Resep Bika Ambon

Aku suka banget kue Bika Ambon, rasanya yang legit dan tidak terlalu manis membuat sepotong Bika Ambon tak pernah terasa cukup … 🙂 Bika ambon yang sedap itu adalah yang lembut, terasa aroma jeruk dan pandannya samar, hmmmmm yummy!

Membuat sebenarnya tidak susah dan tidak rumit. Yang bikin spaneng itu adalah membuat sarangnya si ini. Ternyata tidak semudah membaca resepnya hehehe …

Ini adalah resep Bika Ambon dari mbak Fatmah NCC. Aku sudah mencoba membuat Bika Ambon dari resep ini. Tambahan dariku adalah saat membuat santan hangat masukkan daun pandan dan daun jeruk untuk menimbulkan aroma pandan dan jeruk yang samar-samar sedap.

Dari hasil percobaanku, sarang dari Bika Ambon ini sudah bisa terbentuk, tapi masih belum sempurna. Malah ada beberapa kue yang sarangnya tidak terbentuk sama sekali … bantet gituw loh! Tapi tetap semangat, pantang menyerah! Nanti coba lagi yaa, kalo udah punya yang ada bolong-bolongnya di atas, hehehe.

Bahan-bahan Bika Ambon:


Bahan A:
100 gram protein sedang
200 ml air kelapa segar
11 gram ragi instant

Bahan B:
16 butir kuning
400 gram gula pasir
300 gram tepung sagu tani
600 ml santan kental matang (daun pandan + daun jeruk)
1 sdt garam
1 sdt vanilli

Cara Membuat Bika Ambon:

  • Aduk bahan A sampai rata, diamkan selama 15 menit.
  • Aduk rata : , gula, garam dan vanilli, lalu masukkan bahan A, dan tepung sagu, aduk rata sambil tuangi santan sedikit demi sedikit sampai santan habis. Saring.
  • Istirahatkan selama 2 jam.
  • Tuang adonan kedalam cetakan oval yang telah dipoles minyak tipis-tipis.
  • Panggang dalam panas yang pintunya setengah dibuka, sampai matang.

Catatan newbie in the kitchen:

  • Buat biangnya terlebih dulu, yaitu Bahan A
  • Untuk membuat santannya gunakan dua buah kelapa tua. Ambil santan kentalnya saja. Masak dengan api kecil hingga agak berminyak, masukan daun pandan, daun jeruk dan serai lalu disaring, supaya kuenya wangi
  • Katanya tepung sagu yang paling bagus untuk bikin bika ambon namanya tepung sagu ubi (packingnya kertas putih tebel tulisannya “Sagu Obi”).
  • Tiap menambahkan santan ke dalam adonan, aduk pelan-pelan. Aduk lagi setelah bahan A masuk.
  • Jangan lupa panaskan dulu loyang bika ambonnya ya, kalo lupa ntar sarangnya gak bisa terbentuk. Tandanya loyang sudah panas, waktu adonan dituang ke dalam loyang terdengar suara mendesis.
  • Adonan bika ambon ini dipanggang dengan suhu yang rendah, makanya disarankan agar mengganjal pintu oven supaya terbuka sedikit atau bisa juga menggunakan loyang yang atasnya bolong-bolong. Kalo ovennya terlalu panas, jadinya bika ambon bantet … hehehe
  • Kalau mau bagian atas kue berwarna kecoklatan, gunakan api atas sebentar saja ketika kue bikanya sudah matang ya.

Last Updated on

Artikel Lainnya:

54 Comments

  • rumah 25/11/2013 at 07:3700 Reply

    makasih banyak tipsnya membantu banget, bika ambon memang mantap

  • Dwi Poetra Soesilo 08/07/2013 at 17:1714 Reply

    misi mba mw tanya ,kemaren aku bikin bika ambon dan bersarang, cuma kok terlalu empuk ya apa sagunya terlalu bagus ?? ada tipsnya biar agax sedikit padat .. & jga dlu pernah dikasih bika ambon dari temen dri medan (merk gx tw) kok aromanya gurih bgt ya beda pas aku bikin , cenderung aromanya ke ragi instannya (kaya peuyeum/tape) pdhl pke cuma 1 bgks/ (11 gr)

    mohon penjelasannya…
    TQ,,,

    • cakefever 01/05/2014 at 22:4000 Reply

      aroma gurih bika ambon dari campuran bahan2nya itu … santan segar, ada bau pandan, serai sedikit dan aroma jeruk … nah kombinasi itu semua jadi bikin mantap aroma si bika … 🙂

  • susi 24/06/2013 at 23:4936 Reply

    mbak sy mau ty itu daun pandannya brp banyak ya? daun jeruk brp byk? dan serai jg brp byk?
    trus kl manasin loyagnya di dalam oven listrik brp lama? dan pakai suhu brp?
    untuk manggangnya brp lama dan pakai suhu brp?
    maap byk ty mbak
    tks byk

    • cakefever 01/05/2014 at 22:3800 Reply

      daun-daunan itu berapa banyak ya… aku gak ngitung sih… kira2 2-3 lembar gitu. Manasin loyangnya ya sampai loyangnya panas saja.

      Nah untuk manggang bikanya, dijagain saja dulu. Karena gak bisa jadi patokan berapa menit di ovenku akan sama di ovenmu juga. Pokoke gak boleh terlalu panas, kalau panas, bika ambon akan jadi bantat dan gagal bersarang …

  • vicda 11/06/2013 at 08:1110 Reply

    Mbk Fe….kalau suhu rendah ditaruhnya dtengah atau dbagian bawah loyang?tx yaaaa

    • Ferona 11/06/2013 at 16:5559 Reply

      untuk bika taruh di rak paling bawah gpp, supaya ada sirkulasi udara di permukaan loyang. Kalau dia terlalu dekat dengan atap oven, kuatirnya jadi bantat …

  • rita 22/01/2013 at 19:0236 Reply

    assalammu’alaikum, mba’ mau nanya kalo bikin bika ambon tidak pake air kelapa bisa gak? soale ditempat saya tinggal sulit dapetin air kelapa, ada juga air kelapa kaleng untuk minuman apa itu bisa dipake? terima kasih atas jawabannya…

  • dewi fahmi 03/01/2013 at 22:5830 Reply

    mb adonannya perlu dikeplok ngga?soalnya q pernah baca majalah bikinnya dikeplok dgn tgn biar sagunya ngga turun..

  • khairati 21/10/2012 at 08:4433 Reply

    Salam..saya dari Malaysia..ingin belajar cara bikin bika ambon.. pernah beli di Jakarta setahun yang lalu…sedap bangat..tapi baunya wangi macam rasa daun tomyam (gak tau di Indon bilangnya apa)..di mana bisa belajar bika ambon ya.. saya mau lagi ke Jakarta dlam bulan November ini

  • novi 13/10/2012 at 15:1036 Reply

    izin copas ya sist, pernah coba bikin tapi belum pas hasilnya alias gak semua ngembang.

    mau coba pakai resep ini.

  • fenny 31/08/2012 at 21:5958 Reply

    Aku pernah coba pake happy call..jadi loh..setelah beberapa kali eksperimen..aku menemukan cara yg pas..bika ambonnya jdnya bagus bgt..ngembang sempurna dengan penuh sarang..cara panggangnya..teflon diisi pasir..trus atasnya di taroh loyang kue ukuran 20×20..panaskan sampe bener2 panas..kira2 20 menitan..apinya kecil yah..setelah bener2 panas tuang adonana bika ambonnya..panggang diatas kompor sampe ngembang..setelah ngembang..buat mematangkan bagian atasnya..masukan ke oven ..panggang dengan api atas sebentar saja..

  • ukeu 02/08/2012 at 11:0202 Reply

    Mba itu air kelapa yg di resep bagian-A , air kelapa muda ato santan ….. Mksh …

    • cakefever 06/08/2012 at 13:0518 Reply

      Air kelapa muda, bukan santannya yaa… yang biasa diminum itu loh ..

  • sally 23/07/2012 at 18:5006 Reply

    mbak, saya buat bika ambon tp kok bantat terus, tips pastinya gmn? 🙂

  • eeta' 18/06/2012 at 14:5306 Reply

    mb perlu ditambah pewarna gak ya klo mau warnanya cantik?? atau cukup dengan resep ini aja warnanya udah bagus?

    • cakefever 19/06/2012 at 07:4931 Reply

      Aku gak pake pewarna sih.. warnanya sudah kuning juga.. tergantung warna kuning telurnya juga ya. Ada warna kuning telur yang rada oranye gitu kan ya.. nah itu pasti deh warna bika-nya beda…

  • yuliza 17/06/2012 at 17:5653 Reply

    Mbak, kalo manggangnya pake happy call bisa ngga yaa?
    *thanks ya mba sbelumnya 🙂

    • cakefever 19/06/2012 at 07:5720 Reply

      wah gak pernah coba… klo kamu nyoba, please share ya … sebagai info aja, bika ambon ini harus dipanggang di suhu yang tidak terlalu panas dan sebaiknya ada sirkulasi udara. Oven khusus bika ambon, konon kabarnya bagian atapnya ada lubangnya untuk sirkulasi. Jadi klo pake happy call, mungkin sebaiknya tidak ditutup supaya sarang si bika bisa terbentuk

  • iman 26/05/2012 at 20:0407 Reply

    bissmillah
    mbak, klo telor ayam potong d ganti pke telor bebek gmn ?

    • cakefever 19/07/2012 at 02:0354 Reply

      Hmmm belum pernah coba siy ….

  • juliet 30/04/2012 at 13:2015 Reply

    dimana bisa beli tepung sagu yaaa?
    apa maksudnya terigu protein sedang?
    thx n rdgs,
    juliet

    • cakefever 02/05/2012 at 21:0650 Reply

      Di toko bahan kue, Juliet sayang… atau di rak supermarket juga kadang2 ada .. tepung sagu itu bukan terigu ya … beda asalnya …

  • Arini 22/02/2012 at 21:0724 Reply

    Berhasil buat bika ambonnya.. Ini percobaan ke2.. Makasih yah resepnya..^^

  • ira puspita sari 08/01/2012 at 08:3946 Reply

    baguuuuuuss

  • luperia 29/09/2011 at 03:5400 Reply

    mbak, aku tinggal di Uk, oven yg aku pake oven listrik yg gak ada api atas atau bawah. tapi ada juga grill (panggangan) yg terpisah dr oven.
    aku sdh coba resepnya, sdh aku ganjal, suhu 160derjat, setelah hampir 3 jam hasilnya bagian atas gosong, tengah masih mentah, pokoknya gagal total :(.
    Apa krn oven aku yg gak ada api bawah ya? ada alternatif lain utk manggangnya gak? disini gak ada oven bolong2 atau oven yg ada di Indo. Please advice, anak dan meryua doyan banget kue bika, sdh hampir 10 thn disini blm kesampaian buatin bika buat mereka. thanks sebelumnya.

    • cakefever 11/10/2011 at 08:1724 Reply

      oven gak ada api atas dan api bawah? lha trus manggangnya pake api apa? *beneran gak ngerti
      intinya, bika ambon ini harus dipanggang dengan suhu yang tidak panas, agar sarang-sarangnya itu sempat menjadi bolong-bolong. Kalo apinya terlalu panas, kuenya jadi cepat matang, rapat dan sarang-sarangnya itu malah gak ada dan jadi bika bantat :d

      Cara lain manggang bika itu pake loyang martabak, atau skillet yang bagian alasnya cukup tebal … naah itu juga bisa. apinya kecil saja. Dan ketika lubang-lubang terbentuk, tutup skillet-nya dgn tutupnya … aku pernah bikin pakai loyang martabak itu, dan hasilnya lumayan ada sarangnya …

  • zeez 06/09/2011 at 21:1927 Reply

    bika ambonnya expnya sampe berapa hari sis, coz mau coba bikin & dikirim ke luar jawa, thnx

  • endang 22/08/2011 at 09:3124 Reply

    Mbak,

    Ragi instant beda ya sama Fermipan? terus utk bahan A ngaduknya sampai seberapa lama?kalau dgn mixer dgn kecepatan yang bagaimana? terimakasih sebelumnya

  • Alisha 15/04/2011 at 08:2051 Reply

    mbak..kalo mau manasin loyang supaya panas banget harus pake suhu brp derajat&brp lama manasinnya?uda gitu,loyangnya harus dioles minyak tipis2,diolesnya sebelum/sesudah dipanasin?manggang bikanya cuma pake api atas aja ya mbak?maaf banyak tanya ya mbak..makasi..

    • cakefever 17/04/2011 at 23:0839 Reply

      suhu sepanas mungkin yang bisa dilakukan di ovenmu 🙂 ini mau buat bika ya? Ati2 pas manggangnya bika gak boleh api terlalu panas ya, ntar gagal bikin sarangnya tuh si bika. Manggang bika pake api bawah, api atas cuma klo mau kecoklatan aja atasnya, coba dibaca lagi resepnya pelan2 ya … Ngolesnya sebelum dipanasin ya kecuali punya kuas yg anti panas, boleh2 aja dioles pas udah dipanasin.

  • tini 13/04/2011 at 15:5142 Reply

    resep kue bika ambon memerlukan tepung sagu tapi ditempat saya sulit carinya bisa diganti dengan apa ya mbak ? makasih

    • cakefever 17/04/2011 at 23:0356 Reply

      Ndak tau … maap yaa, tapi beneran aku gak tau substitusi tepung sagunya supaya tetap bisa menghasilkan bika ambon dgn tekstur yang sama. mungkin teman2 lain ada yang tahu?

  • Lukisan Abstrak 23/12/2010 at 13:1847 Reply

    itu mah kesukaan ku bngt,…

    thanks ya udah ngsih cara buat nya,..
    saya mau coba ah moga berhasil,…

  • aprilia 17/12/2010 at 19:4501 Reply

    klo pake sagu biasa.gmn?oven yang atasnya bolong bolong msh harus diganjal serbet ya.terimakasih atas jawabnya

    • cakefever 16/01/2011 at 18:2455 Reply

      kalo oven atasnya sudah bolong-bolong, tidak perlu lagi dibuka tutup ovennya.

      Sagu biasa juga bisa, tapi nantinya beda di rasa dan tekstur saja.

  • ika 07/12/2010 at 07:1522 Reply

    di medan itu, ada nama jalan majapahit, nah disini di sepanjang jalan byk ruko berjualan bika ambon dgn berbagai merk termasuk zulaikha, ati dsb. skrng udh mulai juga ada yg berjualan risoles dan markisa buatan sendiri. kalo udah musim libur pasti sepanjang jalan macettt secara jalan searah dgn kapasitas 2 jalur.

    toko kue majestyc itu bukan di daerah mayestik mbak tp byk cabangnya, yg aku suka kunjungi (cailaaa) yg di jl saharjo (deket balai sudirman) pernah juga yg di pondok bambu. kebanyakan tokonya buka di daerah sana.jauh euy…

    • cakefever 07/12/2010 at 07:2007 Reply

      Aku pernah ke toko majestyk ini. Aku suka risolesnya. Gak ngeh ada bika ambonnya juga. Kapan-kapan mampir aahh

  • ika 02/12/2010 at 09:0153 Reply

    yup bener… di bika ambon favoritku merk ati, ditulis air nira.
    di yg merk ‘ati’ ini (katanya sih ini yg pertama buat), kalo beli kita bs minta tester. jadi kalo kesana beli 1 kotak tp testernya bs setengah kotak. hehehe. encinya atau anaknya yg terjun langsung menyiapkan bika ke pembeli baikkk banget dan ramah. kalo toko2 lainnya kebanyakan pake pegawai yg pasti kualitas servisnya beda.

    nah ada lagi nih bedanya mbak. merk ati ini lebih tahan lamaaa dan enak bangettt saat masih anget.klo ud dingin ya tetep enak. memang pas saat kita beli selalunya diambil dri loyang dan kita bs lihat sendiri proses pembuatan krn mereka gak pake gerai dan kasir segala macam. rasanya pun lebih maagteg.

    nah kalo merk zulaikha yg sering dijadiin oleh2, ga bisa kena panas. itu dibilang sndiri sama pegawainya. jadi kudu dihindari dimasukin ke cargo krn kalo panas, hanya tahan 2 hari maksimum, setelahnya akan bergetah. dan segi kemaagteganya juga berbeda. zulaikha ini yg enak yg pake cheese topping smntara merk ati gak pake topping.plain aja.

    aku gak bermaksud iklan atau memprovokasi.. ini berdasarkan pengalaman pribadi aja sih, aku lakukan penelitian kecil2an. utk segi harga zulaikha memang lebih murah. cuma dlu smpat beberapa kali kecewa aja menemukan bika ambon yg bergetah setelah bbrp hari dan ternyata itu krn bikanya smpat kena atau masuk dalam suhu yg agk panas.

    klo di jakarta dan pengen, paling mampir ke toko majestyc, toko yg franchise asalnya dari medan. dri segi rasa memang mirip sama toko di medan sana begitu juga harga, rasanya juga lumayan utk pengobat rindu,:) cuma kalo gak mesen dulu, bika disini cepet banget habis sementara letaknya jauh dri rumah,:(

    • cakefever 03/12/2010 at 23:0648 Reply

      Merk ATI beli dimana Ka? Kalo Zulaikha aku pernah cicipi dapat oleh2… menurutku biasa saja. Di Jakarta aku suka beli yang merk Sylvie. Oohh baru tau di Majestyc ada bika ambon enak juga. Nanti coba beli ah, mau dibandingkan dengan yang Sylvie. Kalo bika ambon buatanku dengan resep ini, rasanya gak kalah dengan merk Sylvie ini. Cuma karena aku males ribet bikinnya, aku lebih sering beli bika ambon daripada bikin sendiri hihihi…

  • ika 01/12/2010 at 04:0500 Reply

    kalo menurut aku mbak, cita rasa kue spt bika ambon pastinya agak susah krn kelapanya itu loh.
    krn ada satu kue minang namanya bika. saya udah coba di jakarta maupun di bukit tinggi sana. hasilnya????? ya mentok di kelapa itu. kelapa di sumatera jauh lebih maagteh (nulis yg bener gmn ya? hehe).

    di jak ada satu toko kue yg jual bika ambon dan aku sering dikirimi, lembut sih tp mentok dengan kemagtehannya itu.. hehehe..ini sih menurut aku hlo lewat penelitian kecil2an.

    restoran melayu garuda yg pusatnya di medan saja sampai mengirim semua bahan baku dri medan langsung agar rasa makanannya sama persis.

    cm kalo kita yg di jak mau bkin ya bisa aja, cm pasti ada perbedaan dan itu lbh dikarenakan kualitas kelapanya aja sih.

    • cakefever 01/12/2010 at 12:2500 Reply

      Aku pernah dikasitau tantenya temanku yang jualan bika ambon di medan, faktor pembeda rasa yang utama katanya di air kelapa. Tantenya pakai air nira, bukan air kelapa. Nah itu katanya bikin rasanya beda .. aku belum pernah coba pakai air nira, karena gak tau mau beli dimana 😀

    • cakefever 01/12/2010 at 17:1216 Reply

      Aku pernah dikasitau tantenya temanku yang jualan bika ambon di medan, faktor pembeda rasa yang utama katanya di air kelapa. Tantenya pakai air nira, bukan air kelapa. Nah itu katanya bikin rasanya beda .. aku belum pernah coba pakai air nira, karena gak tau mau beli dimana 😀

  • icha 22/04/2010 at 11:1359 Reply

    mba,memang harus memakai oven yang yang bolong2 ya?kalau oven yang listrik bisa gag yak buat bika ambon?
    dan suhu-nya berapa derajat dan berapa lama yang di butuhkan untuk memanggang bika ambon ini ya?

    makasih ya mba,

  • widiya 16/01/2010 at 16:5922 Reply

    mbak,mau tanya… maksudnya oven yg ada bolong2 atasnya itu apa? yg kek gimana? saya punya oven hock.. atasnya ada tempat arangnya (kata penjualnya).. tapi sampe sekarang saya blm pernah menggunakan tempat arang itu. fungsinya buat apa ya mbak? trus itukah yg mbak maksud dg ‘oven yg bolong2 atasnya’?
    maaf yaa banyak tanya…. ^__~

    • cakefever 16/01/2010 at 21:3509 Reply

      Itu otang kan ya? Iya bener itu otang yang ada bolong-bolongnya. Bagian atas ada cekungan untuk meletakkan arang supaya ada api atas, waah itu bisa untuk buat lapis legit tuh. Kalau bolong-nya dibiarkan terbuka, bisa untuk bikin bika ambon tanpa harus buka tutup ovennya. Kalo oven yg tertutup rapat, pintu ovennya harus diganjal agar terbuka sedikit supaya dalam oven tidak terlalu panas yang bisa menyebabkan bika jadi bantat 🙂

      • Endah 14/01/2011 at 14:1934 Reply

        mbak,
        bika ambon ku ngembang saat masih di oven
        begitu keluar dari oven langsung turun.
        jadi yang bantet bagian atas, yang bawah udah terbentuk sarangnya. saya udah ikutin tipsnya.

        terima kasih,
        Endah

        • cakefever 15/01/2011 at 15:0918 Reply

          Yang bantet bagian atas? berarti atasnya mampet gitu ya, ndak ada bolong2nya.

          Hmm, penyebab bika bantat itu umumnya suhu oven yg kurang pas dan kurang sirkulasi di oven. Itu saja sih.

          • Endah 16/01/2011 at 18:1205

            Ok, terima kasih mbak
            sebelumnya pintu otang dibuka dikit, sekarang coba buka tutup atasnya otang,hasilnya ok.

  • mas dodot 14/11/2009 at 08:0005 Reply

    janji mo kirim kue ke kantor maz dodot kapan….??? masih di tunggu loh……:)

    • cakefever 15/11/2009 at 16:2052 Reply

      walaah… jauh kali mas! waktu masih di Slipi siiy dekett… sekarang maceeet…

Leave a Comment

%d bloggers like this: