Tips sukses Membuat Soes

Soes yang terlalu pipihPenasaran dengan Beard Papa Soes, akhirnya aku punya kesempatan untuk mencoba membuat sesuai dengan resep Beard Papa Soes yang ada di sini. Dan hasil akhir percobaan pertamaku ini adalah penemuan kue kering baru, yuhuu! Atau seharusnya hiks hiks?

Setelah telur semua dimasukkan dan dikocok, aku curiga dengan adonan yang terlalu encer. Tapi yawdah-lah, lanjooott…

Pas disemprot ke loyang, tambah curiga-lah awak. Macam mana mau dispuit ala kalo adonannya encer banget begini? Tapi yawdah la yaw, tarik Mang! Mo diapain lagi, lha wong aku juga sebelumnya tidak pernah melihat seperti apa adonan  yang sebenarnya.

Lalu setelah topping disemprot ke atas adonan encer itu, aku sudah sangat yakin kalau adonan itu tidak akan menjadi Soes … Gimana mau menggembung jadi kalo adonannya super encer begini?

Tapi maju terus pantang mundur!! Panggang! — sambil harap-harap cemas.

Setelah adonan semakin memipih, maka aku pun memutuskan untuk membiarkan adonan dipanggang lebih lama sampai pinggiran menyoklat dan soes-wanna-be itu menjadi crunchy. Voila! Aku punya resep kue kering baru … bwahahaha…

Setelah tanya sana-sini dengan pakars, aku menduga adonan soes yang terlalu encer itu akibat memasukkan telur ketika adonan masih hangat/panas. Diduga adonan yang masih panas menyisakan uap air sehingga adonan menjadi lebih encer ketika dikocok bersama telur.

Berikut adalah membuat kulit Soes:

1. Mentega dan air mesti dididihkan sampai benar-benar mendidih, lalu tepung dimasukkan dengan panci masih berada di atas kompor, kecilkan saja apinya. Adu-aduk sampai kalis, angkat lalu dinginkan sampai benar-benar dingin sebelum dicampur dengan telur.

Adonan soes yang terlalu cair
2. Jangan terlalu lama mengocok campuran telur dan lakukan pengocokan dengan mixer speed rendah. Tujuan pengocokan hanya untuk mendinginkan campuran telur.

3. Telurnya jangan yang berukuran besar-besar, nanti adonan terlalu lembek karena kebanyakan telur.

4. Panggang soes dengan suhu tinggi (panaskan oven sebelumnya minimal 20 menitan) dan jangan sekali-sekali membuka pintu oven saat sedang pemanggangan kalau tidak ingin melihat soes menjadi kempes.

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: