Asal Usul Cupcake, Kue Mungil Nan Cantik

Sekarang, siapa sih yang nggak mengenal ? Kue mungil dengan berbagai hiasan warna-warni yang lucu nan menggugah selera. Tapi pasti kalian penasaran adalah tipe kue yang seperti apa dan asal usulnya dari mana? Jadi, untuk lebih mengenal kue mungil yang berukuran setelapak tangan memiliki cita rasa nikmat yang pastinya menarik dan menggugah selera. Simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Asal Usul Cupcake
Cupcake adalah kue yang bisa disebut bolu namun berukuran mini dengan tambahan aneka toping lucu dan menarik. Toping bisa terbuat dari butter cream, fondant atau sugar paste, cooking , edible image serta aneka toping lainnya. Kue cupcake sendiri terbuat dari campuran adonan yang terdiri dari mentega, telur, terigu dan gula yang dicetak dalam paper cup atau cup kertas menjadi bentuk-bentuk unik yang membuat siapa saja tergoda untuk mencicipinya.

Hiasan cupcake menggunakan fondant | Image by Michael Baragwanath from Pixabay

Kue mungil ini sudah dikenal sejak abad ke-19 di Amerika Serikat dan menjadi kue favorit para ibu rumah tangga karena pembuatannya yang praktis dan tidak membutuhkan waktu lama. Bahkan saking populernya pada tanggal 15 Desember ditetapkan sebagai Hari Cupcake Nasional.

Konon katanya cupcake adalah sebuah kue yang tidak selalu berukuran mini. Namun pada di zaman dulu penyebutan cupcake atas dasar dua alasan, pertama karena cupcake adalah kue yang proses pembuatannya menggunakan cangkir sebagai alat ukur setiap adonan yang digunakan bukan ditimbang. Kedua karena cupcake adalah kue yang dimasak dalam cangkir tembikar berat. Tapi, selanjutnya pada awal abad ke 20 loyang muffin sudah populer sehingga memasak cupcake berpindah menggunakan loyang.

Loyang muffin untuk memanggang cupcake | Image by webvilla from Pixabay

Dan ternyata cupcake adalah kue yang terkadang juga disebut kue 1234. Mengapa dikatakan demikian? Penyebutan tersebut lantaran di awal-awal kemunculannya, bahan membuat cupcake adalah 1 cangkir mentega, 2 cangkir gula, 3 cangkir tepung terigu dan 4 butir telur. Namun seiring waktu yang berjalan kini cupcake sudah berkembang dengan berbagai kreasi bahan, bentuk sampai dengan toping untuk membuatnya lebih tampil menarik dengan cita rasa yang pas di lidah semua kalangan.

Baca Juga:  Kenali Perbedaan Sponge Cake dan Butter Cake

Setelah kita mengetahui asal usul cupcake sendiri? Pasti juga terlintas siapa ya sebenarnya yang menulis resep kue mungil dan lucu ini? Menurut beberapa sumber yang saya baca, resep cupcake mulai dikenal dalam American Cookery pada tahun 1796  dan ditulis oleh Amelia Simmons. Dia menulis resep tersebut dengan judul “ kue yang dipanggang di dalam cangkir kecil”. Untuk kata cupcake sendiri mulai dikenal di tahun 1828 dalam buku masak karya Eliza Leslie.

Eliza Leslie dahulu juga membuat cupcake menggunakan cangkir sebagai pengukur bahan-bahannya. Selain itu Eliza juga menggunakan tungku untuk memanggang. Jadi, itulah alasannya kue ini dipanggang tidak menggunakan loyang besar tapi menggunakan cangkir untuk mempersingkat waktu memasak.

Dibalik pamor cupcake sebagai kue mungil nan cantik dan favorit semua kalangan, kue ini juga mengalami fase dimana popularitasnya juga menurun dan dianggap sebagai jajanan anak-anak di tahun 1950-an. Tapi kini cupcake sudah punya tempat di hati para pecinta kue termasuk Indonesia. Mereka tidak akan melupakan cupcake ini sebagai salah satu item suguhan dalam pesta sampai digunakan sebagai souvenir dalam berbagai perayaan. Karena tampilannya yang cantik, menarik, mungil dan pastinya bikin siapa saja tergoda saat pertama melihatnya. Dan karena dicetak dalam cup yang mungil, satu cupcake adalah ukuran porsi yang pas untuk dinikmati bisa dengan dipegang tangan langsung tanpa harus menggunakan garpu dan sendok.

Karena pembuatannya cukup mudah, tidak jarang juga berbagai orang membuatnya sendiri di rumah. Untuk teman-teman yang berniat mencoba resep cupcake, kalian bisa memilih banyak sekali cetakan, mulai dari loyang muffin, cangkir tahan panas, loyang alumunium sampai serta cetakan berbahan silikon juga ada.

Ohya cupcake adalah jenis kue yang menuntut kita memilih hiasan yang matching dengan acara yang akan kita buat. Kalau cupcake tidak dihias ntar disangka kue muffin loh. Jadi menghias cupcake itu wajib-kudu-harus dilakukan. Kalau kurang kreatif macam aku, tenang saja, banyak hiasan cupake yang siap jadi beli di toko bahan kue online.

Itu dia, ulasan singkat mengenai cupcake adalah kue yang lucu, imut menarik dan menggugah selera. Ternyata cukup banyak ya, cerita asal usul kue satu ini! Jadi,kesimpulannya mau membeli ataupun membuat sendiri di rumah, menghias cupcake adalah keharusan. Karena cupcake itu adalah kue mungil yang menggemaskan yang memikat hati hanya dengan melihat penampilannya.

Ruli Wahyuni

Artikel Lainnya:

No Comments

Leave a Comment