Resep Churros dengan Dulce de Leche

churros gorengSewaktu sedang berjalan-jalan di suatu Mal dengan seorang sahabat yang juga doyan makan dan ngemil seperti aku, syahdan kami baru saja menghabiskan menu makan siang sekitar satu setengah jam yang lalu. Namun berputar-putar di Mal ini ternyata membuat kami lelah dan ingin beristirahat sejenak untuk nge-teh dan ngemil cantik 🙂

Mengingat perut baru saja diisi penuh, maka kami pun mencari tempat makan yang menyediakan cemilan yang tidak terlalu mengenyangkan. Pilihan pun jatuh pada restoran Churros karena kami tertarik dengan topping coklat, caramel dan kejunya. Looks so Yummmy!

Dan karena aku sekarang selalu memiliki persediaan di rumah, akhirnya jadi terprovokasi untuk mencoba membuat churros sendiri demi si hehehe.

Bahan dasar churros itu sebenarnya hanya air, tepung terigu, mentega dan telur. Cara membuatnya juga mirip seperti membuat kue soes. Dengan mengubah-ubah komposisi bahan ini, akan menghasilkan churros dengan tingkat kerapuhan dan kekerasan yang berbeda-beda.

Bahan Churros:

250 ml air putih atau susu cair full cream untuk rasa yang lebih gurih

100 gram butter/mentega  >> Untuk kesempurnaan rasa selalu gunakan unsalted butter agar bisa mengatur keasinan adonan, tapi kalau tidak ada ya gunakan saja salted butter yang ada di rumah.

1/4 sdt garam bila menggunakan unsalted butter. Kalau pakai salted butter, mungkin bisa dikurangi jadi sejumput garam

1 sdt gula untuk memberi efek rasa gurih-gurih sedap karena berpadu dengan garam

150 gram tepung terigu, jangan lupa diayak
2 butir telur kocok lepas

Cara Membuat Churros:

Masukkan air/susu berikut mentega, garam dan gula ke dalam panci, jerang di atas kompor sampai mendidih dan mentega pun meleleh. Kecilkan api.

Masukkan terigu ke dalam adonan cair, aduk sampai tercampur rata dan tidak lengket lagi di panci. Kalau sudah tidak lengket dan terlihat agak kalis. Matikan kompor, angkat panci dari kompor dan aduk-aduk dengan spatula agar uap panas dalam adonan bisa segera keluar.

butter direbus dengan air dalam proses pembuatan churrossetelah tepung terigu dimasukkan ke dalam butter - churros
Setelah uap panas keluar dari adonan, dan adonan tidak lagi terlalu panas, barulah masukkan telur satu per satu sambil diaduk rata. Jangan memasukkan telur saat adonannya masih panas ya, nanti telurnya jadi matang dan adonannya jadi telur orak arik 😀

Setelah telur tercampur rata, churros siap diproses untuk digoreng.

churros sedang digoreng dengan minyak panasSupaya churrosnya bergerigi, maka gunakan plastik conthong dan spuit yang Anda miliki di rumah. Spuit nomor berapa? Aku tidak memperhatikan, yang pasti pakai yang motif bintang-bintang itu.

Churros bisa dispuit dulu satu-satu lalu disimpan dalam freezer hingga membeku lalu digoreng dalam kondisi beku itu. Ini dimaksudkan agar churrosnya tetap lurus dan tampil cantik mempesona.

Cara “pabalatak” dan khas si males newbie in the kitchen adalah dengan men-spuitkan adonan langsung di atas penggorengan yang minyaknya sudah sangat panas. Adonan yang keluar dari conthong dipotong dengan gunting bersih. Hasilnya adalah churros yang bengkok-bengkok dan berpenampilan apa adanya 🙂

Churros yang sudah digoreng ini, bisa taburi gula halus dan kayu manis bubuk atau langsung dicocolkan saja ke yang dibuat tidak terlalu kental, atau dikasih susu kental manis rasa coklat yang praktis. Cocok jadi teman minum teh sore-sore 🙂

Artikel Lainnya:

  • Rini Suryadi

    Assalammu’alaikum mba Fer, itu churos nya bisa gemuk2 crnya gmn ya? Krn spuitnya yg bsr atau adonannya yg ngembang mba?
    Aku coba bikin ko hsl nya padet & bantet yah…?
    Mohon pencerahannya mbaa… ?

    • walaikumsalam mba Rini … gendud kayak yang bikin nih 😀 Itu mengembang karena adonannya ngembang. Ada churros versi padat juga mba Rini. Mungkin bisa dibandingkan komposisi bahan churros yang mba Rini buat?

  • Afkar Nadhifa Karim

    Kok sudah jarang ngepost? jangan2 lagi blogging blue ya?

  • Hello,
    We just found your blog and thought it had truly amazing recipes! Therefore, we’d love to invite you to the World’s First Chef 911 called TalkToChef! Becoming an affiliate with TalkToChef is absolutely FREE, FAST, and EASY! By simply installing the unique TalkToChef widget specially designed for food bloggers, you could promote your blog and earn money when people Talk To Chef at your blog.
    To discover the way we help food bloggers monetize their blogs, please follow the link: http://talktochef.com/howitworks/affiliates. In case of any questions, please refer them to kamila@talktochef.com.
    TalkToChef service provides a never-before opportunity for foodies to cook easier, better and healthier meals at home by getting instant cooking help of an approved chef available 24/7. Today, over 2000 chefs are already involved in this project and 100+ food bloggers have joined our community by installing the TalkToChef widget to their websites/blogs.
    Tasty regards,
    TalkToChef Team

  • Qaz

    Enak kuenya

%d bloggers like this: