Currently browsing

Lapis Legit

lapis_legit_original

Resep Lapis Legit

Artikel ini bagian 1 dari 5 artikel dalam seri Lapis Legit

Resep Lapis Legit dari Hadi Tuwendi. Lapis legit ini teksturnya lembut dan rasanya memang legit. Lebih enak bila didiamkan dulu minimal satu malam agar rasanya lebih mantap. Lapis legit adalah kue yang membutuhkan kesabaran dalam proses pembuatannya. Lapis legit ini aku buat dengan oven listrik. Setelah 3 kali uji coba, akhirnya berhasil juga menaklukkan Lapis Legit ini.

lapislegit2

Lapis Legit Lembab dan Manis

Artikel ini bagian 2 dari 5 artikel dalam seri Lapis Legit

Terprovokasi dengan Me yang ngajak nyobain resep Lapis Legit Bibi Jun-nya Camelia, maka dakuw pun segera meluncur ke TKP. Setelah mencermati bahan-bahannya, ternyata resep Bibi Jun ini dengan jumlah telur yang 30 butir menggunakan butter 550 gram dan gula 500 gram. Sempat mikir, waa apa gak kemanisan ya? Adonan telurnya pasti super pekat nih, sebab 30 butir telur dikocok dengan 500 gram. Hmmm …

Lapis legit yang kurang matang sehingga bagian tengahnya meleleh

Tips sukses Lapis Legit

Artikel ini bagian 2 dari 5 artikel dalam seri Lapis Legit

Membuat Lapis Legit itu susah … iya, suwer! Aku tidak akan bilang bikin Lapis Legit itu mudah. Butuh niat dan ketabahan. Saking niatnya, sebelum mulai bikin Lapis Legit, aku sempatkan untuk browsing cara pembuatan Lapis Legit dan nanya sana-sini. Tapi ya tetap saja, aku gagal di dua ujicoba pembuatan Lapis Legit-ku. Lapis Legit pertama melted di tengahnya dan Lapis Legit kedua over-baked.

Lapis Legit ala Cakefever.com

Resep Lapis Legit ala CakeFever

Artikel ini bagian 3 dari 5 artikel dalam seri Lapis Legit

Berikut ini adalah hasil modifikasiku untuk resep lapis legit yang sudah pernah aku coba. Hasilnya adalah Lapis Legit yang cukup lembab, berminyak dan tidak terlalu manis sehingga masih mengeluarkan rasa legit.

Bagi yang kurang menyukai rasa susu, bisa menghilangkan susu bubuk dan diganti seluruhnya menjadi tepung terigu. Susu kental manis juga boleh dihilangkan bila kurang suka.