Tuesday, September 27

Recipes

Kue yang enak dan tampilannya menggugah selera dimulai dari resep yang tepat.  Tak heran satu resep kue bisa membahana ke seluruh jagat internet karena terbukti menghasilkan kue yang sedap dan mantap dan telah diuji oleh ribuan Netizen-Bakers. Temukan resep-resep yang bisa kamu coba di sini.

Resep Klapertart Cheese Panggang Lembut & Nikmat
Recipes

Resep Klapertart Cheese Panggang Lembut & Nikmat

Setelah mencoba membuat Klapertart Wilton, rasanya susah mau pindah ke lain hati. Resep klapertart panggang yang lembut itu menurutku sulit ditandingi oleh resep klapertart panggang lainnya yang hanya menggunakan terigu. Sebelumnya aku pernah mencicicpi dan ngefans banget dengan klappertart tanpa dipanggang dari satu merek penjual Klapertart yang terkenal. Dan pernah juga mencoba membuatnya sendiri karena pemilik merek klapertart itu membagikan resepnya dalam suatu wawancara media. Resepnya hanya menggunakan campuran terigu, dan tidak dipanggang sama sekali. Jadi setelah semua adonan klappertart dimasak diatas kompor, langsung dimasukkan ke wadahnya untuk didinginkan dan diberi topping. Tapi semuanya berubah begitu negara Api menyerang.... :) Maksudnya semuanya berubah begitu ak...
Resep Mascarpone Cheese ala Rumahan Yang Anti Gagal
Recipes

Resep Mascarpone Cheese ala Rumahan Yang Anti Gagal

Keju mascarpone biasanya disimpan di rak pendingin di supermarket atau toko bahan kue. Harga kejunya cukup mahal, bahkan lebih mahal dari pada harga cream cheese. Tekstur kejunya creamy dan rasanya lebih halus dibandingkan cream cheese. Sekali-kalinya aku beli mascarpone itu saat mau praktek membuat Tiramisu. Tiramisu tidak selalu harus pakai keju mascarpone, bisa diganti cream cheese atau bahkan dairy whipped cream. Tapi ya buatku sih terasa bedanya bila Tiramisu tidak menggunakan keju mascarpone. Rasa kejunya memang mengangkat rasa keseluruhan si tiramisu. Namun si mascarpone ini tidak mudah ditemukan seperti menemukan jenis keju cheddar lainnya. Ya mungkin sama susahnya mencari cream cheese. Karena itu kita pun berusaha untuk bisa membuat homemade mascarpone (gadungan) seperti ha...
Resep Klappertaart Wilton lembut dan enak ala Cakefever
Recipes

Resep Klappertaart Wilton lembut dan enak ala Cakefever

Resep Klappertaart Wilton ini awalnya berasal dari Almarhumah Mbak Ruri. Di blognya alm. mba Ruri gak ada resep Klappertart Wiltonnya, tapi yang mau cari referensinya resep ini juga diposting di website NCC dengan nama Hollanda Klappertart. Jadi mungkin nama si Klappertaart yang sebenarnya itu Hollanda Klappertaart. Tekstur Klappertaart Wilton ini lembut banget dan mesti didinginkan dulu supaya rasanya semakin mantap. Saking lembutnya si klappertaart ini, cara memakannya harus dengan disendokin dari wadahnya. Saking seringnya aku membuat klappertaart ini, tiap mencium wangi kayu manis yang teringat malah klappertaartnya, hihihi. Untuk wadahnya aku pakai aluminium foil kecil-kecil supaya pas sekali makan. Enak dimakan dingin-dingin, hmmmm yummy! Dari resep Klappertaart Wilton ini ...
Resep Puding Caramel Lembut dan Yummy
Recipes

Resep Puding Caramel Lembut dan Yummy

Aku kepikiran mau mencoba bikin puding Creme Caramel ini, sewaktu adikku tiba-tiba bertanya apakah aku bisa membuatkan Creme Caramel kesukaannya yang biasa dia beli. Aku juga suka puding karamel ini. Tekstur lembut dingin ketemu dengan rasa karamel kesukaanku membuat puding ini rasanya nyangkut di hati. Puding Custard Caramel atau Creme Caramel atau Caramel Flan adalah puding susu yang sangat lembut dengan saus karamel cair yang pekat. Puding ini disebut juga dengan custard karena dalam prosesnya melakukan pencampuran susu dan telur dengan cara dipanaskan. Ketika telur bertemu dengan susu yang dipanaskan, maka protein dalam telur akan mengentalkan cairan yang kita sebut dengan custard. Dalam membuat Creme Caramel ini, ada resep yang menggunakan susu kental manis dan ada yang tid...
Kreasikan Resep Choco Nut Brownies Ala Cakefever
Recipes

Kreasikan Resep Choco Nut Brownies Ala Cakefever

Brownies pertama yang aku buat adalah Pennylane Brownies dari resepnya Mba Riana. Dan aku dengan suksesnya membuat brownies pertamaku itu gosong di bagian bawahnya #nyengir. Bikin brownies aja gosong, ckckck. Yah namanya juga Newbie hehehe ... Dari hasil gosong itu aku akhirnya tahu bahwa untuk memanggang adonan brownies tidak boleh menggunakan loyang dengan tinggi lebih dari 4 cm. Loyang yang terlalu tinggi akan membuat bagian brownies lama sekali matangnya, sementara bagian bawah brownies terus terpanggang. Karena adonan brownies tidak diharapkan untuk membumbung tinggi, itu sebabnya cukup gunakan loyang pendek dengan tinggi 4 cm. Dari hasil Pennylane brownies yang enak banget, lalu aku melakukan improvisasi sesuai seleraku. Aku mengurangi jumlah gula menjadi 300-340 gram dan menambahk...
Resep Cookies Marshmallow Brownies yang Bikin Nagih
Recipes

Resep Cookies Marshmallow Brownies yang Bikin Nagih

Ide membuat Cookies Marshmallow Brownies ini sebenarnya karena niatku ingin menghabiskan marshmallow dan frozen cookies yang sudah aku simpan selama 2 bulan di dalam freezer. Dengan menggunakan resep brownies dasar Choco Nut Brownies, lalu cemplungin marshmallow yang sudah dipotong kecil-kecil, padukan dengan cookies, dan hasilnya? Hmmm yang tadinya ngaku gak suka makan brownies karena terlalu manis, akhirnya menyerah dan langsung menghabiskan separo loyang hehehe ... Sewaktu aku membuat brownies ini, lapisan cookies sudah aku siapkan. Jadi tinggal aku keluarkan dari freezer, buka plastik lengketnya, lalu dipotong tipis sesuai selera untuk menjadi alas brownies ini. Buat yang belum tahu, aku punya kebiasaan membuat adonan cookies yang kemudian aku bekukan di freezer. Ketika aku ingin me...
Resep Donat Water Roux Goreng Empuk dan Renyah
Recipes

Resep Donat Water Roux Goreng Empuk dan Renyah

Sewaktu masih SMP, aku tinggal di sebuah desa di Sumatera Utara yang memiliki Toko Roti bernama Toko Helen. Toko Helen ini menjual donat yang menurutku rasa dan teksturnya yang lembut berisi belum bisa ditandingi oleh donat mana pun yang aku temukan di Jakarta. Donat Helen itu hanya dijual dengan satu varian yaitu donat bersalut tepung gula. Pemiliknya mungkin tidak merasa harus berinovasi dengan donatnya karena pemilik gerai donat seperti Jco dan Dunkin Donut belum merambah ke kotanya. Namun itu pula yang membuatku merasa donat favoritku itu ya donat berlapis tepung gula. Bukan donat dengan aneka topping yang fancy-fancy. Karena topping yang terlalu enak malah akan meniadakan rasa donatnya itu sendiri. Donat yang enak menurutku bahkan tanpa topping pun tetap enak disantap, karena...
Resep Kue Lapis Madu Medovik yang Maniskan Harimu
Recipes

Resep Kue Lapis Madu Medovik yang Maniskan Harimu

Tiap kali aku membuat dulce de leche dari susu kental manis, biasanya untuk menghemat gas aku tidak hanya merebus satu kaleng susu kental manis, tetapi sekaligus 4 kaleng, dan akhirnya aku memiliki persediaan dulce de leche yang cukup banyak. Dan tiap kali aku ingin menghabiskan persediaan dulce de lecheku, maka kue lapis madu asal Rusia bernama Medovik ini jadi pilihanku selain membuat es krim dulce de leche. Medovik ini adalah biskuit tipis yang ditumpuk berlapis-lapis dan diantara biskuit tersebut dioleskan buttercream dulce de leche. Rasa biskuitnya mengingatkan akan rasa biskuit marie regal. Dengan dipadukan dulce de leche, kue lapis madu alias Medovik ini selalu sukses dihabiskan oleh teman-temanku bahkan oleh mereka yang biasanya tidak terlalu menyukai makanan yang manis seper...
Resep Donat dengan Donut Maker Anti Ribet dan Enak
Recipes

Resep Donat dengan Donut Maker Anti Ribet dan Enak

Jadi ceritanya adikku iseng-iseng beli Donut Maker dan aku jadi ingin mencoba menggunakan si Donut Maker ini. Setelah melihat bentuknya, adonan untuk model pemanggang roti seperti Donut Maker ini tentunya bukan adonan roti atau donat yang pakai ragi, bertekstur liat dan padat. Resep donat yang cocok untuk alat ini adalah resep yang bisa menghasilkan adonan akhir berbentuk sedikit cair sehingga mudah dituangkan ke dalam lubang-lubang si donut maker ini. Resep donat ini aslinya aku lihat di BestRecipes, tapi karena aku membuat donatnya di tempat adikku yang tidak memiliki mixer, jadi aku harus memodifikasi cara pembuatannya. Mentega yang harusnya dikocok sampai creamy, aku lelehkan dan aku campur dengan bahan cair lainnya. Resep Donat dengan Donut Maker Bahan yang dibutuhkan: Adonan ke...
Kreasi Resep Churros Renyah dengan Dulce de Leche, Gampang Banget!
Recipes

Kreasi Resep Churros Renyah dengan Dulce de Leche, Gampang Banget!

Sewaktu sedang berjalan-jalan di suatu Mal dengan seorang sahabat yang juga doyan makan dan ngemil seperti aku, syahdan kami baru saja menghabiskan menu makan siang sekitar satu setengah jam yang lalu. Namun berputar-putar di Mal ini ternyata membuat kami lelah dan ingin beristirahat sejenak untuk nge-teh dan ngemil cantik :) Mengingat perut baru saja diisi penuh, maka kami pun mencari tempat makan yang menyediakan cemilan yang tidak terlalu mengenyangkan. Pilihan pun jatuh pada restoran Churros karena kami tertarik dengan topping coklat, caramel dan kejunya. Looks so Yummmy! Dan karena aku sekarang selalu memiliki persediaan dulce de leche di rumah, akhirnya jadi terprovokasi untuk mencoba membuat churros sendiri demi si dulce de leche hehehe. Ohya yang mau buat dulce de leche tergampan...
Resep Dark Choco Cherry Brownies yang Lumer di Mulut
Recipes

Resep Dark Choco Cherry Brownies yang Lumer di Mulut

Dark Choco Cherry ini adalah salah satu produk jualanku di Goldoven yang digemari pelanggan terutama buat yang suka banget dengan coklat. Dark Choco Cherry Brownies ini adalah tipe Brownies yang lembut dan basah, karena komposisi bahan tepung yang lebih sedikit dibanding coklatnya. Tak heran Brownies ini bila diletakkan di suhu ruang, akan melunak hampir mirip seperti puding. Karena itu cara terbaik menikmati Brownies ini adalah dengan mendinginkan Browniesnya terlebih dahulu di dalam kulkas. Setelah agak mengeras baru dipotong-potong dan dinikmati dengan secangkir teh tawar hangat atau secangkir kopi pahit hangat ... hmmmmm! Resep Dark Choco Cherry merupakan modifikasi dari Resep Fudge Brownies ala Jamie Oliver. Resep om Jamie ini masih terlalu manis menurutku, dan memang resep ...