Flour Sifter | Baking Tools

Flour sifter atau pengayak tepung adalah perlengkapan yang harus dimiliki karena hampir semua resep cake mewajibkan tepung diayak dulu sebelum dicampur dengan adonan cair. Salah satu kunci sukses pembuatan cake adalah jangan lupa mengayak tepung.

Baca Juga: Mengapa Tepung Harus Diayak

Pengayak tepung terdiri dari beberapa model. Model paling umum adalah pengayak tepung yang berbentuk mangkuk bergagang. Atau yang seperti nampan berlubang yang di pasaran tersedia dengan beraneka ukuran diameter.

Salah satu favoritku adalah pengayak tepung berbentuk mug seperti gambar di bawah. Hanya dengan menggerakkan handlenya, maka tepung pun meluncur turun. Dengan pengayak tepung seperti mug ini, tepung yang diayak tidak terlalu banyak berterbangan kemana-mana.

Aku memiliki dua pengayak tepung berbentuk mug ini, satu hanya memiliki satu baling-baling sementara yang satu lagi memiliki dua baling-baling sehingga tepung diayak dua kali.

Untuk sifter yang memiliki dua baling-baling, membuat proses ayak menjadi lebih lambat. Untuk kenyamanan pilihlah sifter yang hanya memiliki satu baling-baling. Atau kalau bisa, belilah flour sifter atau pengayak tepung yang digerakkan oleh batere.

Aku sendiri ingin sekali punya sifter yang ada baterenya, tapi gak tau mesti cari kemana. Aku pernah lihat video baking course yang menggunakan flour sifter bertenaga batere, huaaa ngiler abissss deh … pernah tanya ke Pantry Magic, jawabnya barangnya habis.

Dan setelah ngubek-ngubek di Amazon, aku menemukan berbagai macam flour sifter mulai dari mug bergagang dengan handle manual maupun yang menggunakan batere.

Pengayak tepung yang menggunakan batere memang rada susah ditemukan di toko di Jakarta. Biasanya hanya ada yang berbentuk mug biasa dengan handle manual.

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: