Resep Soes Vla Klasik

Setelah insiden Beard Papa Cookies dulu, aku jadi kurang bersemangat bikin . Aku masih gak ngerti kok tiba-tiba adonan soesku bisa encer dan akhirnya malah jadi cookies ^_^ Karena mutung.com, jadinya gak pengen bikin -soesan dulu deh.

Sampai akhirnya ngobrol-ngobrol dengan Mbak Odilia Wienneke soal pengalaman gagal membuat , yang dengan penuh keprihatinan menyarankan aku untuk mencoba resep soes Vla klasik Hadi Tuwendi yang link resepnya ada di DetikFood dan juga aku sempatkan menonton video cara pembuatannya (namun aku cari lagi kok ya gak nemu link videonya di Detikfood ya?).

Di bawah ini aku copykan resep lengkapnya dari DetikFood. Pada eksperimen kali ini aku hanya membuat kulit soesnya saja, dan tidak membuat vlanya. Karena buatku yang penting itu adalah membuat kulitnya dulu, kalau sudah berhasil baru deh isian kue soesnya dieksperimenkan lagi 🙂 Dan ternyataaa kali ini aku berhasil membuat kulit soes yang mengembang dan garing namun empuk.

Cuma, hehehe, kalau lihat di foto ini soesnya munjung gak karu-karuan, mohon dimaapin 😀

Saking nervousnya bisa dapetin adonan soes yang tidak cair, aku sampe kebingungan nyepuitnya mesti gimana.

Di Video diperlihatkan untuk spuit bintang dulu untuk alasnya lalu baru semprotkan melingkar di atas spuit bintang itu. Naaah maksud hati mengikuti petunjuk video tersebut, namun tampaknya semprotan melingkarnya masih kurang lebar. Jadi-lah soes-ku itu ramping dan tinggi … hahaha. Yang penting sukses bikin kembang dan nikmaat (saking nikmatnya tetap enak dikudap gak pake vla atau isian apapun lho!).

Bahan Soes


Bahan Kulit:

Bahan A.
120 gr tepung terigu protein rendah
50 gr butter (merek apa saja boleh. Aku pakai butter Orchid)
60 gr Hollmann butter (wah ya ndak tau kenapa kudu Hollmann, tapi aku nurut hehehe…)
240 gr air

Bahan B.
±180 gr telur ayam kampung (mahal! Jadi aku pakai telur ayam negeri biasa)
1/2 sdt Toffieco vanila (pakai vanilla essense yang aku punya, bukan toffieco pokoke)
1 gr Baking powder

Bahan Isi (Vla Halus):

Bahan A.
135 gr Gula pasir
1 gr Garam
350 gr Susu UHT

Bahan B.
90 gr Maizena
3 btr Kuning Telur
325 gr Susu UHT

Bahan C.
125 gr Fresh cream (atawa whipped cream), kocok
2-3 sdm Toffieco rum BF (optional)

Petunjuk Pembuatan :

Cara membuat kulit soes:

  • Campurkan semua bahan kulit A hingga air mendidih, matikan api dan masukkan terigu, aduk rata.
  • Setelah diaduk rata, nyalakan api kembali, masak sampai matang. Aduk terus sampai permukaan adonan terlihat agak kering, tapi jangan kelamaan yaa. Pindahkan ke kom mikser lalu kocok dengan mikser medium speed sampai hangat kaku.
  • Masukkan bahan B  dan kocok lagi hingga adonan licin dan mengkilap.
  • Masukkan ke dalam piping bag atau plastik segitiga, pasang spuit bintang. Semprot adonan dengan spuit bintang besar di loyang yang telah dipoles mentega tipis.
  • Sus siap dipanggang, suhu atas 190 C dan 220 C api bawah selama 22 menit (aku pakai suhu 200 C api bawah saja di oven gas)

Cara membuat vla klasik:

  • Masak semua bahan A hingga mendidih, aduk semua bahan B, lalu campurkan ke A. Masak sampai mendidih dan kental. Angkat, kocok dengan mikser hingga dingin. Simpan di kulkas sebentar hingga dingin. Setelah dingin campurkan bahan C, kocok dengan mikser low speed hingga tercampur rata. Dinginkan vla, lalu semprotkan ke dalam kulit.

Beberapa catatan yaitu:

  • Vla setelah dicampur dengan fresh cream tidak boleh dikocok terlalu lama agar tidak pecah.
  • Ketika adonan kulit dikeluarkan dalam oven, jaga suhu agar tidak berubah supaya kulit tidak keras. Tutup kulit sus dengan lap agar tidak kering, atau tetap lunak.
  • Vla harus dingin agar tidak lumer ketika disemprotkan dalam kulit, karena itu sebaiknya dinginkan dulu di kulkas selama 1-2 jam.
  • Jika memanggang dengan oven gas, gunakan suhu 22o C atau 250 C untuk oven listrik. Tapi aku pakai 200 C juga ok, asalkan panaskan dulu ovennya sebelum memanggang.

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: