahan 2 bln tanpa pengawet
    2. aduk gula halus & menteganya bentar aja, kalo volume kecil malah aku pake wist aja(ga pake mixer)
    3. biar ada rasa kres2 pada adonan, aq tambahin keju parut
    4. sebelum dibulat2in, diamkan dulu adonan kulit di kulkas ditutup lap bersih kurleb 1/2jam
    5. siapkan selai, dibulat2in agar tangan ga kotor waktu mbulatin adonan nanti :)
    6. adonan dibulat2 dg isi selai tata dlm loyang, diamkan lg dkulkas kurleb 1/2 jam
    7. Panaskan oven 160-175C, masukkan adonan dlm loyang dr kulkas tadi(dingin), stlah adonan setengah matang, baru dioles kuning telurnya, harus bener2 merata, kalo nggak dijamin belepotan.
    8. Agar hasil olesan mengkilat, bisa ditambah susu bubuk di kuning telornya, aduk rata sblum dioleskan

    Insyallah nastar akan renyah diluar dan lembut didalam serta ga gampang ancur.
    Semoga bermanfaat

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Makassiiyy banyaaak Deliciaaa… waduuhh ada tambahan resep nih untuk dicoba….

  • kiki

    oia.,.,untuk olesan nastarnya aku oles dua kali.,.,sebelum dipanggang dan sekali lagi pas kue setengah mateng,..

    aku gak pernah pake waktu buat manggang, klu aku liat olesan udah berubah jd cantik dan mngkilat (JGN AMPE JDI KECOKLATAN)dan kue sdikit keras, langsung aku keluarin drri oven..

    • http://www.cakefever.com cakefever

      makasiiy infonya ya kiki …

  • kiki

    alhmdulillah,,.,aQ udah langganan bikin nastar dari taun ke taun.,.,

    aQ punya tips tmbahan nich:
    -jumlah margarin hars lebih banyak dr jml mntega
    -tepung protein rendah,aku campur 1/4 ma pro.tinggi (jmlah tepung sering aQ kira2 sndiri,pokok adonan dah gak lengket barati udah cukup tepung)
    -adonan jadi, masukin kulkas dulu 1jam-an
    -olesan biar mengkilap dan kliatan cantik, aku pake kuning telor+madu+margarin+minyak+air+pwarna kuning dikit bgt

  • ria

    tak kasih tips biar olesan bagus mbak…. mau kan? 3 telur olesan dikasih mentega cair 2 sendok (bisa diganti minyak gorteng kelapa barco)plus 2 sendok susu cair ultra. dan ngolesinya setelah setengah matang di keluarkan dari oven pasti cantik lo… coba aja deh…

    • http://www.cakefever.com cakefever

      terima kasihhh Ria…. ntar aku buat rangkuman deh untuk semua tips olesan nastar!

  • mama yani

    hi, mbak, mau nanya niihhh.. Klo saya bikin nastar, awalnya memang renyah dan rapuh, tapi setelah beberapa hari di toples koq jadinya nggak renyah lagi dan jadinya empuk gitu, kenapa ya,, tlg segera dijawab ya mbak, mau bikin nastar buat lebaran nihh. Trims

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Itu toplesnya sering dibuka tutup yah? Mungkin “masuk angin” nastarnya jadi melempem … Gak jamuran kan? Kalo jamuran, bisa jadi nastarnya masih belum terlalu dingin, udah dimasukin ke toples lalu ditutup.

  • aniz

    mbaa yg cantik, aku dirumah adanya oven bakar (kompor) nih. ada saran ga kalo mau manggang nastar sama cookies harus diapain dulu ovennya?
    newbie nih mbaa, maaciii :)

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Oven bakar maksute oven tangkring ya? Kalo otang, pastikan saja otangmu nantinya tidak terlalu panas apinya saat memanggang ya

  • vera

    Mba sebelumnya slm kenal ya
    Aku br mau belajar bikin kue dan berjualan
    Tp skrg bingung mau belajar dgn siapa, krna tdk ada keluarga yg bs bikin kue
    Nah yg mau aku tnyain, apa bs belajar buat kue dgn cara otodidak hanya mngandalkan resep,
    tdk ada praktek melihat caranya langsng dr orla

    mohon bantuannya ya mba :)

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Cara paling mudah… coba bikin kue yang ada di blog-ku ini :D Pilih resep yang paling mudah menurutmu ya Vera … bikin kue itu yang penting harus dicoba, mau pake kursus atau belajar sendiri, tetap saja harus dicoba … Aku cuma sekali ikut kursus bikin cheese cake, selebihnya modal nekad aja baca resep :D

  • umi

    mbak, ak pernah bkin nastar, tp koq ga tahan lama yah..br seminggu koq udah jamuran? gimana ngatasinya?
    share ya..biar bs pineter bkin kue ky mbak..hehehe..cheers..

    • http://www.cakefever.com cakefever

      hmmm… waktu dimasukin ke dalam toples apakah sudah dingin betul nastarnya?? biasanya kue kering yang cepat berjamur karena belum terlalu dingin, sudah dimasukkan ke dalam toples …

  • eni anggraini

    mbak, untuk pembuatan kukis apa perlakuan mentega/margarinnya sama spt bikin nastar, yaitu didinginkan dulu dikulkas baru dikocok dan dijaga jangan sampai mentega berminyak? kukis juga tampilannya tdk menggembang khan mbak? tq

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Betuull… bikin kukis itu kan kuenya dilarang mengembang, so lebih baik menteganya didinginkan dulu supaya tidak cepat meleleh.

  • AsTy AsTy Lagi

    ini ada tips dari dapur sebelah Mbak….gk papa kan mbak yah..kan pake sumbernya….aku jg blm nyoba sih…bahkan kue nastar aja blm nyoba resepnya….ntr mau nyoba jg aaahhhh….tipsnya digabung2..hehe..bagus Mbak..makasih…

    http://www.dunia-ibu.org/dapur/resep-137/Bagaimanaagarolesannastarkuningmengkilap.html

    • http://www.cakefever.com cakefever

      makasiy tipsnya ya Asty …

  • yustia

    sore mbak…. dari resep nastar yang aku dapat dari tabloid Saji, olesan kuning telurnya dicampur susu cair(aku pake susu Ultra yang plain).
    untuk 2 kuning telur susunya 1 sendok teh dan dioleskannya saat kue setengah matang. Menurut pengalamanku sih hasilnya bagus.

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Sip! tipsnya dicatet! makasiy yaaa …

  • via

    mbak,
    menurut info dari tante ku yang ahli membuat kue nastar, katanya pake telur bebek mbak, tapi kuningnya doank ya…trus kalo emang mau bener2x kuning mesti nambahin pewarna kuning dikit…dicoba mbak…hehehe…cuman itu yg saya inget.

    thanks

    • http://www.cakefever.com cakefever

      kuning telurnya telur bebek ya.. thx untuk infonya ya… untuk warna kuning memang banyak yang kasih saran harus ditambah pewarna kuning gitu …

  • titin

    wah… cookies sepanjang masa..^^’

    mbak fee, Buat BUTTER Cookies dong yukkk V(@,@)V
    jadi teringat masa kecil, orang tua2 dulu sering buat…aroma MilkY n Butternya plus ada tabur2 gula pasir gtu Hmmmm astagaaa..kepengen… aku gak tau resepnya…yg seingatku resepnya pake SUSU bubuk keknya… ayo mbak fee…ditunggu resepinya..hahah..tengkyuuu… ^,~

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Aku coba cari resepnya dulu yaaa :)

  • nessa

    aku pake tangan ngaduknya… ;) hhe… tapi sejauh ini ok2 aja, soalnya resep itu dan cara bikinnya turun temurun dari omaku.. hhe… cuma memang caranya sedikit2 masukkan tepungnya dan diaduk sedikit2 juga dari tepian. hasil nastarnya tetap lembut, kalo bahasa kami, “digigit awur…” ;)

  • wetik

    Mbak, untuk nastar dan kue kering pakai oven sharp so-181, api nya pake api atas apa api bawah yah, pls help, krn aku pemula, mau coba oven baru..thanks

    • Cakefever

      pakai api bawah saja Tik …

  • ika

    mbak ferona bisa liat hasil atas nastar aku deh di fb rumah kreasi fabiyu,di koleksi foto.

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Ok, nanti aku lihat yaa.

  • ika

    mbak pengalaman aku,mengoles kuning telurnya 5 menit sebelum nastar matang.semakin atas nastar belum matang semakin retak permukaannya.jadi paling tdk tunggu permukaannya matang.supaya mengkilap tambahkan kuning telur dng sedikit minyak.selamat mencoba

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Makasiy sharenya ya Ka. Nanti aku coba praktekin pas bikin nastar lagi …

  • elsa

    Mba, aku pernah dikasih saran untuk ngolesin bhn olesan nastar setelah nastarnya di panggang dulu sampai setegah matang,..
    dicoba ya…

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Owkeeh… Thanks ya Elsaa …

  • http://mommyandaxel.blogspot.com elsiey

    Mbak, aku belom pernah nyoba bikin nastar sendiri nih. Wakaka.. Selalu di supervisi ama si Mama. Anyway, untuk bikin polesan yang cakep, biasanya kuning telor doank pan, tambahin sedikit susu kental manis yang putih. Cobain ya. :)

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Elsiey, makasih yaa tipsnya… nanti aku cobain yaa…

      • vina

        mbak, untuk olesan nastarnya coba deh pake kuning telur, dikasih garam dikit trus di kocok bentar. kalo kekentalan bisa diks air dikit. baru deh diolesi ke nastar nya. dijamin kinclong d. bisa juga untuk olesan roti. tq yaa sharing nya.

      • http://www.cakefever.com/about Ferona

        Makasiiyy infonya, Vina …

  • http://www.mytemporarykitchen.wordpress.com funky fun-T mimi allegra

    oks d… thx yaa :)

  • http://www.mytemporarykitchen.wordpress.com funky fun-T mimi allegra

    setuju mba…
    kalo bowleh nambahin :

    1. mentega n margarine memang harus masuk kulkas, kocoknya dengan kecepoatan paling rendah kurleb 4 menitan

    2. tips supaya sele nanas gag mletak keluar, aku suka tambahin 1/2 sachet agar bubuk putih untuk 1 buah nanas ukuran besar. dijamin gag meleber basah…

    3. oven biasanya 140-150 aja udah cukup, jadi gag blingsatan juga nungguin oven karna takut nastarnya gosong… emang lebih lama dikit, tapi lebih rata. terigu harus pake kunci biru kalo u kueh kering, hasilnya bagis dan lebih renyah.
    (bukan marketing bogasari lhoooo hehehe…)

    4. thx u tipsnya u nyetak yaaa :)

    5. ngaduk memang pake semdok kayu ato spatula lebar yang kokoh, katanya siy emang kalo kelamaan kena suhu tangan kita bisa lebih keras nantinya…

    thx for sharing your tips juga ya, mba cakefever… ;)

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Wah Mi, tipsnya keren nih… Aku tambahkan ke tulisanku ya, biar terkumpul jadi satu :)