fresh bread

Konversi Suhu

Bagi yang suka mencoba resep dari luar negeri Indonesia yang tidak menggunakan derajat Celcius sebagai ukuran suhu yaitu Fahrenheit (F), harus mengetahui konversi suhu dalam Fahrenheit kedalam Celcius.

Berikut adalah konversi suhu yang biasanya dicantumkan di resep-resep terutama resep dari negeri yang tidak menggunakan Derajat Celcius sebagai satuan ukur suhu 😀

Gas C F Keterangan
1 140 275 kurang panas
2 150 300 panas sedang
3 170 325 panas sedang
4 180 350 cukup panas
5 190 375 panas
6 200 400 sangat panas

Kalau masih ingat, dulu waktu SMP … emmmhh apa SMA ya, ada rumusnya untuk menghitung konversi dari Celscius ke Fahrenheit dan sebaliknya.

Nah, ini dia rumusnya …

(Suhu dalam Celcius) x 1.8 + 32 = Suhu Fahrenheit
(Suhu dalam Fahrenheit) – 32 : 1.8 = Suhu Celcius

Kalau buat baking saja, pakai patokan tabel di atas saja lah ya … suhu panggang cuma gitu-gitu aja kok ^_^

Artikel Lainnya:

14 Comments

  • cakefever 10/01/2016 at 21:4300 Reply

    Pakai termometer oven lebih baik. Tapi kalau sulit mendapatkannya, menduga panas kira-kira begini: suhu 160C itu api kecil. Suhu 180 C itu api besar medium. Suhu 200C keatas itu api besar.

  • Winda Maharani 14/06/2013 at 13:0037 Reply

    Dear Mba Ferona,

    Aku lagi mau coba buat Roti Bluder Ekonomis, disitu ada keterangan Terigu berprotein tinggi dan sedang…

    Kira-kira… kaloa beli tepung2 keluaran bogasari pilih yg mana ya?

    Terima Kasih

    • Ferona 14/06/2013 at 16:4343 Reply

      yang tepung Cakra, Win … di kemasannya tertulis jenis tepung ini untuk pembuatan roti. Coba dilihat di kemasannya yaah …

  • Lia Mudah Baliah 19/05/2013 at 10:3536 Reply

    salam kenal mbak, mau tanya nich . . kalau panggang macaroni schotel, setelah dikukus selama 15 mnt, berapa panasnya dan berapa lamanya kalau kita bakar di oven listrik dalam wadah aluminium foil?

  • giovani 17/01/2013 at 17:4817 Reply

    Tanya dong,saya vani.keju dan coklat buat isian yang bisa meleleh(gak mengeras)kalau dipanggang/digoreng?

    • Ferona 07/04/2013 at 08:4950 Reply

      ada keju kraft filling khusus untuk isian.. untuk coklat juga ada coklat filing … coba lihat di toko bahan kue …

  • alviona dennita 17/12/2012 at 20:2107 Reply

    mba aku mau tanya kalo oven nya cuma apa pengatutan api atas api bawah n api ats bawah ngatur suhu nya gimana yaa?

    • Ferona 25/12/2012 at 10:2601 Reply

      mmmmm aku rada bingung baca komentarmu vi .. maksute nanya apa nih yah?

      Oven biasanya ada yang cuma punya api bawah, ada yang punya api atas dan bawah. Ada yang bisa diatur terpisah api atas atau api bawahnya saja. Tapi ada juga yang api atas dan api bawah nyala bersamaan. Naah, Alvi nanyanya yang mana niiy?

      • asri 20/05/2015 at 20:2200 Reply

        Aku juga punya oven yang gak ada pengaturan suhunya tp adanya pengaturan apinya saja. Lalu bagaimana cara mengatur suhunya??

  • Winarti 21/09/2012 at 19:5414 Reply

    Mbak aku mau tanya dong dimana beli oven termometer yang bisa di masukkan ke dalam oven.. dan gimana cara pakainya…saya tinggal di jakarta…

    Kalau di jakarta di mana jualnya ya

    • Ferona 09/11/2012 at 08:0155 Reply

      Di Acehardware ada… Cara pakainya dimasukkan saja ke dalam ovennya lalu kita amati suhunya dari balik kaca oven …

  • putri 23/08/2012 at 13:3225 Reply

    wahhh.. tengkyu bwt info yg ini.. kemaren bikin pas ngoven ngikutin resep. yg ada kuenya bantat… hahaha.. terus yg ke2 , ovennya di kurangi panasnya,, malah lebih bagus!1

    • cakefever 23/08/2012 at 15:4735 Reply

      sippp ! senang bisa membantu 😉

Leave a Comment