Resep Puding Caramel

Creme Caramel Flan Puding by Cakefever.com
Creme Caramel Flan Puding. Foto: Cakefever.com

Awalnya aku kepikiran mau mencoba bikin Creme Caramel ini, sewaktu adikku tiba-tiba bertanya apakah aku bisa membuatkan Creme Caramel kesukaannya yang biasa dia beli. Aku juga suka puding ini. Tekstur lembut dingin ketemu dengan rasa kesukaanku membuat puding ini rasanya nyangkut di hati.

Puding Custard Caramel atau Creme Caramel atau Caramel Flan adalah puding yang sangat lembut dengan saus cair yang pekat. Puding ini disebut juga dengan custard karena dalam prosesnya melakukan pencampuran dan dengan cara dipanaskan. Ketika bertemu dengan yang dipanaskan, maka protein dalam akan mengentalkan cairan yang kita sebut dengan custard.

Dalam membuat Creme Caramel ini, ada resep yang menggunakan susu kental manis dan ada yang tidak. Aku memilih untuk tidak menggunakan susu kental manis, karena males beli lagi ke toko, hahaha.

Bahan Creme Caramel ini terdiri dari gula, telur, dan susu cair. Untuk aromanya membutuhkan Vanila Extract ya sodara-sodara. Jangan diganti dengan vanili atau apapun yang bukan Vanila Extract. Kalau tidak punya, emmmmhh ya terpaksa tunda membuatnya dan beli dulu Vanila Extractnya. Tanpa Vanila Extract, aroma puding ini akan terlalu susu dan terlalu telur. Kalau tidak keberatan dengan aroma susu dan telur ini, hayuklah lanjutkan pembuatan puding ini tanpa vanila extract … 🙂

Puding ini sangat mudah dibuat. Yang susah dari pembuatan Creme Caramel ini adalah membuat karamel cairnya. Pertama kali aku membuat karamel cair ini, gulanya gosong. Percobaan kedua, karena takut gosong lagi, aku buru-buru mengangkat si karamel cair yang belum sempurna sehingga jadinya Karamel Pucat hehehe.

Dari hasil menggosongkan sekian ratus gram gula, aku berkesimpulan saat membuat karamel cair ini jangan gunakan panci atau kuali datar. Gunakan panci berukuran sedang agak kecil yang dasarnya berbahan tebal. Pasang api sedang, jangan terlalu kecil. Jangan kebanyakan diaduk, karena gula akan mengristal. Kalau bisa, jangan diaduk sama sekali.

Bahan – Bahan Creme Caramel (Caramel Flan)

Bahan Caramel
75 gram gula pasir
2 sdm air

Bahan puding custard :
80 gram gula pasir
3 butir telur
sejumput garam
1 sdt extract
500 ml susu

Cara membuat Creme Caramel:

1. Siapkan ramekin tahan panas, atau loyang ukuran 18×10 cm. Ramekinnya kalau takut retak saat dituang gula cair yang panas, sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu 10 menitan di oven. Atau kalau mau praktis seperti aku hanya menggunakan aluminium foil.

2. Buat karamel cairnya terlebih dahulu sebelum membuat pudingnya. Panaskan gula dan air di dalam panci sedang sampai semua gula meleleh dan warnanya berubah menjadi coklat. Ketika sudah menjadi coklat, segera tuang ke ramekin karena gula karamel cair ini akan cepat sekali mengeras. Jangan dituang terlalu banyak, cukup tipis saja karena karamel ini nantinya akan mencair dan memberikan rasa karamel yang ueennaagghh bangeethhsss.

3. Setelah karamel cair dituang ke dalam ramekin, baru siapkan pudingnya. Panaskan susu sampai hangat, tidak usah sampai mendidih. Sambil menanti susu hangat, kocok telur, gula, garam dan extract sampai semua gula larut saja, tidak perlu sampai mengembang dan kental. Kita mau bikin puding kok, bukan mau bikin bolu.

4. Tuang susu hangat ke dalam kocokan telur dan aduk rata. Proses bertemunya susu hangat dan telur inilah yang akan membentuk custard.

5. Setelah diaduk rata, aku akan menyaring campuran telur dan susu ini supaya nanti pudingnya benar-benar halusss dan lembuttt seperti sutra. Setelah disaring, baru dituangkan ke dalam ramekin yang tadi sudah dikasih karamel.

Creme Caramel Flan6. Adonan pun siap dipanggang ala au bain marie. Yaitu ramekin ini direndam dalam air di loyang lalu baru dipanggang. Air di loyang mencegah dasar puding berkerak dan memberikan uap air untuk efek moist di permukaan puding. Makanya ada juga resep custard puding ini yang dikukus. Kalau aku sih memang anaknya suka oven, jadi dipanggang aja, hehehe. Panggang selama 30 menit suhu 170 C. Artinya jangan panas-panas banget ya ntar pudingnya retak permukaannya.

7. Setelah matang, keluarkan dari oven. Dinginkan sebentar sebelum dimasukkan ke dalam chiller atau kulkas. Aku biasanya menanti selama 12 jam. Tapi kalau gak sabar, 2 jam juga udah set sih apalagi kalau kulkasnya dingin.

Nah cara menikmati puding ini adalah dengan menyelipkan pisau tipis di pinggir loyang, gerakkan mengelilingi loyang lalu balikkan puding di piring putih yang cantik. Saksikan gula cair karamel yang mengalir melewati puding yang terlihat sangat lembut dan syahdu ini #lebay.

Ambil sendok kecil, siapkan kopi atau teh tawar hangat. Duduk di teras sambil memandangi rintik-rintik hujan, aiih nikmatnya. Ternyata bahagia itu sederhana yaa temans 🙂

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: