Coklat Praline – couverture

Membuat coklat praline itu sebenarnya tidak susah, kalau coklat yang dipakai itu dari yang jenis coklat compound. Tapi kalau mau pakai coklat yang enak dan sehat maka yang harus digunakan adalah coklat .

Buah CokelatHanya saja membuat praline dari artinya mesti melakukan prosedur . Bila couverture tidak di-tempered, maka coklatnya tidak shiny dan sulit mengeras.

Tempering itu proses yang rada ribet menurutku. Jadi setelah coklat dilelehkan, dia harus didinginkan dengan cepat lalu dilelehkan lagi baru bisa digunakan.

Proses mendinginkan ini bisa dengan menggunakan meja yang dingin -granit atau stainles steel dan kerjakan di ruangan yang dingin, yang mana aku tak punya hehehe- atau dengan cara meletakkan mangkuk stainless steel di tengah-tengah es batu dan masukkan coklat lelehnya ke mangkuk stainless steel yang sudah dingin itu lalu diaduk-aduk.

Aduh pokoke ribet-lah! Aku nyerah deh mesti temper-temper couverture. Tapi tetap pengen pake couverture, soalnya memang rasa coklat couverture itu lebih enak daripada yang compound. Bagaimana mengakalinya?

Nah beginilah caraku mengakali membuat praline couverture tanpa harus 😀

Problem utama membuat praline couverture tanpa tempering adalah si coklat leleh tak bisa mengeras sempurna, sehingga sulit dikeluarkan dari cetakannya. Soo yang aku lakukan adalah aku membuat “kulit” praline dengan coklat compound.

Jadi setelah compound dilelehkan, masukkan ke cetakan, goyang-goyang sedikit agar permukaan cetakan tertutupi compund. Tuang sisa compound leleh ke wadah coklat leleh. Tunggu hingga compound di cetakan mengering. Jadi compound disini hanya berfungsi sebagai “kulit” praline.

Lelehkan couverture, lalu tuang di cetakan compound yang sudah mengering itu. Kalau mau pakai filling, tuang setengah couverture lelehnya dulu lalu masukkan fillingnya. Kemudian tuang lagi sisa couverture sampai batas cetakan. Biarkan dingin.

Dengan lapisan compound di bagian yang terkena cetakan maka coklat praline-ku dengan mudah bisa dikeluarkan. Dan rasanya tetap enak, karena sebagian besar dari praline itu terdiri dari couverture 😉

Buat yang belum tau cara tempering coklat, lihat video yang aku dapatkan dari youtube di bawah ini yaa …

Video yang ini menunjukkan cara tempering coklat dengan meja granit yang dingin …

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: