Flour Sifter | Baking Tools

Perlengkapan ini wajib dimiliki karena hampir semua resep mewajibkan tepung diayak dulu sebelum dicampur dengan adonan cair. Pengayak tepung terdiri dari beberapa model. Model paling umum adalah pengayak tepung yang berbentuk mangkuk bergagang. Atau yang seperti nampan berlubang.

Salah satu favoritku adalah pengayak tepung berbentuk mug seperti gambar di bawah. Hanya dengan menggerakkan handlenya, maka tepung pun meluncur turun. Dengan pengayak tepung seperti mug ini, tepung yang diayak tidak terlalu banyak berterbangan kemana-mana.

Aku memiliki dua pengayak tepung berbentuk mug ini, satu hanya memiliki satu baling-baling sementara yang satu lagi memiliki dua baling-baling sehingga tepung diayak dua kali.

Untuk sifter yang memiliki dua baling-baling, membuat proses ayak menjadi lebih lambat. Untuk kenyamanan pilihlah sifter yang hanya memiliki satu baling-baling. Atau kalau bisa, belilah flour sifter atau pengayak tepung yang digerakkan oleh batere.

Aku sendiri ingin sekali punya sifter yang ada baterenya, tapi gak tau mesti cari kemana. Aku pernah lihat video baking course yang menggunakan flour sifter bertenaga batere, huaaa ngiler abissss deh … pernah tanya ke Pantry Magic, jawabnya barangnya habis.

Dan setelah ngubek-ngubek di Amazon, aku menemukan berbagai macam flour sifter, mulai dari mug bergagang dengan handle manual maupun yang menggunakan batere.

Pengayak tepung yang menggunakan batere memang rada susah ditemukan di toko di Jakarta. Biasanya hanya ada yang berbentuk mug biasa dengan handle manual.


Artikel Lainnya:

  • chiq

    ayakan kaya punya mba fero, belinya di online amazon? yg online lokal ada ga mba?

    • aku pernah lihat di acehardware, chiq …

  • Rizki`

    Mbak kayaknya pantry magic ga nyetok ayakan bertenaga batere deh karena aku lebih sering kesana dibanding ke titan aku saja beli mikser kitchenaid disana dan hasilnya mereka ga pernah nyetok pas pertama kesana aja aku nyari ayakan susah banget tapi pas udah beli mikser nya ternyata ada yang handel nya dipencet pencet aja

    • Makasiy infonya, Ki.. iya mungkin cuma basa-basi aja yah bilang barangnya habis.

  • fina

    ass. mba, tanya dong… aku buat black forrest kukus, alhamdulillah berhasil, rasanya enak klo begitu mateng langsung makan tp klo udah beberapa jam kemudian klo dah dingin kuenya ko jd keras ya… ga lembut lg, itu apanya yg slh ya mba?

    • black forest kukus? blum pernah bikiinn 🙂

      Tapi kue yang jadi keras ketika dingin, biasanya pakai margarin bukan butter. Margarin di suhu ruang dia akan membeku lagi.

      Tapi karena ini resep kukus, pakai apa di resepnya Fin?

  • Andre Kho

    sebenernya kalo beli tepungnya dah dalam kemasan apa ya perlu di ayak lagi tho ?

    • Ealah, ini reply komentar telat… tapi mudah2an tetap bermanfaat …

      Walau beli terigu dalam kemasan, tetap perlu diayak ya … karena fungsi mengayak itu juga untuk menambah udara dalam terigu. Nanti pas diaduk ke kocokan telur bisa tercampur rata cepat dan sempurna.

  • iche

    tertarik sama Flour Sifter ini mba .. baru liat .. beli dimana yah ? mksh

    • di TBK Jakarta masih sangat jarang terlihat… adanya di online, Che… itu klik saja linknya yang aku tampilkan di artikel …

%d bloggers like this: