Resep Prol Tape Kismis Goldoven

Prol Tape Kismis Goldoven dalam Cupcase
Kismis dalam cupcase. Foto:Cakefever.com

Resep ini adalah resep yang paling berkesan buatku. Karena resep ini akhirnya aku “selesaikan” di saat aku masih baru belajar bikin kue di penghujung tahun 2008 yang lalu.

Resep ini awalnya aku ketahui dari Bu Santi, istri salah satu klien di tempat kerjaku dulu. Setelah seharian lelah meeting sampai kriting, biasanya aku menghampiri beliau di ruangannya dan kita pun ngobrol ngalur-ngidul. Sampailah pada cerita bahwa beliau pernah berjualan Prol Tape. Sebagai Newbie in the Kitchen yang lagi semangat-semangat mencoba-coba resep baru, aku pun ingin pula mencoba membuat prol tape. Bu Santi memberikan resepnya yang saat aku tanyakan detailnya hanya menyebutkan bahan-bahan dengan takaran kira-kira. Di catatanku hanya tertulis tape 1 kg, gula 1/4 kg, mentega 1/4 kg, telur setengah kilo, terigu dua sendok makan. dan saat aku mencoba resep yang diberikan, hasilnya adalah tape panggang yang muaaniiisss buanged hehehe …

Tapi aku tidak menyerah. Terlebih karena aku mengetahui bahwa dulu Bu Santi menghabiskan berpeti-peti telur setiap minggunya untuk membuat Prol Tape ini dan menjualnya di Toko Kue dekat rumahnya. Berpeti-peti telur? Satu peti telur itu kira-kira ada 15 kg telur di dalamnya. Berarti Prol Tape buatan Bu Santi harusnya enak banget kan?

Aku tahu persis Bu Santi bukannya tidak mau berbagi ilmu. Tapi beliau memang sudah lama tidak lagi membuat Prol Tape dan menjualnya karena usia yang membuat tubuh tak lagi kuat melakukan pekerjaan membuat Prol Tape untuk dijual. Aku duga beliau memang sudah tidak ingat dengan takaran persisnya. Apalagi kalau sudah terbiasa dengan ukuran dalam jumlah besar, tak mudah mengingat lagi takaran resep dalam skala rumahan.

Saking penasarannya, aku pun bertekad untuk menemukan takaran dan komposisi yang tepat sehingga bisa menghasilkan Prol Tape yang enak sesuai standarnya Bu Santi ๐Ÿ™‚

Dan percobaan demi percobaan pun dilakukan oleh si Newbie in the Kitchen ini. Dan anehnya memang, aku tidak tergerak sama sekali untuk googling resep Prol Tape lainnya. Aku terus berkutat dengan resep yang diberikan Bu Santi karena aku percaya bahwa Prol Tape Bu Santi pasti enak!

Dan akhirnya setelah ribuan jam percobaan #lebay di dapur sang Newbie, pada suatu hari Bu Santi pun berkata, “Nah ini dia! Prol Tape persis seperti yang dulu saya bikin!” … tak hanya itu, Bu Santi langsung mengangkat telepon dan berkata pada orang di ujung telepon sana, “Ded, kamu kangen Prol Tape-ku tho? Ini ada yang bisa bikinin, mau aku pesankan?”

Bu Santi menelpon beberapa orang mengatakan hal yang sama, sementara aku hanya tercengang-cengang saat akhirnya ada 18 loyang pesanan dari teman-teman Bu Santi yang ditelepon beliau pada saat itu juga.

Resep ini pernah aku share dulu, sebelum timbul masalah di tempat hosting blogku ini. Masalah yang terjadi lumayan berat dan alhasil aku kehilangan beberapa tulisanku tanpa aku ketahui sebelumnya. Aku baru sadar bahwa ada tulisan-tulisan yang hilang ketika ada beberapa pembaca Cakefever.com yang menanyakan mengapa resep Prol Tapeku tidak lagi bisa ditemukan mereka. Disitulah aku baru sadar bahwa ternyata tidak hanya resep Prol Tape saja yang lenyap dari blogku, tetapi juga beberapa resep seperti resep Carrot Cake, dllnya. Proses recovery tulisan yang hilang tidak bisa seketika dilakukan, karena aku memang tidak membuat back-up sama sekali dari isi blogku. Baiklah, itu pelajaran yang sangat berharga. Mulai dari sekarang, aku selalu membiasakan diri melakukan backupย untuk jaga-jaga kalau kejadian lagi seperti yang dulu.

Dan inilah resep Prol Tape Special Goldoven, yang di-compose ulang oleh seorang pemula dalam dunia baking yang saat itu masih tidak tahu apa bedanya margarin dan mentega ๐Ÿ™‚

Resep Prol Tape Kismis Goldoven

2 loyang 30×10 cm atau 4 loyang 15×10 cm

Haluskan dengan garpu:
750 gram tape kuning matang (pastikan menggunakan tape yang sudah matang, tapi tidak lembek dan basah)

Kocok sampai sangat kental:
7 butir telur kurangi 1 kuning telur untuk olesan
140 gram gula pasir

Ayak:
60 gram terigu
50 gram susu bubuk full cream

100 gram margarin leleh
50 gram cheddar parut

Cara Membuat Prol Tape Kismis:

Panaskan oven suhu 150 atau 160 C. Untuk memanggang prol tape ini tidak boleh menggunakan api panas atau suhu tinggi 180 C. Adonan Prol Tape adalah adonan yang berat karena ada sejumlah tape yang basah di dalamnya. Untuk bisa mematangkan kue sampai ke dalam, butuh waktu pemanggangan selama 60 menit untuk loyang berukuran 30×10 cm atau sekitar 45 menit untuk loyang berukuran 15×10 cm. Karena itu api tidak boleh terlalu panas, supaya prol tape tidak terlanjur gosong di permukaan sementara bagian dalamnya masih belum matang.

Siapkan loyang ukuran 30×10 cm. Olesi margarin leleh, pasang kertas roti di alas loyang dan dinding loyang supaya tampilan Prol Tape bisa cantik mempesona ๐Ÿ™‚ Setelah kertas roti dipasang, olesi lagi dengan margarin leleh. Sisihkan.

1. Haluskan tape dan jangan lupa untuk membuang serat-serat tape yang kasar. Bisa menggunakan garpu atau tongkat untuk membuat mashed potato. Kalau serat-serat tape sudah disingkirkan, melumatkan tape itu perkara mudah.

2. Kocok telur dan gula sampai kental dan berwarna putih. Harus sampai kental ya, sebab prol tapeku ini tidak menggunakan bahan pengembang sama sekali, hanya mengandalkan kekuatan bulan … eh kekuatan telur ๐Ÿ™‚

3. Setelah telur kental dan putih, ambil sedikit kocokan telur ini lalu masukkan ke dalam tape halus dan mixer sampai tape menjadi puree atau bubur yang lembut. Hal ini penting dilakukan agar Prol Tape kita kelak nantinya walaupun padat namun tetap terasa lembut saat digigit dan tidak ada tape keras yang tertinggal.

4. Setelah tape menjadi puree atau bubur, barulah dimasukkan ke dalam kocokan telur dan kocok lagi dengan mixer sampai tercampur rata.

5. Setelah tape dan telur bercampur rata, barulah masukkan terigu dan susu bubuk sambil diayak, aduk rata dengan spatula.

6. Masukkan margarin leleh secara bertahap. Jangan sekaligus tuang ya, nanti margarinnya mengendap di dasar wadah dan Prol Tapenya bisa bantat. Cara amannya adalah dengan memasukkan sekitar satu sendok makan adonan telur-tape ke dalam margarin leleh, lalu aduk rata si margarin leleh, baru masukkan bertahap ke dalam adonan telur. Dengan cara ini, margarin tidak langsung turun ke dasar wadah sehingga memudahkan untuk pengadukan.

7. Masukkan parut, aduk rata. Kalau sampai langkah ini, adonan tidak terlihat terlalu turun berarti kita sudah berhasil dalam proses pengocokan yang benar. Kalau pun di fase ini adonan terlalu turun, tidak ada lagi yang bisa kita lakukan selain lanjut ke proses pemanggangan. Prol Tape tetap akan lembut, dan enak dimakan tapi akan terasa lebih padat dan tingginya juga akan berkurang.

8. Olesi permukaan Prol Tape dengan kuning telur yang sudah disisihkan. Lalu taburi dengan kismis. Untuk membuat versi Prol Tape Keju, aku akan panggang dulu selama 40 menit, lalu dikeluarkan, olesi kuning telur yang diberi sedikit mentega leleh agar cair dan taburi keju parut lalu masukkan lagi ke oven dan lanjut panggang sampai matang. Bila tidak bermasalah dengan keju yang akan terlalu kering karena lama dipanggang, keju bisa ditabur dari awal sebelum dipanggang.

9. Setelah matang, dinginkan dan keluarkan dari loyang.

Prol Tape Kismis Goldoven walau dibuat tanpa bahan pengawet, tahan berada di suhu ruang selama 5 hari dengan syarat tidak terkena sinar matahari langsung. Bila disimpan dalam kulkas bisa tahan dua minggu atau sampai kismisnya terkena embun air dan akhirnya jadi lembek berair.

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: