Pemanis Alami Pengganti Gula Untuk Kue

Bagi sebagian besar orang, tentu gula menjadi hal krusial dalam segala jenis masakan. Baik itu masakan setiap hari, kue ataupun berbagai elemen penting lainnya yang membutuhkan gula sebagai pemberi rasa manis. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa dengan bebas mengkonsumsi gula, bisa karena penyakit diabetes sampai dengan diet gula untuk mencegah penyakit jantung maupun obesitas. Untuk itu, bagi para teman-teman yang tidak bisa mengkonsumsi banyak gula khususnya gula tebu, maka 8 ini bisa jadi pilihannya. Kalian tidak perlu khawatir meskipun , rasa manisnya tetap cocok dan pas di lidah. Jadi, simak ulasan berikut ini untuk bisa memilih gula alami apa yang cocok sebagai tebu dalam pembuatan kue.

1. Madu
Pemanis alami pertama kali yang sudah sangat terkenal sejak dulu adalah Madu. Madu merupakan cairan alami yang dihasilkan oleh lebah dan berasal dari nektar tanaman. Dalam satu sendok makan madu mengandung 64 kalori 17 gram gula termasuk sukrosa, fruktosa, maltosa dan dan glukosa. Selain itu madu juga tidak mengandung lemak, jadi aman dikonsumsi meskipun kita diet. Menggunakan Madu sebagai dalam pembuatan kue akan menghasil kue lebih lembut, padat sekaligus mempercepat warna kecoklatan pada kue.

2. Gula Aren
Gula Aren atau sering disebut dengan gula merah merupakan pemanis alami pengganti gula yang terbuat dari air nira yang disadap dari pohon aren. Gula Aren mengandung sukrosa dan fruktosa yang tinggi sehingga memberikan cita rasa manis alami dan aroma yang khas. Selain itu gula aren juga memiliki indeks glikemik yang rendah diantara gula lainnya serta mengandung potasium yang juga berfungsi menguatkan tulang. Menggunakan Gula Aren dalam adonan kue, perlu dicairkan dan disaring terlebih dahulu sebelum dicampurkan pada adonan kue kering.

3. Kurma
Kurma menjadi salah satu takjil ramadhan yang sudah terkenal bagi umat muslim di seluruh dunia. Kurma juga bisa berfungsi sebagai pengganti gula yang biasa kita konsumsi? Kurma dalam bentuk utuh ataupun sudah diambil sarinya mengandung potasium, antioksidan serta indeks glikemik yang rendah. Uniknya lagi, tingkat kemanisan Kurma lebih manis daripada gula palem. Untuk penggunaannya sendiri bisa kita gunakan untuk campuran pembuatan brownies, sampai dengan kue kering juga bisa. Cara menggunakan kurma sebagai pemanis alami untuk pembuatan kue bisa dengan memblender kurma sehingga didapat puree-nya atau menggunakan sari buah kurma tanpa gula yang sudah banyak dijual dalam kemasan botol.

4. Maple Syrup

Sirup Maple | Image by piviso from Pixabay

Seperti namanya, Maple Syrup adalah pengganti gula yang berasal dari ekstrak getah pohon maple. Selain digunakan sebagai pengganti gula, Maple Syrup juga mengandung sukrosa, polisakarida, asam amino, vitamin, mineral, antioksidan sampai senyawa fenolik serta kandungan senyawa lainnya. Dalam satu sendok makan sirup maple murni juga mengandung 52 kalori. Umumnya penggunaan Maple Syrup adalah sebagai tambahan makanan manis dan gurih seperti pancake, salad, yogurt tawar sampai dengan oatmeal, teh, kopi ataupun berbagai adonan kue.

5. Pisang dan tape Yang Dihaluskan
Selain nikmat dikonsumsi secara langsung ataupun digunakan sebagai isian dalam berbagai adonan kue, Pisang yang dihaluskan juga berfungsi sebagai pemanis alami pengganti gula. Pisang memiliki kandungan nutrisi mulai dari vitamin C, serat, vitamin B6 serta berbagai kandungan nutrisi lainnya. Pada fase kulit pisang telah berwarna menandakan bahwa pisang mengandung banyak gula serta antioksidan dan bertekstur lebih lunak. Di fase itulah kita bisa memanfaatkan pisang sebagai pemanis alami dengan cara memblendernya serta ditambahkan sedikit air lalu dicampurkan kedalam oatmeal sampai makanan yang akan dipanggang lainnya. Selain pisang, kita juga bisa menggunakan tape singkong yang dihaluskan untuk pemanis alami.

6. Selai Buah Tanpa Gula
Alternatif pengganti gula lainnya adalah selai. Dengan membuat selai buatan sendiri dari buah beri, apel, anggur, pir serta aneka buah lainnya maka kita bisa mengaplikasikannya dalam berbagai resep masakan. Tentunya selai buah buatan ini tidak perlu ditambahkan gula pasir seperti biasanya kita membuat selai dan juga tidak perlu dikentalkan karena tujuannya memang untuk mendapatkan rasa manis dari buah yang dihaluskan. Untuk kandungan nutrisi pada selai sendiri pastinya sesuai dengan buah yang kita gunakan dan juga lebih alami. Selain itu untuk membuatnya pun juga cukup mudah yaitu dengan memasukan satu cangkir air dan buah favorit kita lalu didihkan dan tunggu sampai mengental. Tarra… selai rumahan untuk pengganti gula bisa digunakan sebagai campuran adonan. Selai tanpa gula ini tidak dimaksudkan untuk selai pengganti roti, karena tidak menggunakan gula sama sekali maka waktu simpannya pun sangat singkat. Jumlah gula yang cukup banyak dalam resep selai buah berfungsi juga sebagai pengawet. Gunakan juga buah yang sudah matang agar rasa manisnya lebih kuat.

7. Buah-Buahan Kering

Aneka buah kering sebagai pemanis alami | photo by freeimages.com


Tidak hanya dalam bentuk selai kita bisa memanfaatkan buah-buahan sebagai pemanis alami, buah-buahan kering pun juga bisa kita manfaatkan sebagai campuran adonan untuk menambahkan rasa manis. Selain kurma, kita bisa menggunakan kismis, sultana, atau aprikot kering untuk pemanis alami. Dalam buah-buahan kering ini juga mengandung serat, antioksidan dan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Sebelum mengaplikasikannya dalam campuran adonan kue kita perlu menghancurkannya terlebih dahulu dengan food processor untuk memudahkan proses pencampuran ke dalam adonan.

Demikian aneka macam pemanis alami yang bisa digunakan sebagai pengganti gula dalam adonan kue. Namun kembali lagi, sesuaikan dengan kue yang akan kita buat, agar bisa kita dapatkan rasa kue yang kita harapkan. 

Ruli Wahyuni

Artikel Lainnya:

2 Comments

  • Kezia 26/07/2020 at 07:1330 Reply

    Halooo mau tanya dong mbaa, itu bisa ga sih kalo mau ganti coklat batang menjadi coklat bubuk? Jd kita pake coklat bubuk saja, yang diperlukan 120 gr coklat batang berarti kalo mau di ganti jd coklat bubuk pake berapa gr ya? Di resep asli nya sudah pakai 20 gr sih kak tp berhubung saya tidak ada coklat batang gitu mau saya ganti dengan coklat bubuk
    Makasih banyak kak ?

    • Ferona 26/07/2020 at 11:1107 Reply

      Halo Kezia, menurut pengalamanku itu tergantung resepnya dan mau buat apa. Coklat batang dan coklat bubuk gak bisa begitu saja menggantikan. Karena mereka akan mempengaruhi tekstur kuenya. Apalagi klo resepnya minta 120 gram coklat batang dan lalu dilelehkan itu, gak bisa diganti dengan 120 gram coklat bubuk karena coklat bubuk kering dan coklat batang dilelehkan akan cair dan mempengaruhi seluruh adonan… tapi klo Kezia mau eksperimen, lakukan saja. Jadi bisa tahu bagaimana hasil akhirnya. Tapi klo kuatir hasil akhirnya gagal dan sayang bahannya, jangan sekali-sekali melakukan penggantian bahan di resep yaa…

Leave a Comment

%d bloggers like this: