Resep Chiffon Cake Keju

Awalnya pas aku lagi jalan-jalan di mal ambasador, lalu aku melihat ada counter kecil yang khusus jualan , – emph nama counternya, Jeanny Chiffon apa gitu. Kita bisa membeli Chiffon Cake satu loyang gede, atau pun per slice.

Karena niatnya hanya ingin mencoba seperti apa rasanya, aku membeli sebanyak 1 slice saja. Setelah dicoba, hmm rasa kejunya yang semriwing dan tekstur chiffon yang lembut membuatku bertekad akan mencoba membuat Chiffon Cake Keju sendiri!

Keunggulan Chiffon Cake adalah teksturnya yang ringan sehingga menyantap sepotong , rasanya masih belum membuat perut penuh. Tekstur Chiffon Cake yang ringan ini didapat dari pemisahan pengocokan kucing telur dan putih telur, selain tentunya dibantu juga dengan bahan pengembang kue.

Keunikan Chiffon Cake adalah kue ini harus dipanggang dengan menggunakan loyang khusus, yang di tengahnya berlubang dan dindingnya tinggi. Karena kue ini harus dibalik saat sudah matang untuk mendapatkan bentuknya yang tinggi sempurna.

Bahan Chiffon Cake:

150 gram terigu protein rendah, ayak
100 gram keju cheddar, parut
1/2 sdt soda kue (baking soda)
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam
100 gram gula pasir
100 ml minyak goreng
100 ml susu cair full cream (aku pakai UHT)
5 kuning telur
7 putih telur

Olesan dan Taburan:
200 gram keju cheddar, parut (keju langsung aku tabur sebelum dipanggang)

Cara Membuat Chiffon Cake:

  • Panaskan pada 180 derajat Celcius. Siapkan loyang chiffon diameter 24 cm. Jika ada, gunakan loyang chiffon berkaki. Jangan olesi bagian dalamnya dengan minyak/margarin.
  • Campur terigu dengan keju parut, soda kue, baking powder, garam, dan 2 sdm gula, aduk rata. Buat lubang di tengah campuran tepung, tuangi minyak goreng, susu dan kuning telur. Aduk dengan pengocok kawat hingga licin, sisihkan.
  • Kocok putih telur dengan mikser berkecepatan sedang hingga berbusa lalu sisa gula dalam beberapa tahapan. Kocok hingga putih telur membentuk ujung yang tumpul waktu mikser diangkat.
  • Masukkan putih telur dalam beberapa tahapan ke dalam adonan tepung, aduk perlahan hingga rata. Perciki bagian dalam loyang dengan air masak.
  • Tuang adonan ke dalam loyang. Masukkan dalam , panggang hingga matang (kira-kira 75 menit). Tandanya tidak ada sisa adonan yang menempel ketika ditusuk dengan lidi. Keluarkan kue dari , segera balikkan loyang hingga kue benar-benar dingin (kurang lebih 1 1/2 jam). Keluarkan kue dari loyang dengan bantuan spatula/pisau panjang.
  • Balikkan kue di rak kawat, balik sekali lagi ke piring saji sehingga bagian atas kue tetap di atas. Olesi seluruh permukaan kue dengan mentega/margarin, lalu taburi keju parut.

Notes:

  • Masukkan putih telur sedikit dulu ke dalam adonan tepung. Aduk balik perlahan, setelah itu masukkan lagi secara bertahap. Tekstur halus Chiffon cake sangat dipengaruhi oleh adukan ini. Bila ada putih telur yang masih belum teraduk sempurna, bisa menimbulkan rongga-rongga di chiffon cake yang sudah dipanggang.
  • Saat memanggang, aku menggunakan suhu 150 C dan waktu panggang selama 90 menit sesuai ajaran mbak Fatmah 🙂
  • Jangan membuka pintu oven selama paling tidak 60 menit pertama supaya cakenya tidak kempes.
  • Setelah 90 menit, aku cek permukaan kue. Ketika sudah cukup kering baru dikeluarkan.
  • Keju aku tabur langsung ketika adonan belum dipanggang. Hasilnya adalah keju yang crispy menambah kelegitan chiffon cakenya.

Source: Seri Masak Femina Primarasa – Cake Istimewa Semua Yummy

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: