Resep Egg Tart ala Mama Camila

Pada suatu hari, teman kantorku membawa egg tart buatan mama mertuanya. Egg tart ini tidak menggunakan crust pie tapi pakai kulit puffpastry. Aku sebenarnya tidak terlalu berminat mencicipi egg tart karena entah kenapa perasaanku kok agak takut-takut bakal terasa anyir gitu, secara belum aku cicipi pun aku sudah bisa menduga itu pasti isinya kuning telur dan susu diaduk-aduk.

Tapi karena sudah terjadi acara rebutan egg tart tersebut diantara rekan-rekan yang lain, maka didorong rasa penasaran aku pun beranjak dari kursi dan turut acara rebutan egg tart tersebut. Akhirnya dapatlah sepotong egg tart buatan mama mertua Donny temanku itu.

Dan setelah dicicipi … Rasanyaaa … mmmppphhh!! … sebentar, aku akan mencoba mendeskripsikannya begini: Ketika kue yang aku makan rasanya biasa saja (bukan tidak enak) maka setelah kue tersebut menghilang ke dalam tenggorokan, seketika itu pulalah rasanya terlupakan dan tidak meninggalkan kesan apa pun. Tapi kalau kue yang aku makan rasanya memang istimewa dan enak-nya sampai ke hati, pasti reaksiku adalah langsung mengamati kue tersebut dan bertanya-tanya dalam hati, “Ya ampuun ini kue enak sekali! Gimana cara buatnya yaa?” *dasarbakulkue* Dan begitulah yang terjadi saat aku mencicipi egg tart buatan Mamanya Camilla, istri temanku itu.

Dan tentu sajaaa langsung deh aku mendesak-desak Donny untuk menanyakan pada mertuanya apa isi resep Egg Tart yang membuatku terpana itu. Ternyata Mama Camila ini adalah ibu Ilse Harahap yang juga aktif di FB Grup Bagi Boga.

Singkat cerita, aku pun mendapatkan resepnya dari Donny. Berikut adalah bahan-bahannya:

Bahan Egg Tart:


Adonan Isi:
4 kuning telur
200 cc whipcream cair dairy
1/2 kaleng susu kental manis
garam secukupnya (aku sejumput jari saja)
vanili secukupnya

Adonan kulit (resep Bu Ilse di Bagi Boga):
150 gr terigu
2 sdm maizena
1 1/2 sdm gula halus
1/4 sdt garam
1 kuning telur
100 gr mentega

Untuk kulit, cara membuatnya adalah dengan mencampur semua bahan dan diaduk rata pakai pisau pastry atau garpu saja. Atau bisa juga kulit pakai puff pastry siap pakai. Kalau aku malah pakai kulit Pie siap pakai yang aku beli di Toko Bahan Kue, hehehe.

Cara membuatnya mudah. Semua bahan dicampur dan diaduk-aduk pakai sendok biasa supaya tercampur rata. Lalu dituangkan ke kulit pie. Karena aku pakai kulit pie yang sudah jadi dan baru pertama kali pula berurusan dengan kulit pie ini, rada bingung juga sih ini kulit pienya tinggal pakai atau gimana ya hehehe. Kuatir bocor, kulit pienya aku olesi putih telur dan dipanggang sebentar sebelum adonan di tuang ke dalam kulit pie tersebut.

Selesai semua dituang, lalu masukkan ke oven yang sudah dipanaskan suhu 180 C. Waktu panggangnya kira-kira, karena memang tidak dijelaskan di resep. Setelah 15 menit pertama aku perhatikan adonan meletup-letup tanda mendidih. Hmmm memang seperti itu-kah memanggang egg tart? *yagaktau*

Total waktu panggang akhirnya adalah 30 menit. Permukaan egg tart ada yang berlubang-lubang, tidak mulus seperti egg tart pada umumnya. Mungkin suhunya terlalu panas ya? *kalau ada yang tau, please share doongg*

Tapi yang pasti, setelah matang dan dingin lalu dicicipi, rasa egg tart ini enaaagghhh banget loh!

Notes: Di grup Bagi Boga aku menemukan resep Egg Tart juga yang komposisinya berbeda dengan resep yang diberikan Donny kepadaku. Kalau mau lihat resepnya silakan join ke FB Grup Bagi Boga bu Ilse Harahap di Bagi Boga ya … Untuk adonan pie crustnya aku copy paste dari resep yang ada di Bagi Boga tersebut, karena aku memang tidak membuat pie crustnya.

 

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: