Resep Sagu Keju yang Legit dan Meleleh Di Mulut

Sagu keju ala NCC ini uenak tenan! Rasanya legit dan meleleh di dalam mulut bercampur krenyes-krenyes keju yang dipanggang sebentar.

Kunci sukses membuat kue kering ini adalah pangganglah dengan api kecil, supaya kuenya tidak gosong di bagian bawah, padahal belum matang sempurna.

Kalau sudah disimpan berhari-hari di toples dan agak melempem, panggang lagi 5-10 menitan di api kecil supaya si sagu keju ini jadi renyah kembali.

Supaya cantik, adonan sagu keju biasanya dispuit pakai plastik contong atau cetakan kue semprit. Tapi bisa saja kalau mau membuat bentuk lain. Ketika dispuit, kemungkinan adonannya rada seret, terutama kalau ada keju yang menggumpal.

Resep Kue Sagu Keju NCC

Bahan-bahan Sagu Keju

300 gram tepung sagu (aku pakai merek sagu tani)
2 lembar daun pandan

100 gram margarine
50 gram mentega (butter)
150 gram gula halus (aku pakai gula biasa yang diblender halus)
1 butir kuning telur
50 ml santan kental siap pakai
100 gram keju edam, parut (Aku pakai keju cheddar yang dipanggang sebentar supaya crispy)

Baca Juga:  Tips Sukses Membuat Pennylane Cookies Yang Chewy

Cara Membuat Sagu Keju:

  • Sangrai tepung sagu dan daun pandan dengan api kecil hingga daun pandan kering. Angkat, dinginkan.
  • Kocok margarine dan mentega dengan mikser hingga putih dan lembut masukkan gula, kocok rata.
  • Tambahkan kuning telur, kocok rata.
  • Campur tepung sagu dan keju parut, tuang bertahap ke dalam adonan mentega, aduk rata.
  • Tambahkan santan, aduk lagi hingga rata.
  • Masukkan adonan ke dalam plastik conthong (segitiga), kasih spuit bintang atau spuit apapun sesuai kreasi, semprotkan ke dalam loyang tipis yang sudah dioles mentega dan ditabur tepung. Tapi saranku sebaiknya untuk kue kering jangan dioles mentega karena nanti kuenya menyerap mentega yang dioles. Sebaiknya gunakan baking paper (parchment paper) atau silpat yang bisa dipakai berulang kali. Kalau kertas roti saja, kadang-kadang ada kue yang lengket di kertasnya, kalau pakai baking paper itu tidak lengket.
  • Oven selama 40 menit dengan api kecil saja supaya tidak gosong. Tergantung suhu dan karakter oven masing-masing ya. Di percobaan terakhirku aku cuma panggang 20 menit dengan suhu 160 C dan ternyata tetap kecoklatan(suhu ovenku loh)
Baca Juga:  Resep Cookies Marshmallow Brownies yang Bikin Nagih

Tips Sagu Keju Renyah dan Tidak Meleber

1. Untuk ukuran tepung terigunya apakah harus ditimbang dulu baru disangrai atau disangrai dulu baru ditimbang?
Kalau yang aku lakukan adalah menyangrainya dulu lalu baru aku timbang sesuai dengan ukuran pada resep. Kalau ditimbang dulu baru disangrai, tepung terigunya akan berkurang banyak.

2. Bagaimana caranya agar kue sagu keju tidak melebar?
Tips agar si sagu keju tidak meleber atau melebar, aku mendinginkan butternya terlebih dahulu. Margarinnya tetap suhu ruang. Jadi saat dimixer, suhu dingin dari si butter menjaga agar kocokan margarin-butter ini tidak cepat keluar minyak yang menjadi penyebab melebernya sagu keju.

Sagu keju yang renyah
Sagu Keju yang kecoklatan karena suhu oven terlalu panas

3. Bagaimana agar hasil panggang Sagu Keju bisa putih bersih?
Hasil panggang sagu keju di foto atas terlihat agak coklat dan tidak putih. Itu karena suhu ovenku susah diajak kerja sama hehehe. Jadi kenali oven masing-masing yah. Kalau terlalu panas, walaupun bagian bawahnya tidak gosong, kue sagunya tetap bisa kecoklatan.

Suhu ovenku masih terlalu tinggi untuk waktu panggang yang disyaratkan. Tapi karena aku pakai loyang cookies insulated non stick (beli di Lotte Grosir) jadi bagian bawah cookies terselamatkan dari gosong walaupun atasnya sudah menjadi rada coklat.

Baca Juga:  Resep Coconut Cookies Gluten Free Buat Kamu yang Diet Gluten
Loyang sagu keju
Adonan Sagu Keju di atas loyang insulated

Loyang insulated itu bagian dasarnya tebal karena ada tambahan alasnya lagi. Waah I love this cookies sheet dweeeh… bikin cookies yang suka rewel dengan suhu panggang tetap aman terkendali karena alas cookies sheetnya yang lumayan tebal.

Kalau susah cari loyang insulated dan mengalami problem pengendalian suhu rendah di ovennya seperti ovenku, di-double aja alas loyangnya supaya tebal dan bagian bawah cookies tidak cepat gosong yaa … 😉

By Ferona

A Blogger, Lazy Gardener and Baking-Blues Baker ^_^

65 Comments

  • Hai… aku udah coba resepnya dan hasilnya enak bangettt banget banget.. makasih ya mbak..
    tapi aku mau tanya, kmrn aku timbang tepung sagunya 315gr karna kupikir setelah disangrai nanti bisa berkurang karna terbang2 atau ketinggalan dipenggorengan.. ternyata setelah kutimbang lagi hasilnya jadi cuma 270gr..
    Aku jd penasaran, sebaiknya aku pakai sagunya 300gr setelah disangrai atau sebelum di sangrai..
    Kalo mbak biasanya gimana?

  • Hihihi, jadi ketawa baca pantang goyang-nya Emita 😀 … tetap cemunguudddhh, eaaa 😀

  • Haaii Sonia, aku belum pernah bikin Sagu keju pakai tepung tapioka, jadi belum tau persis juga bedanya gimana. Sonia akhirnya jadi tetap bikin Sagu keju pakai tapioka? pls share yaah…

  • Haai… maap ketelingsut komentarmu.. baru terbaca sekarang 😀

    Aku baca di blogmu, itulah baking ya, kalau lupa memasukkan suatu bahan di tengah proses, ya udah deh pasrah aja 😀 Mudah2an nanti kalau coba lagi, bahannya lengkap sehingga bisa menghasilkan sagu keju yang mantappp!

  • 130 C sih suhunya sangat rendah ya … harusnya sih gak bikin cepat gosong. Kalau olisku malah suhu yang distel dan suhu kenyataannya lebih rendah dari suhu yang distel, aku ceknya pakai termometer oven yang portable.

    Apalagi Sri juga taro loyangnya di rak paling bawah ya? eh ketiga dari bawah itu apa maksudnya jadi rak yang paling atas? Kalau iya rak paling atas, berarti dia terlalu dekat dengan atap oven yang bisa jadi menggosongkan bagian atas kue keringmu …

  • Ud mba spr yg diminta pake 130C, aku letakkan di rak ketiga dr bwh, apa olisku yg kepanasan y

  • Sudah setel suhunya seperti yang diminta? Kue gosong tapi dalamnya kurang matang itu biasanya karena suhu ketinggian, jadi permukaan kue mengering dan menggosong dengan cepat padahal dalamnya masih belum matang. Kue kering umumnya pakai suhu 160-170C. Aku waktu masih pake olis, manggang kue kering pakai api bawah saja, kalau perlu api atas biasanya hanya untuk menyoklatkan dan hanya dipanggang paling lama 5 menitan …

  • Mbak salam kenal y, aku be beli oven listrik merk sharp, wkt manggang kue kering qo suka gosong n dlmnya g matang, pdhl diresep disuruh pake api bwh,mlh g matang atasnya,apa aku yg slh atau katro krn br pake oven listrik,tlg sarannya…….

  • terimakasih ya atas pencerahan resep sagunya mbak, baru mau perdana bikin kue sagu keju nih.. hehehe cuman saya bingung soal tepung sagunya.. karna banyak yang mention pake “sagu tani”, pas saya di supermarket langsung aja main ambil yang cap p*k tani gunung.. memang sih ada tulisan “sagu” nya, tapi setelah beli dan selidik dirumah ternyata (sepertinya) itu tepung tapioka.. -_-a

    bakal beda nggak ya kalo tepung sagunya di ganti tepung tapioka? agak sayang sih kalo nggak kepakai udah terlanjur beli, hehe
    mohon pencerahannya lagi ya mbak :))

  • Hai mbak Fero, salam kenal…,
    Seminggu ini saya pantengin webnya mbak Fero, dan Alhamdulillah saya dapat banyak ilmu euy…., saya ini newbie…

    Tahun lalu juga saya pernah nyoba buat sagu keju ini, memang benar adonan yang meleber itu sulit sekali ditaklukan…, saya sampai merasa putus asa…,, karena sagu keju ini adalah kue kering favorit saya…, maka taun ini saya coba lagi…, dan BERHASIL…, yang penting pantang goyang aja…, eehhh pantang goyah deh…

    Makasih ilmunya mbak Fero…

  • udah baca artikelku di atas, na? Kalau sudah, nana pasti sudah paham kenapa bagian bawah sagu keju bisa hangus duluan. Karena di foto atas pun terlihat sagu kejuku bagian bawahnya kecoklatan karena suhu ovenku susah dikendalikan 🙂

    Jangan ditumpuk sebaiknya Na… sebaiknya tetap satu loyang taro di tengah. Lapis loyangnya saja supaya bagian bawah loyang tidak cepat panas dan menghanguskan si sagu keju. Bisa juga dengan membuka sedikit pintu oven supaya suhu oven tidak terlalu panas. Sagu keju ini memang gampang hangus kalau kepanasan …

    Untuk suhu dan waktu panggang yang pas, semuanya tergantung oven masing-masing … jadi nana kenali oven nana ya …

  • hi mba aku mau tanya neh , hari ini aku bikin kue sagu nya ..tapi knpa yah sagu nya bagian bawah sudah hangus duluan , kalu pake oven listrik bisa gak yah kalau pake 2 loyang ? soalnya aku bkin yg pertama pake 2 loyang , aku taroh di bagian bawah dah tengah , yang loyang bawah sudah hangus duluan bagian bawah kue, sedangkan yang di tengah tidak terlalu matang . suhu yang pas dan walktu yg pas brpa lama yah ?? makasih yah atas jawaban nya..

  • yang terlalu lama dipanggang sagu kejunya atau kejunya aja Lin?

    kalau soal bentuk, tergantung dengan spuit yang kamu gunakan yah… kan spuit beda-beda tuh nomornya 😀

  • Selamat lebaran juga ya Yu … 🙂
    Ayu nambahin santan apakah masih dalam takaran di resep atau itu berarti ayu lebihkan santannya kah?

    Kalau lebih berarti adonannya memang jadi lebih encer dari yang seharusnya. Aku barusan pasang foto baru sagu kejuku yang sebenarnya tidak terlalu putih. Itu memang adonannya gak terlalu licin dan rada keras untuk dispuit. Tapi tetap bisa dispuit kok …

  • Mbk hari ini aq praktekin resep sagu keju ini (share info kmr aq beli otang di jembatan5 ukr no.3, 275) tp aq gagal membuat bentuk sperti yg dicontoh mbk, krn kejuku terlalu lama dipanggang jd keras hiii n kok hslnya ngk seputih yg digambarnya mbk, gimn n apa yg salh ya mbk, mhn infonya, mks n mau kirim foto hsl kueku kegroup ini gimn ya mbk hehehe biar dapat comment utk memperbaiki

  • Maaf mbak br bales…
    Apa pengaruh santannya ya mbak..yg prtama aku ukur pake gelas ukur,trs yang kdua ketiga kl wktu nyetaknya susah aku tmbahin santan dikit2 🙁

    Mumpung msh lebaran,minal aidzin wal faidzin…mohon maaf lahir batin 😀

  • apa bedanya percobaan pertamamu yang berhasil dengan percobaan kedua dan ketiga yang meleber selain lama pengocokan? Adakah yang berbeda? Coba diinget-inget dulu, sebab Ayu kan udah pernah berhasil bikin tuh …

    Karena meleber itu pada dasarnya penyebab utamanya memang di kocokan mentega yang kelamaan …

  • Mbak mau nanya…aku uda 3 kali bkn resep ni,yang pertama berhasil nah yang kedua n ketiga meleber wktu di panggang 🙁
    Smpet baca di web ncc,katanya ngocok menteganya g boleh lama2…buat yang adonan kedua emang sih ngocoknya kelamaan,trs adonan yg ketiga ni ngocoknya bntr bgt,cm 5 mnit tp ttp meleber lg 🙁
    Uda mo putus asa ni mbak…gmn ya biar ga meleber??makasih mbak…..

  • dugaaan kuat adalah di kocokan butternya terlalu lama .. coba baca deh komentar temen-temen lainnya yang juga mengalami pengalaman yang sama yaitu kuenya meleber … 🙂

  • keju cheddar klo diparut dan dipanggang, gak meleleh Wi …Klo di resep ini yang diminta kan kejunya diparut dulu baru dicampur ke adonan. Nanti juga akan kres kres sendiri ….

  • memang rada susaah nyepuit si sagu keju ini yaa.. apalagi klo masih ada keju2 yang nyangkut gitu …

    lama waktu kocok tergantung mixernya siy. Jangan terlalu lama dan gak usah terlalu putih. Yang penting si mentega sudah terkocok mengembang dan lembut. Di resep aslinya memang tertulis seperti itu, cuma kadang klo kita mencoba mengocok sampai putih, seringnya jadi meleber. Jadi saranku kalau mau coba lagi, dikocok saja sampai mengembang. Aku juga di awal-awal bikin masih sering bikin sagu kejuku jadi mengembang raksasa karena terlalu serius mengocok menteganya hehehe …

  • bismillah ,mudah2an saya bisa membuat nya
    trims atas resep nya mba,soalnya ini tahun pertama saya membuat kue kering ,biasanya beli terus hahaha..ilmu itu sangat mahal tapi anda iklas membagikan ny kepada semua orang,semoga tambah bnyak yah rejeki nya hihihi 🙂

  • salam kenal mba… masih pemula niy,,jd nanya nanya boleh ya.. biar sagu kejunya kress kress, kejunya dipanggang di oven?diparut dulu apa masih bentuk blok, sampe sebatas apa manggangnya,
    ntar leleh ga? makasihh

  • btw kalo rasa sih T.O.P uenak banget, suamiku aja sampe suka. tq resepnya ya mbaa..

  • mbaa, aku newcomer niii di dunia per-cookies-an. cobain bikin sagu keju dua hari lalu sama hari ini, yang pertama susaaah banget ngspuitnya sampe jebol plastiknya hehe, trs yang kedua aku coba pake cookie cutter, tapi ko ya tetep meleber. setelah aku baca2 lagi ada kemungkinan kocok menteganya kelamaan. kalo kocok sampe putih tuh biasanya brp lama ya? trs speednya mungkin emang kudu yang paling rendah ya? hehehe..minta comment nya ya mbaaa:)

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya

Discover more from Cakefever.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading