Resep Banana Muffin Mengembang Tinggi Ala Cafe & Bakery

Banana Muffin

Suatu hari di Starbucks Pejaten, aku melihat ada blueberry dalam rak kaca. Muffinnya tampak besar, dengan puncak tinggi dan pinggiran yang melebar melebihi diameter cupcasenya … Teringat dengan muffin yang pernah aku buat dulu, kok gak kayak gitu ya penampakannya?

Jadi pengen bisa bikin yang mengembang, menjulang tinggi deh !

Penasaran pun mendorongku untuk riset resep muffin. Setelah baca sana-sini, akhirnya memutuskan untuk mencoba resep dari Blog Eliza, tertarik dengan cerita dan foto muffinnya yang gueddeee bangeetsss πŸ˜€

Berikut adalah resepnya dengan sedikit modifikasi dariku:

Bahan-Bahan Muffin


3 1/2 cups unbleached all-purpose flour (aku pakai terigu protein sedang)
4 teaspoons baking powder (Aku pakai 2 sdt Double Acting)
1/2 teaspoon baking soda
1/2 teaspoon table salt

1 1/3 cup granulated sugar (Aku pakai 1 cup gula pasir, 1/3 cup gula palem)
5 ounces (10 tablespoons) unsalted , melted and cooled slightly (Aku pakai Holman salted)

1 cup whole milk, at room temperature (aku pakai full cream UHT)
1 cup creme fraiche or sour cream, at room temperature (aku pakai 250 ml Yoghurt plain yang kental)

2 , suhu ruang
1 kuning , suhu ruang

Cara Membuat Muffin

In a large mixing bowl, sift together the flour, baking powder, baking soda, and salt; mix well. In a medium mixing bowl, whisk together the sugar, butter, milk, creme fraiche or sour cream, eggs, and egg yolk until well combined.

Pour the wet ingredients into the dry, and fold gently with a rubber spatula just until the dry ingredients are mostly moistened (the batter will be lumpy)β€”there should still be quite a few streaks of dry flour.

Lanjut resep dalam bahasa Indonesia … πŸ™‚

Setelah adonan kering dicampur dan diaduk pelan dengan adonan cair. Aku memasukkan potongan satu buah ambon matang dan harum yang aku potong-potong kecil kedalam adonan. Aduk pelan, tak perlu sampai rata benar.

Eh iyaa… lupa bilang, sebelum memulai menimbang bahan, sudah aku panaskan 200C untuk memastikan bagian atas dan bawah. Ini penting banget. Bagian atas yang panaslah yang akan membantu muffin terbang tinggi ke awan … *lebay.

Baca Juga:  Resep Chiffon Cake Keju Bertekstur Lembut & Nikmat

Lanjuttt… Siapkan cetakan muffin, masukan cup case. Adonan muffin bisa dimasukkan dengan sendok es krim yang ada sweepernya atau masukkan semua adonan ke plastik segitiga dan semprotkan dari tengah ke dalam cup casenya.

Setelah itu aku taburi choco chips. Masukkan loyang dalam , tunggu sampai 20 menit … daan tada!! Muffinku melebar, mengembang dan menjulang seperti gunung!!

Berhasil! Berhasil! Berhasil!

Artikel Lainnya:

18 Comments

  • melissa 02/01/2013 at 00:1250 Reply

    mba, kalo pake otang gimana dong ngakalin panas atasnya?
    udh bbrp kali bikin muffin pake otang, ga bisa menjulang tinggi πŸ™

    • Ferona 04/01/2013 at 18:1843 Reply

      klo otangnya gak punya bagian utk arangnya, memang gak ada api atas. Saranku adalah, panaskan otangmu sampai panass sekali baru masukkan loyang muffinnya. Muffin akan cepat mengembang di panas tinggi … coba dulu ya …

  • novi 13/10/2012 at 16:2259 Reply

    izin copas (pribadi). tk’s

  • arin 09/10/2012 at 20:4539 Reply

    mbak mw ty, untuk hlm konversi takaran, beberapa kali kucba gag bs, kl 1 cup brp gram mbak, makasih

  • Rini Wulandari via Facebook 23/04/2012 at 10:5358 Reply

    Makasih resepnya Mbak..insyaAllah sys coba..

  • Reni Rohayati via Facebook 21/04/2012 at 18:1206 Reply

    saya suka bgt baca tulisan”nya……

  • wahyutien 18/04/2012 at 22:1526 Reply

    Ohhhh….Muffin harus menjulang tinggi ke langit seperti gunung ya mbak???:D
    Bedanya ama cup cake apa?nuhun…..^_*

    • cakefever 24/04/2012 at 14:2136 Reply

      bedanya ini muffin dan itu cake … πŸ™‚ klo muffin itu lebih padat daripada cake

  • ica 02/05/2011 at 23:3942 Reply

    Mba mau nanya kalau 1 cup itu berapa gram ya??? trus kalo susu 1 cup nya berapa ml… kalau boleh translate juga dong bahannya ke bahasa indo maklum wong katro hehehe makasih sebelum nya ya mbaaa… salam kenal dr sangat2 newbie hihihi hugs

  • rere lie 05/04/2011 at 16:5437 Reply

    Mba..kalo saya buat nya pake otang bs ga ya??
    Pisang nya kira2 berapa gram ne??

    • cakefever 05/04/2011 at 23:5155 Reply

      Otang bisa donk… pisangnya aku gak nimbang. Pokoke pake pisang ambon matang yang sedang besarnya …

      • rere lie 08/04/2011 at 09:3230 Reply

        Owke..d coba dah..
        Jd ga perlu api atas kn ya?
        Oia mba kue ketan item yg d bakar itu
        Saya uda buat lg..
        Kli ini berhasil..ternyata kmrn. Itu gara2 sy tambain emulsifet
        Hoho

        • cakefever 24/04/2012 at 14:5401 Reply

          oowwh.. πŸ˜€ aku gak pernah pake emulsifier siih

  • Ika 01/04/2011 at 22:2444 Reply

    Resep banana muffin tapi kok banana nya ga ada mba?
    Apa saya yg kelewat baca ya?

    • cakefever 01/04/2011 at 23:3528 Reply

      ealah, aku lupa masukin jumlah pisangnya ya πŸ˜€ …. thx infonya ya! Sebenarnya di cara pembuatannya aku memasukkan tahap pencampuran pisangnya ini. Tetapi untuk jumlah memang belum aku masukkan kecuali aku sebutkan bahwa aku memasukkan satu buah pisang ambon yang sudah matang.

      naah dengan satu buah pisang ambon matang menurutku sudah cukup… tapi aku memang belum memasukkan jumlah pisang di bagian bahannya πŸ˜€

  • opi 27/03/2011 at 15:2506 Reply

    mba mau tanya kl pake holman jdnya lbh enak or sama aja ma mrk lain.trus rasa muffinnya kl pake yogurt or sour cream enak gak? banyak tanya ya…hehehe.penasaran ma resepnya yg pake yogurt.ntar pengen di uji coba πŸ˜‰

    • cakefever 27/03/2011 at 17:1724 Reply

      Pi, aku baru sekali nyoba resep ini niiy… hollman itu wangi, dan itu maksute walo disebut pakai unsalted butter aku tetap pake yang salted (asin). Dan hasil akhirnya muffinku tidak keasinan sihh … Rasanya enak lho. Kata teman-teman yang nyobain di kantor juga bilang enak, katanya gak terlalu manis, jadi enak … hihihi. Aku sendiri suka dengan rasa banana muffinnya ini πŸ˜€ cobain deh, lalu kasi tau aku menurutmu enak ga rasanya? πŸ˜‰

Leave a Comment

%d bloggers like this: