Cara Membuat Loyang Aluminium Jadi Loyang Anti Lengket

aluminium yang biasa kita gunakan untuk memanggang kue sehari-hari bukanlah termasuk golongan anti lengket yang biasanya memiliki lapisan anti lengket khusus. Menggunakan loyang dengan lapisan anti lengket ini sangat memudahkan kita saat harus memanggang cake yang harus dilepaskan dari loyang dan tampil mulus di bagian sisi cake. Tapi masalahnya lapisan anti lengketnya ini suatu waktu akan terkelupas, dan kalau sudah terkelupas tidak disarankan untuk digunakan karena kuatir bahan yang terkelupas itu kurang baik untuk kesehatan.

Bagaimana caranya loyang aluminium kita bisa jadi loyang anti lengket juga?

Nah caranya dimulai dari dengan memilih loyang aluminium yang berkualitas. Kalau kamu sedang mencari loyang aluminium, sebaiknya beli loyang aluminium yang bahannya tebal. Lebih mahal dong dibanding yang berbahan tipis. Iya sih, tapi akan lebih awet dan bisa dipakai jangka panjang. Loyang aluminium tidak seperti loyang anti lengket yang kalau sudah terkelupas maka harus disingkirkan. Karena itu lebih baik investasi di awal dengan membeli loyang aluminium yang bahannya tebal karena bisa digunakan lamaaaa sekali. Nah yang penting kamu tahu cara merawat dan membersihkannya.

Baca Juga:  Resep Kue Putri Salju NCC Anti Gagal & Anti Lengket

Loyang aluminium ini pun bisa dibuat menjadi loyang anti lengket loh. Caranya mudah saja. Simak terus ya.

Kalau loyang aluminium baru yang berbahan tebal sudah sampai di rumah, jangan langsung dicuci dengan air. Tapi lakukan pembersihan terlebih dahulu agar sisa-sisa kotoran dan logam halus yang menempel karena proses pembuatan di pabrik bisa hilang. Dan proses ini juga merupakan cara untuk membuat loyang aluminium kamu jadi loyang anti lengket juga lho.

Cara membersihkan loyang aluminium yang baru adalah sebagai berikut:

  • Olesi tipis bagian luar dan dalam dengan minyak, lalu gosok bersih menggunakan tisu dapur yang berbahan tebal. Perhatikan apakah di tisu tersebut terlihat menempel debu-debu hitam halus.
  • Setelah terlihat di tisu tidak lagi ada debu halusnya, maka loyang yang masih berolesan minyak tersebut kamu panggang di suhu sangat tinggi yang bisa dicapai oven kamu. Minimal suhu 200 C. Panggang selama 5-10 menit tergantung apakah ovennya sudah kamu panaskan terlebih dahulu. Kalau ovennya sudah panas, cukup 5 menit saja.
  • Loyang panas bisa dikeluarkan, lalu dinginkan. Setelah itu kamu bisa olesi lagi dengan minyak dan lap lagi dengan tisu dapur. Apakah masih ada debu-debu halus menempel di tisu ? Kalau ada, lap lagi sampai terlihat bersih, lalu panggang lagi selama 5 menit.
  • Proses di atas bisa diulangi sampai 5x untuk memastikan tidak ada lagi debu logam halus menempel di permukaan loyang kita.
  • Setelah loyang bersih dengan proses di atas, maka loyang aluminium kamu sudah menjadi loyang anti lengket. Bisa langsung digunakan atau kalau mau dicuci lagi dengan air, jangan gunakan sabun ya. Cukup disiram air panas saja.
Baca Juga:  Cara Membersihkan Kerak Pada Loyang Kue

Loyang aluminium tidak boleh sering-sering dicuci dengan air sabun karena sabun bereaksi kimia dengan bahan loyang aluminium tersebut dan lama-kelamaan loyang akan menjadi tipis. Apabila kamu sudah bersihkan loyang aluminium kamu dengan cara seperti di atas, maka seharusnya tidak banyak sisa-sisa kue yang lengket di loyang yang membuat kamu harus mencuci loyang dengan sabun.

Cukup dicuci dengan air saja, atau air panas dan dikeringkan bisa dengan dimasukkan ke dalam oven yang panas. Dengan cara ini lapisan anti lengket yang sudah terbentuk di loyang aluminium kamu akan awet dan loyangmu pun bisa kamu pakai selama mungkin.

Selamat mencoba.

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya