Roti Bluder Ekonomis

Waktu ikutan Cooking Class Chocolate DetikFood, Pak Yongki Gunawan sebagai pengajar pagi-pagi bawain sekotak roti bluder yang empuuuk banget.

Kata pak Yongki itu roti bluder yang dibuat tanpa ragi. Waduuh jadi pengeen, tapi berhubung kelasnya sedang kelas tentang Chocolate, pak Yongki ndak jelasin lebih lanjut soal roti bluder tanpa ragi itu.

Ternyata di TBK Titan Fatmawati juga ada jual roti bluder, yang empuk dan ringan juga seperti buatan pak Yongki. Tetapi mungkiiin, aku duga, roti bluder di Titan pakai ragi, karena ada aroma khas ragi di rotinya. Tak mengapa, yang penting enaak…

Rasa roti bluder yang empuk dan ringan itu sungguh nempel di hati (taela!). Pengen nyoba bikin sendiri, tapi gak tau mesti nyoba resep siapa. Sampai akhirnya nemu buku mbak Lanny Soechan “Roti Sisir dan Roti Sobek” waktu lagi jalan-jalan ke Bintaro. Waah ada resep Roti Bludernya niihh.. Mari dicoba!

Di buku mbak Lanny, ada 3 resep roti bluder yaitu Roti Bluder Banyak Telur, Roti Bluder 3 Rasa dan Roti Bluder Ekonomi. Berhubung persediaan telur di rumah terbatas dan males mesti keluar lagi beli telur, maka aku coba resep Roti Bluder Ekonomi yang hanya menggunakan 5 butir telur.

Ingredients


Bahan I:
800 gram tepung terigu protein tinggi
200 gram tepung terigu protein sedang
225 gram gula pasir
20 gram ragi instan
1 sdt bread improver
50 gram susu bubuk

Bahan II:
5 kuning telur
1 putih telur
100 ml susu cair
450 ml air es

Bahan III:
200 gram mentega
10 gram garam

Bahan IV:
Susu Evaporated untuk olesan

How-To:

  1. Campur Bahan I dan Bahan II menjadi satu. Aduk dan uleni hingga rata, tambahkan bahan III. Uleni kembali hingga kalis dan elastis.
  2. Tuang sedikit minyak sayur dalam adonan (kira-kira 1/2 sampai 1 sdm), uleni rata dan bentuk bulat. Diamkan adonan selama 20 menit hingga mengembang 2x lebih besar.
  3. Kempiskan adonan, potong dan timbang masing-masing seberat 60 gram. Diamkan lagi selama 15 menit, pipihkan adonan dan masukkan isian sesuai selera (aku isi meses aja), bentuk bulat lalu masukkan ke dalam papercup khusus bluder (aku pakai papercup yang kaku).
  4. Diamkan lagi selama 1 jam. Olesi bagian atas adonan dengan bahan IV (susu evaporated) hingga rata.
  5. Panggang dalam oven suhu 160C selama 25 menit hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan dinginkan.

 

Catatan:
Hasil dari percobaan pertama ini adalah roti bluder yang empuk tetapi tidak seringan rotinya pak Yongki. Ringan itu maksute yang kayak kapas-kapas gitu loh. Roti bluder buatanku ini memang empuk tapi teksturnya masih terasa padat. Berarti perburuan resep masih belum final. Mau coba resep yang banyak telur, setelah itu nyari resepnya pak Yongki, hahaha :D

 

Artikel ini sudah dibaca 11076 kali. Semoga bermanfaat :D

  • ayu

    Mbak fero… Baca buku sangji ko.. Rahasia membuat roti sehat dan lezat dengan rgi alami… Mang rada ribet.. Tp kyknya mbak khan suka eksperimen, jd tertantang deh….kbri ??ªª mbak…

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Ragi alami itu maksute bukan ragi instan ya Yu? Aku lagi nonton Anime Yakitate, hahaha ini ceritanya tentang bikin roti-roti gitu :D

  • fifi

    Halo Mbak, mau nanya. Saya kan bikin kue lumpur. Pada waktu awalnya hasilnya bagus, pemukaannya rata. Tapi menjelang akhir adonan, kok permukaan atasnya sedikit berlubang? Kenapa ya Mbak?
    Trus gimana cara mengatasinya? Thanks

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Emmmh, aku belum pernah bikin kue lumpur siy … tapi mungkin kalau permukaan kue berlubang-lubang, aku duga itu karena kepanasan. Ini dugaanku saja ya, soale klo bikin egg tart juga bisa berlubang-lubang kalau apinya terlalu panas …

  • http://www.facebook.com/jamila.mustari Jamila Mustari via Facebook

    mba’ fero mau nanya boleh yach….Room butter itu sama gak dengan butter, terus apa bedanya butter, mentega dengan margarin ? bisa tidak saling menggantikan ?

    • http://www.cakefever.com cakefever

      roombutter itu ya butter … margarin dan mentega bisa saling menggantikan kok … ;)

      Bedanya butter itu produk turunan dari hewani (susu sih biasanya), klo margarin itu nabati … trus beda lainnya lagi margarin leleh itu membeku di suhu ruang, klo butter sih kayaknya gak membeku lagi, kecuali dimasukkan ke kulkas ya .. shg kue yg pake butter umumnya lebih tahan lembut drpd margarin … wah ini bisa dibuat jadi satu artikel sendiri ya … *muga-muga ada luang untuk nulis yaa*

  • Asky

    Mbak, mohon info contoh merk terigu protein tinggi, protein sedang & protein rendah itu apa aja ya? tks yaach

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Baca aja di bungkusnya ya Ky … klo protein tinggi itu biasanya untuk roti. Kalo protein rendah atau sedang, biasanya untuk cake .. simpelnya gitu aja. Pokoke jangan pake protein tinggi untuk bikin cake :D

  • mariani

    Mbak, uda nemu bluder yg pas? Kalo blm, cobain bluderrnya NCC tuhh. Emang, dari jaman saya anak2, paling doyan sm bluder. Tiap ke Sby pasti makan sepuasnya. Merek TANIA di sby enaaaak, persis jaman dahuulu kkalaa. Pake butter n kuning telo banyak, dijamin lekat dihati. Tp resep Bu Fat jjjuga enak, mmirip2 la..kyk kapas.

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Malah belum nyoba resep bu Fat nih.. oke deeehh coba resep Bu Fat!

  • Yenny

    Hi mbak Ferona,

    Thanks lho untuk sharing resep ini. saya uda coba dan hasilnya lumayan soft juga, tapi masalahnya setelah keluar dari oven beberapa detik kemudian kok jadi keriput ya?apa penyebabnya? thanks ya.
    Yenny