Resep Sagu Keju yang Legit dan Meleleh Di Mulut

Sagu keju ala NCC ini uenak tenan! Rasanya legit dan meleleh di dalam mulut bercampur krenyes-krenyes keju yang dipanggang sebentar.

Kunci sukses membuat kue kering ini adalah pangganglah dengan api kecil, supaya kuenya tidak gosong di bagian bawah, padahal belum matang sempurna.

Kalau sudah disimpan berhari-hari di toples dan agak melempem, panggang lagi 5-10 menitan di api kecil supaya si sagu keju ini jadi renyah kembali.

Supaya cantik, adonan sagu keju biasanya dispuit pakai plastik contong atau cetakan kue semprit. Tapi bisa saja kalau mau membuat bentuk lain. Ketika dispuit, kemungkinan adonannya rada seret, terutama kalau ada keju yang menggumpal.

Resep Kue Sagu Keju NCC

Bahan-bahan Sagu Keju

300 gram tepung sagu (aku pakai merek sagu tani)
2 lembar daun pandan

100 gram margarine
50 gram mentega (butter)
150 gram gula halus (aku pakai gula biasa yang diblender halus)
1 butir kuning telur
50 ml santan kental siap pakai
100 gram keju edam, parut (Aku pakai keju cheddar yang dipanggang sebentar supaya crispy)

Baca Juga:  Cara Membuat Nastar Yang Lembut dan Anti Retak

Cara Membuat Sagu Keju:

  • Sangrai tepung sagu dan daun pandan dengan api kecil hingga daun pandan kering. Angkat, dinginkan.
  • Kocok margarine dan mentega dengan mikser hingga putih dan lembut masukkan gula, kocok rata.
  • Tambahkan kuning telur, kocok rata.
  • Campur tepung sagu dan keju parut, tuang bertahap ke dalam adonan mentega, aduk rata.
  • Tambahkan santan, aduk lagi hingga rata.
  • Masukkan adonan ke dalam plastik conthong (segitiga), kasih spuit bintang atau spuit apapun sesuai kreasi, semprotkan ke dalam loyang tipis yang sudah dioles mentega dan ditabur tepung. Tapi saranku sebaiknya untuk kue kering jangan dioles mentega karena nanti kuenya menyerap mentega yang dioles. Sebaiknya gunakan baking paper (parchment paper) atau silpat yang bisa dipakai berulang kali. Kalau kertas roti saja, kadang-kadang ada kue yang lengket di kertasnya, kalau pakai baking paper itu tidak lengket.
  • Oven selama 40 menit dengan api kecil saja supaya tidak gosong. Tergantung suhu dan karakter oven masing-masing ya. Di percobaan terakhirku aku cuma panggang 20 menit dengan suhu 160 C dan ternyata tetap kecoklatan(suhu ovenku loh)
Baca Juga:  Resep Cheese Stick Goreng Enak, Renyah, dan Mudah Dibuat

Tips Sagu Keju Renyah dan Tidak Meleber

1. Untuk ukuran tepung terigunya apakah harus ditimbang dulu baru disangrai atau disangrai dulu baru ditimbang?
Kalau yang aku lakukan adalah menyangrainya dulu lalu baru aku timbang sesuai dengan ukuran pada resep. Kalau ditimbang dulu baru disangrai, tepung terigunya akan berkurang banyak.

2. Bagaimana caranya agar kue sagu keju tidak melebar?
Tips agar si sagu keju tidak meleber atau melebar, aku mendinginkan butternya terlebih dahulu. Margarinnya tetap suhu ruang. Jadi saat dimixer, suhu dingin dari si butter menjaga agar kocokan margarin-butter ini tidak cepat keluar minyak yang menjadi penyebab melebernya sagu keju.

Sagu keju yang renyah
Sagu Keju yang kecoklatan karena suhu oven terlalu panas

3. Bagaimana agar hasil panggang Sagu Keju bisa putih bersih?
Hasil panggang sagu keju di foto atas terlihat agak coklat dan tidak putih. Itu karena suhu ovenku susah diajak kerja sama hehehe. Jadi kenali oven masing-masing yah. Kalau terlalu panas, walaupun bagian bawahnya tidak gosong, kue sagunya tetap bisa kecoklatan.

Suhu ovenku masih terlalu tinggi untuk waktu panggang yang disyaratkan. Tapi karena aku pakai loyang cookies insulated non stick (beli di Lotte Grosir) jadi bagian bawah cookies terselamatkan dari gosong walaupun atasnya sudah menjadi rada coklat.

Baca Juga:  Resep Kue Kastengels dengan Keju Edam Anti Gagal
Loyang sagu keju
Adonan Sagu Keju di atas loyang insulated

Loyang insulated itu bagian dasarnya tebal karena ada tambahan alasnya lagi. Waah I love this cookies sheet dweeeh… bikin cookies yang suka rewel dengan suhu panggang tetap aman terkendali karena alas cookies sheetnya yang lumayan tebal.

Kalau susah cari loyang insulated dan mengalami problem pengendalian suhu rendah di ovennya seperti ovenku, di-double aja alas loyangnya supaya tebal dan bagian bawah cookies tidak cepat gosong yaa … 😉

By Ferona

A Blogger, Lazy Gardener and Baking-Blues Baker ^_^

65 Comments

  • Salam kenal, sy mau tanya, knp setiap sy pang gang adonan sagu keju, selalu btknya berubah jd melebar (ga cantik lg). Tolong sarannya ya. Tolong Saran by email ya mbak.

  • Siang mba, sy mau tanya nih kalo ngocok margarin ga terlalu lama itu kira2 brp menit mba ? Lalu keju cheddar yg dipanggang itu seharusnya di parut dulu baru dipanggang atau sebaliknya ? Maaf mba aku baru mau coba nih supaya ga gatotm makasih ya mba sebelumnya

  • hi mba ferona,

    aku udh nyobain resep mba diatas, aku buat sesuai dgn takaran yg mba tulis tp ko pas aku panggang hasilny meleber jd ky kue kering yg jd satu saling nempel sm tetangga nya, pdhal aku udh ikutin yg mba blg klo kocok mentega ga lama2 biar ga kluar minyak ny, akhir nya aku tambahin tepung terigu sebanyak 5 sdm & hasilnya jeng jeng berhasil ga meleber lagi… hihiiii maap y resepny aku utak atik hehehee

  • Mbak kalau santannya itu gak di beli tapi di peras dari kelapa parut entar kueh nya bisa jadi atau enggak ????

  • meleber yaa? kemungkinan besar karena ngocoknya menteganya “sungguh terlalu” 😀

    Dinginkan dulu butternya di kulkas, lalu baru kocok sampai putih ya. Hati-hati, disini bagian yang seringkali menyebabkan sagu keju kita meleber karena kocokan mentega yang sungguh terlalu itu …

  • Mbak Fe yang baeeekkkk (karena suka bagi ilmu yang tidak ternilai harganya), plis mbak, aku hampir putus asa nih. bikin sagu keju dua kali gagal mulu. melebar gitu kuenya. aku pakai tepung sagu tani tapi tulisannya tuh tepung tapioka cap tani gunung. apa salah di tepungnya ya? soalnya tahun lalu aku bikin kue ini pakai tepung sagu yang gambarnya pak tani dengan tulisan liauw kalo gag salah, hasilnya keren banget, uenakkkkk…trus ngocok menteganya kan di instruction harus sampai putih, apa bener begitu atau asal lembek aja? thanks a lot ya mbak, anak-anakku suka banget kue ini, jd mereka maksa bikin meski hasilnya kayak ledre melebar-lebar gitu 🙂 makasihhhh mbak Feeeee….

  • mbak aku uda bikin macem2 kue kering, and semuanya sukses juga mantab .. he .. he. namun sekitar 3 or 4 hari kok melempem padahal uda aku simpan di toples kue (plastik bening yg biasa dipakai orang jualan kue kering lebaran). kenapa ya mbak. tolong dibantu solusinya. terima kasih banyak.

  • mba,,aq bru bikin kue itu enak sih,,cm kok meleber bgt ya,,aq mw tanya ngocok mentega ma gula tu brp lama sih???trus ciri2nya gmna???

  • suhu rendah sekitar 140-150C … kalau pake otang dulu, aku malah mesti buka sedikit pintu ovennya supaya di dalamnya tidak terlalu panas. Otang kan susah ya ngatur suhunya itu 😀

  • itu kan gabungan margarin dan butter. Margarin dan butter itu rasanya rada asin. Kalau mau pakai mentega tawar, tambahkan sedikit garam. Tapi hati-hati kalau pakai butter semuanya, klo kamu kelamaan ngocoknya nanti sagunya meleber.

  • terus mba,dipanggangnya di oven suhu berapa ya? aku baru mo cb bkin kue pke oven biasa,cm ga ngerti cra nentuin suhunya gm..

  • mba,kalo pake mentega tawar bisa ga ya?jd bkn pke margarin gtu….

  • Maap mba Fe..typo..dkshnya cap tani,dan dibwhnya ada keterangan dbuat dr tepung tapioka…tp akhirnya nemu jg tepung sagu merk Alini yang tanpa embel2 terbuat dr bla..bla..blaa yang bkn galau,ini bener ya mba?hari ini mo coba resepnya mba..wish me luck 🙂

  • Cap tai? hiiiyy… 🙂 sagu tani bukan tapioka ya …

    Cheddar klo gak dipanggang ya tetap seperti keju … klo dipanggang jadi mengeras … lebih kres kres …

  • Mba Fe,aku kl minta sagu tani kok dkshnya cap tai tp dibawahnya ????? tulisan tapioka pilihan,jd bingung dweeehhh 🙁
    Trus aku coba bkn pk keju chedar tp ga dipanggang kaya mba,jdnya ga kres kres ya kejunya pas dimulut..emang gitu ya mba karakter cheddar di kuker kl ga dipanggang dl…jd panggang keju ceddar parutnya berapa lama mba?mksh 🙂

  • Dear cakefever
    Aq coba bikin resep nya kmren,tp hsil buatan q gagal,kue nya jd lumer d dalam oven,n tdk ada bentuk T.T .. Aq beli sagu tani d toko kue,tp aq jd ragu jangan2 yg d kasih malah maizena,soal nya mama aq sdh 20 th bkn kue sagu g prnah gagal kaya gini,knp ya??apa mngkin slah tepung ya??soal nya maizena sma sagu kan hmpir mirip ya,,plis enlighten 🙂
    Warm regard

  • Salam kenal ya mba…trima ksh atas resep2nya,aku udh laksanakan 3resep:bolu kukus ketan hitam,brownies kukus keju&sagu keju.Alhmdllh semuanya berhasil,cuma u/sagu keju knp jadinya rapuh bgt ya?(stlh matang)kira2 knp tuh mba?trs aku kesulitan cetak pake spuitnya,apa spuitnya trlalu kecil ya?mksh

  • Memang rada susah keluar dari spuitnya karena adonannya gak encer dan ada keju parutan yang bikin seret… 😀 tetap berjuang yaa… hihihi….

  • meleleh gimana ya? apa meleber gitu? kalo kue kering meleber itu biasanya karena ngocok mentega/margarinnya kelamaan jadi minyaknya keluar.

  • panggangnya di dalam oven. Biasanya topping keju cheddar yang diparut lalu dipanggang bersama adonan, pasti deh jadinya kering dan kriuk kriuk …

  • mba.. saya sering dengar keju chedar di panggang jadi crispy , tapi bagaimana caranya ..? sy coba keju di keluarkan dr aluminium foilnya .trus dgn pisau di panggang di atas api kompor kok jadi meleleh.. cara panggang keju chedar yg bener bagaimana.??

  • hii mb aku pernah nyoba nih kue, tp pas di panggang jd meleleh bentuknx gak bagus tp rasanx dah enak lembut gt. kenapa yaaa???

  • Mbk tny lg yaaa..
    Ak perna buat,tp pas di pencet lha kok kejunya g bs keluar kejepit spuit. Kan spuit mawar bentuknya kya WW muter gt,lha di ujung bwh W nya itu g ckp kejue mo keluar. Gmn sih ya??

  • Makasih ya mbak replynya,
    Klo lbh pns seh kyknya seh gak mbak aku taunya dari baking kue2 en gk ada yg aneh..bingung jg knp? hehehehe..apa lg error krn uda uzur ya ovenq? hehehehe..

    Aku uda biarin beberapa saat mbak stlh di oven, tapi tetep gk garing dalamnya..tapi aku blm nyoba u/ ngoven lagi seh, uda habis duluan, hehehehe ntar aq coba buat lagi deh

    Klo krn tepung tapioka, juga gak ngerti seh, susah cari tepung sagu di surabaya mbak

    OK deh aq coba buat lagi en ngovennya 2x..Thx ya mbak Fe ^o^ Ntar aku bakal ganggu lagi ya, heheheheh

  • Kalo 120 C dlm 20 menit mestinya siy ndak angus ya Dee? aneh juga ovenmu, mungkinkah dia lebih panas dari seharusnya?

    Sagu keju pas baru mateng memang gak garing. Biarkan dingin, baru disantap deh. Tapi juga kalo kelamaan di luar, ntar masuk angin. Mesti dikasih jamu tolak angin biar cripsy lagi, hihihi … Kalo dah melempem ya diovenin lagi aja barang 5-10 menit, tungguin ya kalo nggak ntar gosong beneran 😀

    Aku malah belum pernah coba pakai tepung tapioka dee. Apakah itu penyebab kurang garing ya? Berarti next time percobaan kudu dicari beneran itu tepung sagunya, supaya bisa dibandingkan hasilnya dengan yang pakai tepung tapioka.

  • Hai mbak Ferona, uda lama neh aq gk tanya2, godain mbak Fe ahh, hehehehe..
    Puasa kmrn,aq jg buat sagu keju NCC, pake edam, prtama panggang suhu 120 derajat,dgn nyantena aq tinggal en set 50 menit, ehh..mamaq teriak2 katanya kueq gosong, pas aq tengok, bnr, hangus dg suksesnya, pdahal baru 20 menit, sigh.. 🙁 stlh dicoba, ternyata dalamnya gk garing, mskipun uda mateng

    Yg kedua turunin jd 100 derajat, ehh sama aj mbak hasilnya gk garing gt dalamnya, cm ya gk gosong, krn aq tungguin, hehehehe..itu gmn ya mbak?bingung, pdahal rasa enak loh..

    Oh ya aq gk pake tepung sagu, soalnya di surabaya gk ada mbak, gk nemu tuh, jadi pake tepung tapioka

    Thx ya mbak, skalian minal aidzin y ^o^

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya

Discover more from Cakefever.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading