Resep Choco Nut Brownies

Brownies pertama yang aku buat adalah Pennylane Brownies dari resepnya Mba Riana. Dan aku dengan suksesnya membuat pertamaku itu gosong di bagian bawahnya #nyengir. Bikin aja gosong, ckckck. Yah namanya juga Newbie hehehe …

Dari hasil gosong itu aku akhirnya tahu bahwa untuk memanggang adonan tidak boleh menggunakan loyang dengan tinggi lebih dari 4 cm. Loyang yang terlalu tinggi akan membuat bagian lama sekali matangnya, sementara bagian bawah terus terpanggang. Karena adonan tidak diharapkan untuk membumbung tinggi, itu sebabnya cukup gunakan loyang pendek dengan tinggi 4 cm.

Choco Nut Brownies - Cakefever

Dari hasil Pennylane brownies yang enak banget, lalu aku melakukan improvisasi sesuai seleraku. Aku mengurangi jumlah gula menjadi 300-340 gram dan menambahkan garam untuk lebih mengangkat rasa coklat dan memberi semburat gurih yang lebih terasa.

Lalu kacang mede aku blender sampai berbentuk bubuk dan aku campur aduk dengan adonan tepung. Choco chips juga aku ganti dengan dark cooking biasa dan aku parut. Kalau lagi pengen ada coklat chunknya, maka aku akan bagi menjadi 50 gram diparut, dan 50 gram dipotong dadu.

Setelah ditaburi kacang almond flakes (almond yang dipotong berbentuk kepingan tipis) adonan dipanggang suhu 180 C selama 25 menit sehingga bagian dalam brownies masih basah. Hmmmm rasanya nyoklat bangeetttt …

Modifikasi resep seperti ini bisa dilakukan untuk resep apa saja, untuk mendapatkan rasa dan tekstur yang kita inginkan. Aku pernah menulis tentang tips modifikasi resep yang sederhana. Untuk teknik modifikasi resep lanjutan, sebaiknya kita mengetahui dulu tentang bahan kue dan apa efeknya si bahan tersebut di dalam resep sebelum kita melakukan eksperimen mengubah komposisi atau mengganti bahan pada resep.

Resep

Kocok hingga kental:
4 butir telur
340 gram gula pasir
1 sdt garam

Ayak:
210 gram terigu
60 gram coklat bubuk

225 gram minyak sayur
100 gram dark compound parut
120 gram mede cincang kasar dan sangrai

topping: almond flakes

Cara Membuat Brownies:

1. Panaskan Oven 200 C. Alasi 2 buah loyang berukuran 30×10 cm dengan kertas roti atau baking paper. Lalu olesi alas & dinding loyang dengan minyak sayur.

2. Kocok telur, gula dan garam sampai kental dengan menggunakan mikser. Kemudian ganti whisk mixer yang tadinya menggunakan baloon whisk dengan flat beater. Bila tidak ingin menggunakan mikser juga bisa melakukan pengocokan telur dengan tangan menggunakan balon whisk sampai semua gula larut dan adonan menjadi kental.

3. Masukkan campuran terigu dan cocoa powder (bubuk coklat) yang sudah diayak, lalu aduk rata dengan flat beater, atau bila tidak menggunakan mikser maka gunakan spatula besar.

4. Masukkan minyak, coklat parut dan mede bubuk, bergantian, aduk rata dengan flat beater atau spatula. Setelah adonan terlihat tercampur rata dan terlihat mengkilap maka taburi dengan kacang almond flakes.

5. Panggang di suhu 180 C – 200 C selama 30 menit. Aku biasanya memanaskan oven sampai suhu 180 C, lalu ketika adonan sudah masuk ke dalam oven setelah 10 menit suhu aku turunkan ke 180 C. Karena bila tidak aku turunkan suhunya, Choco Nut Browniesku akan menjadi terlalu kering.

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: