Cara Merawat Mixer (KitchenAid) Agar Awet dan Tahan Lama

Aku membeli KitchenAid langsung dari US via Amazon pada tahun 2012. Ceritanya bisa baca di artikelku: Pengalaman Beli Mixer KitchenAid dari Amazon USA. Dan alhamdulillah sampai sekarang tersebut masih awet. Banyak yang bertanya bagaimana cara merawat agar awet dan tahan lama? Apalagi itu dibeli langsung dari US, dan saat ada yang bertanya soal garansi kitchen Aid, aku mah gak bisa jawab karena belum pernah berurusan dengan garansi KitchenAid.

Yah tapi memang mixer itu harus dijaga pemakaiannya dan dirawat agar benar-benar tahan lama. Sebab yang namanya peralatan elektronik dan ada mekaniknya pula pastilah ada umur pakainya ya, sodara-sodara. KitchenAid menyatakan mixer mereka memiliki masa pakai selama 15 tahun, mudah-mudahan dengan perawatan yang prima, paling tidak bisa bertahan 30 tahun dan syukur-syukur bisa diwariskan ke anak cucu hehehe.

Berikut ini adalah pedoman umum pemakaian mixer agar tidak cepat rusak.

Tips Perawatan Standing Mixer KitchenAid

Cara Menggunakan Mixer agar awet

1. Kalau beli mixer dari luar negeri seperti mixerku, maka pastikan tegangan listrik alat sudah sesuai dengan tegangan listrik rumah kita. Kalau tidak sama, bisa gunakan stabilizer atau pengatur tegangan. Bisa baca ceritaku di artikelku : Cara Atasi Perbedaan Voltage Pada Mixer KitchenAidCara Atasi Perbedaan Voltage Pada Mixer KitchenAid.

2. Gunakan mixer sesuai kapasitasnya, perhatikan petunjuknya di buku manual. Terutama bila hendak mengaduk adonan berat. Misalnya kapasitas mixer cuma untuk adonan 1 kg, kalau dipaksain 2 kg, akan mempercepat kerusakan motornya.

3. Dan jangan lupa gunakan pengaduk yang sesuai. Mixer Kitchen Aidku memberikan adukan flat beater dan wire whip. Flat beater digunakan untuk mengocok mentega dan wire whip untuk mengocok . Untuk adonan roti ada lagi adukannya C Dough Beater, bentuknya seperti huruf C. Dengan menggunakan jenis adukan yang sesuai, kerja motor mixer akan optimal dan hasil kocokannya akan sesuai harapan.

4. Jangan terlalu lama mengocok adonan. Kalau bahan-bahan yang digunakan sesuai kapasitas mesin mixer, itu paling lama mengocok adonan antara 10-15 menit. Mesin yang terlalu lama dinyalakan akan panas dan bisa merusak motornya. Jadi kalau adonan tidak mengembang dalam 15 menit dikocok, matikan mesinnya dan lebih baik ulang lagi semuanya. Karena pasti ada yang salah dalam persiapan bahan, entah ada yang kurang, atau mungkin bowlnya ada tertinggal lapisan lemak.

Baca Juga:  Flour Sifter atau Pengayak Tepung Kunci Sukses Membuat Kue

Cara Membersihkan Mixer

1. Setelah digunakan, pastikan mencuci beater atau adukan mixer dengan sabun cuci piring. Pastikan sela-sela wire whip atau batang attachmentnya juga dibersihkan tanpa ada tersisa adonan sedikit pun. Lalu segera keringkan. Ohya beater yang aku miliki yang versi coating warna putih jadi lebih mudah perawatannya karena tidak akan teroksidasi menjadi hitam.

Bersihkan lubang tempat beater dipasang | foto by Cakefever.com

2. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian lubang tempat adukan dipasang karena biasanya ada saja cipratan adonan yang nempel di situ. Matikan dulu mixernya dan lepaskan dari stop kontak sebelum membersihkan lubang tersebut. Bersihkan dengan lap lembab dan segera keringkan.

3. Untuk body atau badan mixer bisa dilap saja dengan kain lembab yang bersih dan lalu segera dikeringkan.

Semoga mixer kita awet puluhan tahun yaaa… Aaammiinn.

Artikel Lainnya:

No Comments

Leave a Comment