Resep Brownies Kukus Ketan Hitam

Brownies Kukus Ketan Hitam GoldovenKarena sudah nyobain buat Brownies Kukus Keju ala Nia, aku jadi semangat bikin kue yang dikukus. Kayaknya kok ya lebih anti-gagal ketimbang yang dipanggang, hehehe. Kali ini nyoba bikin Bolu kukus Ketan Hitam.

Resepnya lupa ambil dari majalah mana. Pas baca-baca, langsung catet bahan-bahannya trus ngapalin cara membuatnya. Baru mau bikin sebulan kemudian … Setelah usai menimbang bahan, sempat bingung karena lupa step-step pembuatannya, akhirnya sotoy aja mikir cara buatnya pasti mirip-mirip bikin Brownies Kukus Keju. Ya sutra, aku buat dan berhasil! Rasanya enak banged! Legiiddddhhh!! (pake “d” saking mantepnya!)

Bahan Brownies Kukus:

250 gram tepung ketan hitam
200 gram gula pasir
200 gram minyak goreng
6 butir telur
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili
2 sdm susu kental manis

Cara Membuat:

1. Siapkan 2 buah loyang ukuran 30x10x4 cm. Dinding loyang tidak perlu diolesi apa-apa. Alas loyang perlu diolesi minyak, tapi sebaiknya pakai kertas roti atau baking paper untuk memastikan kue tidak lengket di alas loyang.

2. Kocok telur dan gula dengan mikser hingga mengembang dan kental. Masukkan garam dan vanili, kocok rata. Masukkan susu kental manis, kocok rata.

3. Masukkan tepung ketan hitam dengan cara diayak ke dalam kocokan telur, aduk rata dengan menggunakan spatula besar.

4. Lalu masukkan minyak goreng, perlahan. Aduk balik sampai rata dengan spatula. Pastikan minyak sudah tercampur rata, kalau belum rata nanti kuenya bisa bantat. Kalau susah mencampurnya, masukkan sedikit adonan telur ke minyak dan aduk rata, lalu baru minyak yang sudah dicampur itu dimasukkan perlahan ke adonan telurnya (teknik pancing).

Brownies Kukus Ketan Hitam Goldoven5. Masukkan adonan ke dalam loyang, kukus dengan api sedang selama 20 menit. Jangan pakai api besar supaya permukaan kue tidak bergelombang. Ohya pastikan juga air sudah mendidih saat memasukkan loyang ke dalam kukusan atau klakat.

Untuk mengurangi lubang-lubang di permukaan , sebelum dimasukkan ke dalam kukusan, banting loyang 2-3 kali untuk mengurangi gelembung udara di dalam adonan yang nantinya bisa bergerak ke atas dan membuat permukaan brownies berlubang.

Setelah matang, angkat dari kukusan, dinginkan selama 10-15 menit, keluarkan dari loyang. Potong-potong, dimakan dengan teh hangat, hmmmm… indahnya duniaaa!

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: