Membuat Sosis di Rumah

Kali ini bukan tentang kue, tapi produk olahan daging yaitu sosis …

Sudah lama aku ingin bisa membuat sosis sendiri, karena aku suka sekali sosis tetapi setiap melirik ingredients di kemasannya selalu cemas karena memikirkan ada unsur bahan pengawet di makanan kemasan tersebut.

Sebutlah aku ini lebay dalam hal pengawet makanan. Tapi tanpa tambahan pengawet dan food additives, tubuh kita sehari-hari sudah cukup banyak menelan banyak racun, mulai dari asap knalpot, asap rokok, air yang tak bersih, aneka makanan di luar rumah yang kurang jelas asal-usulnya dll.

Jadi kalau aku punya kesempatan untuk mengurangi pasokan “racun” untuk tubuh itu, aku akan mencoba untuk melakukannya.

Salah satunya dengan berupaya membuat sendiri makanan yang aku gemari. Paling tidak aku tahu persis bahan makanan apa saja yang aku masukkan ke dalam perutku ;)

Kembali ke sosis. Kendala utama membuat sosis adalah mencari casing sosis yang bersertifikat halal. Alhamdulillah, Teh Uceu dari Milis Orange Kitchen berkenan mengorganisir pembelian casing sosis halal, aku pun daftar dan ikutan membeli casing sosis halal tersebut. Aku membeli casing warna putih dan warna merah karena penasaran saja apa bedanya kedua warna casing tersebut.

Kendala berikutnya adalah alat pengisi sosis itu sendiri. Tadinya aku pikir, apa bisa dimasukkan plastik contong dan diinject ke dalam casing dengan spuit? Tapi setelah melihat aneka video pembuatan sosis, aku mengurungkan niatku mencoba hal itu karena aku duga casing sosis sulit melekat di spuit yang umumnya pendek-pendek itu.

Cik Stella yang sukses dengan Rumah Asapnya pun sudah tak lagi menjual alat pengisi sosisnya tersebut. Setelah berkelana kesana kemari mencari alat pengisi sosis, akhirnya aku nemu di pasar Mayestik. Alatnya ini sebenarnya alat penggiling daging dan pembuat pasta/mie. Namun ia juga dilengkapi dengan corong pengisi sosis, yang walau aku lihat corongnya masih kurang panjang tapi dengan harga “cuma” 200ribuan layaklah aku coba. Kalaupun gagal, paling tidak aku punya penggiling daging dan pembuat pasta manual yang murah meriah ;)

Siap untuk mencoba. Sudah niatan mau mencoba resepnya Cik Stella dulu, Bratwurst karena bahan-bahannya sudah ada semua di rumah kecuali kulit pala.

Ingredients:

30 ml susu cair full cream >> (aku pakai susu UHT, mungkin kalau pakai susu segar lebih enak ya?)
1/2 butir telur >> aku pakai satu butir telur yang kecil
25 gram tepung sagu
1/3 sdt lada hitam >> pakailah lada hitam yang utuh lalu digeprok, rasanya lebih nendang. Kalau punya grindernya lebih bagus ;)
1/8 sdt kulit pala >> aku skip
1/3 sdt pala >> palanya aku tambahin jadi 1/2 sdt
1/2 sdm garam
500 gram daging sapi giling

How-To:

Semua bahan dimasukkan ke food processor atau penggiling daging. Giling sampai semua tercampur rata. Lalu siap untuk dimasukkan ke casing sosis. Setelah itu plintir casing sosis sesuai ukuran yang diinginkan lalu diikat di plintiran tersebut. Sosis siap untuk direbus atau langsung dipanggang.

Catatan:
Memasukkan sosis ke dalam casingnya ternyata tidak mudah-mudah amat. Terutama karena pada saat awal percobaan, aku salah membeli daging sapi. Seharusnya yang dipakai adalah daging has tapi yang ada di rumah adalah daging sapi yang banyak urat dan lemaknya. Daging sapi berurat itu sebenarnya untuk bikin bakso tapi aku pakai saja untuk sosis. Dan hasilnya adalah super-ribet di saat memasukkan campuran daging tersebut karena urat-urat yang tak bisa dihaluskan oleh food processor sering membuat macet contong pengisi sosisnya.

Belum lagi karena tekanan yang tidak stabil akibat adonan yang kurang halus juga kerap merobek casing sosis tersebut. Dan memang paling enak itu kalau pakai contong sosis yang panjang, jadi casingnya bisa dimasukkan cukup banyak ke contongnya itu. Kalau terlalu pendek kayak punyaku, casingnya jadi sering lepas dari si contong. Wah ribet-lah pokoke jadinya hehehe…

Setelah diikat, rantai sosis tersebut aku rebus dulu. Dan ada sosis yang meletus-letus! Ternyata oh ternyata jangan merebus sosis itu dengan air mendidih ya sodara-sodara …. jadi didihkan air dulu, lalu matikan kompor dan cemplungkan si sosis ke dalam air panas tersebut. Nah baru aman deh.

Casing sosis ini tidak melekat ke dagingnya karena aku hanya merebus. Supaya melekat, konon kabarnya harus dipanggang dulu di oven. Jadi rantai sosis ini digantung di dalam oven baru deh si casing bisa melekat ke dagingnya. Tapi karena aku gak ngerti gimana caranya menggantung si sosis di dalam ovenku karena gak ada tongkat gantungannya, ya sudahlah direbus saja yaa …

Setelah direbus, seperti gambar yang terlihat di samping, casingnya yang berwarna merah bisa aku kelupas dan isinya dikeluarkan. Nah sosis ini kemudian aku goreng lagi dengan minyak panas, sosisnya dicelup sebentar saja supaya tidak keras.

Tapi segala keribetan itu terbayarkan dengan kepuasan bisa membuat sosis sendiri dan rasanya enaaak … makasih cik Stella yaa …

Artikel ini sudah dibaca 17564 kali. Semoga bermanfaat :D

  • Ananda Findez

    mba, apa itu gilingnya pake konstar wonder mincer?
    aku pengen beli itu tapi karena plastik takut ga kuat.
    kalo emang konstar, menurut mba rekomended ga dibanding yg aluminium biasa?

  • ary

    Mba Vero, Untuk alat penggiling daging yang mba punya itu, Bisa giling semua bumbu ga ya? Karena aku lagi cari” penggiling daging yang kira” bisa menggiling daging dan bumbunya sekaligus gitu.

    • http://www.cakefever.com/about Ferona

      Penggilingnya itu berbentuk ulir, Ry … Kalau cuma sekedar menggiling daging dan bumbu pastinya bisa, tapi kalau mau bumbunya menyebar merata di dagingnya, rasanya gak bisa si bumbu dicampur di gilingan ini karena takutnya gak rata menyebar si bumbunya. Aku mencampur bumbu dan daging di blender supaya rata, Ry …

  • marcelia

    Thank ya tipnya.sebelumnya Aku pernah baca abis direbus trus direndem air dingin. Alhasil pd keriput wkwkwk coba lg ahh.

  • http://dapuraliyyaannahla.blogspot.com tania erniaty

    Mbak aku udah jungkir balik nyoba bikin sosis.. permasalahan yg sama kayak yg mbak alami. Nah.. pertanyaanku.. kalo pake resep ini sosisnya kenyal ngga? Karna aku juga rada menghindari kimia2an. Trus kalo kita beli sosis jadi gitu kan ada aroma khas sosis yaa.. nah itu bumbu apa ya mbak? Mohon pencerahan. Makasi banyak.

    • http://www.cakefever.com/about Ferona

      Di resep ini memang gak ada aroma-aroma khusus selain aroma daging dan bumbu-nya itu. Aku pernah beli semacam saus untuk memberikan aroma daging asap ke sosisnya, Tapi malah belum pernah aku pakai sampai sekarang Ni :D Belum bikin sosis lagi soalnya hehehe …

  • mariamarie

    hai mba..nice share deh..aq suka banget mantengin cake fever semua ilmu yg aq ga punya aq dapet…^_^ aq juga udah pernah bikin sosis pake resep cik stela…memang beda banget sama sosis yang biasa kita beli yah…enyakkkk….aq juga ngalamin apa yg mba alamin, dari mulai susah masukin adonan ke casing secara manual (aq pake plastik segi tiga yang buat bikin kue itu di gunting ujungnya ), sampe casing sosisnya meletus…karena terlalu padet dan kepanasan airnya aq rebus…hihihi….tapi semuanya terbayarkan apalagi wangi palanya itu…harumm banget….memang agak susah cari kulit pala itu, aq juga ngubek2 supermarket ga sengaja ketemu di salah satu supermarket C***F**R , langsung deh di bawa pulang…hihihi..

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Oowwh di karfur ada yaaa? Thx infonya ya …

    • bundalola

      kalo casing nya di ganti plastik es lilin bisa ?

      • http://www.cakefever.com/about Ferona

        Bisa … asal yakin aja mau ngerebus plastik es lilinnya :D aku sudah pernah coba, dan akhirnya sosis yang direbus dalam plastik es itu gak aku makan sama sekali karena tiba-tiba jadi gak yakin gitu dengan keamanannya …

  • http://www.facebook.com/cakefevercom Cakefever.com via Facebook

    di tulisanku itu aku ceritain aku beli casingnya dimana :) Aku beli patungan dengan teman2 di milis Orange Kitchen, titip ke teh Uceu …

  • http://www.facebook.com/seuratnana Ratna Suminar via Facebook

    iya info beli chasingnya dong buat di Bdg ?

  • http://www.facebook.com/suminar.fadjriyani Suminar Fadjriyani via Facebook

    chasing sosisnya beli dimana mbak? ijin share ya mbak.

  • http://www.facebook.com/cakefevercom Cakefever.com via Facebook

    Aku sudah coba, dan buatku not recommended karena nantinya si sosis kan direbus dulu, so plastiknya jadi ikut direbus deh..

  • http://www.facebook.com/reni.rohayati Reni Rohayati via Facebook

    klo pake plastik panjang gmn mbak?

  • http://www.facebook.com/yuninanda Yuni Nanda via Facebook

    cemilan anak2 heeeem suka bgt