Cara Menyimpan Cream Cheese


Cream Cheese adalah golongan soft- yang rada susah kalau mau disimpan lama. Di suhu ruang umumnya soft hanya bertahan 1-2 jam setelah itu harus langsung digunakan.

Walaupun disimpan di dalam kulkas, yang sudah dibuka, biasanya tidak tahan lebih dari 2 minggu. Apalagi kalau suhu kulkas kita tidak stabil, alamat lebih cepat lagi tumbuh jamur.

Ketika menyimpan dalam kulkas, upayakan untuk menyimpangnya di dalam chiller, jangan di area dekat lampu atau di pintu karena relatif kurang dingin dan suhunya fluktuatif ketika kulkas dibuka-tutup. Cream harus disimpan di suhu 2-4 C.

Agar cream cheese tidak terlalu cepat berjamur atau basi, tiap memotong cream cheese, usahakan menggunakan pisau yang bersih dan kering. Sebelumnya celupkan pisau tersebut dalam air mendidih, lap dengan kain bersih yang kering lalu potong cream cheese sesuai resep.

Sisa cream cheese bungkus rapat dengan plastiknya, atau kalau pakai plastik cling baru, pastikan plastiknya bersih. Mudah-mudahan cream cheese sisa bisa lebih tahan lama disimpan di dalam kulkas.

Cream Cheese yang masih bagus secara kasat mata dapat dilihat:

  • Tidak terlihat bintik-bintik berwarna berwarna hijau, hitam atau abu-abu, yang menandakan telah tumbuh spora jamur.
  • Bagian permukaan dan bagian dalamnya masih berwarna memiliki tekstur yang sama.
  • Cream cheese masih berbau normal, tidak tengik atau pun berbau terlalu asam.

Ada juga yang menyimpan cream cheese di dalam freezer. Sebelumnya potong-potong dulu cream cheese dalam ukuran yang pas, misalnya per 250 gram. Agar kalau nanti mau dipakai, cukup ambil sebongkah beku dan tidak perlu mencairkan satu bongkah utuh.

Aku belum pernah mencoba teknik ini, jadi tidak tahu persis apakah cream cheese yang dithawing/dicairkan setelah dari freezer itu tidak berubah tekstur dan rasanya. Kalau ada yang pernah coba, please share ya.

Kalau informasi yang aku dapatkan dari Yummy produsen cheese mengatakan untuk kategori soft cheese tidak boleh disimpan di freezer karena air akan mengristal dan menyebabkan air dan lemaknya akan terpisah. Kondisi ini akan mengakibatkan tekstur dari soft cheese tersebut akan rusak dan tidak dapat kembali lagi seperti semula.

img:http://foodatarian.com/2009/07/10/herbed-cheese-spread/


Artikel Lainnya:

  • Fransisca Yenny

    Aku jg simpen d freezer trus jd pecah aku cobain rasanya ttp sama ga berubah cm teksturnya aja berubah. Dr bau juga tidak berubah jadi masih bisa aku pakai.

    • Iya ya, biasanya emang pecah. Makanya ada yang tetap bilang cream cheese bisa dibekukan, tapi memang pecah, kalau untuk buat masakan atau campuran kue masih ok, Tapi kalau mau dipakai jadi campuran buttercream, mungkin jadi kurang mantap creamnya.

  • Indah

    Iya bener, aku taruh cream cheese di freezer dan berair, bukan cm berair tapi juga bau asam seperti santan basi…. Padahal masa kadaluarsanya sebulan lagi. Akhirnya terpaksa aku buang krn takut keracunan,,,

  • bita

    Bener bgt tuh yg dibilang Yummy, aku simpen di freezer trus pas ditaruh diluar malah air-nya misah gitu, tekstur-nya jd rusak, tp berhubung buat bikin frosting, aku pake aja…:)

    • frostingnya tetap bisa jadi Creamy, Bit?

  • lisa

    saya tinggal di makasar,agak susah dapatin cream cheese disini,bagi info dong dimana sy bisa beli cream cheese agar bisa dikirim ke makasar.thanks

  • aiiih bener sekalii yang terakhir hik2..chee cream ku jadi misah tuh gara2 sok gaya nyimpen di freezernya

    • Waah Vida.. thks sharenya yaa.. Berarti memang gak boleh tuh nyimpan cream cheese di freezer ya …

  • Evi Manis

    Makasih y…atas penjelasannya disini…saya sudah mencari keliling dimana-mana….eh ternyata ketemu juga disini 🙂 …

    • Sama-sama Evi… Semoga bermanfaat ya.