Resep Carrot Cheesy Cake Goldoven


Carrot Cheesy Cake. Foto: Cakefever.com
Carrot Cheesy Cake. Foto: Cakefever.com

Cake yang satu ini seperti namanya, didalamnya ada campuran import parut. Walau jumlah wortelnya cukup banyak, tetapi rasa langu khas sudah tidak lagi terasa saat menikmati cake ini. Wangi aroma kayu manis menghilangkan jejak dengan sempurna.

Carrot Cake atau Cake Wortel ini sangat lembab (moist) dan tidak terlalu padat. Ditambah dengan campuran kismis memberikan sensasi rasa asam manis diantara gurihnya campuran cake, dan di dalamnya.

Cake ini rasanya tidak terlalu manis dan cocok sebagai kudapan teman minum teh hangat. Topping diatasnya memberikan sensasi rasa gurih yang memperkaya rasa Carrot Cake yang dipenuhi aroma kayu manis. Saya memang tidak menggunakan Cream Cheese untuk topping ini agar kue ini lebih tahan lama dan tidak memerlukan perlakuan khusus dalam penyimpanannya.

Cake ini juga cocok untuk anak-anak yang kurang menyukai wortel, karena sama sekali tidak terasa ada wortel di dalam cake ini, kalau tidak disebut ini Cake Wortel, rasanya tidak akan ada yang tahu di dalamnya ada wortel 🙂

Untuk penyimpanan di dalam kulkas, sebaiknya dibungkus terlebih dahulu dengan plastik lengket (cling wrap) untuk menjaga agar cake tetap lembab. Untuk penyimpanan di luar kulkas, cake ini bisa tahan selama 3 hari dalam wadah tertutup.

Nah deskripsi cake wortel atau di atas sudah cukup meyakinkan bukan? Carrot Cake atau Carrot Cheesy Cake ini juga adalah jualan andalanku dahulu yang merupakan versi modifikasi dari Resep Cake Wortel yang pertama kali aku coba. Terutama untuk mereka yang tidak menggemari brownies coklat yang padat dan nyoklat banget itu. Nah untuk yang kangen dengan Carrot Cheesy Cake Goldoven, bisa mencoba membuat cake ini sendiri yah sementara aku masih belum bisa menerima order kue 🙂

Dalam pembuatan cake ini, aku menggunakan minyak sayur dan tidak menggunakan pengembang kue sama sekali. Namun bila ingin bentuk cake ini tetap cantik dan tidak menyusut, bisa menggunakan baking powder double acting.

Resep Carrot Cheesy Cake Goldoven

Hasil 3 loyang ukuran 22×10

Kocok Kental:
6 butir
200 gram gula pasir
100 gram gula palem
2 gram garam
1 sdt Double Acting

Bahan Tepung:
260 gram tepung terigu (ayak)
1 gram cinnamon bubuk
100 garam kacang mede bubuk

Campur untuk Bahan Isian:
450 gram wortel parut
50 gram kacang mede cincang kasar
50 gram kismis cincang kasar kalau kismisnya berukuran besar
50 gram keju cheddar parut

150 gram minyak sayur

Topping 120 gram keju Cheddar Parut

Cara Membuat Carrot Cheesy Cake:

1. Panaskan Oven Suhu 180 C. Siapkan 3 loyang ukuran 22×10 cm, pasang baking paper atau kertas roti di alas loyang lalu olesi alas dan dinding loyang dengan minyak sayur.

2. Kocok , gula pasir, gula palem dan garam dengan mixer speed tinggi sehingga mengembang dan kental.

3. Masukkan bahan tepung satu per satu ke adonan telur, sambil diaduk dengan spatula lebar. Urutannya adalah masukkan tepung terigu yang sudah dicampur dengan bubuk kayu manis, setelah diaduk rata baru masukkan kacang mede bubuk. Kacang mede bubuk didapat dengan memblender kacang mede yang sudah dipanggang dengan blender sampai menjadi bubuk. Bila menginginkan menggunakan , masukkan di tahap ini ya. Bila tidak mengapa dengan yang agak menciut saat dingin, Baking Powder bisa dilewatkan.

4. Setelah bahan tepung diaduk rata, baru masukkan bahan isian satu per satu sambil tetap diaduk rata dengan spatula.

5. Baru terakhir aku memasukkan minyak, pelan-pelan sambil tetap diaduk dengan spatula.

6. Tuang ke loyang sampai kira-kira 3/4 penuh. Kalau pakai Baking Powder, adonan bisa lebih mengembang, jadi jangan mengisi loyang terlalu penuh kalau tidak mau jadi carrot cake luber 😀

7. Panggang 35 menit suhu 180 C (tergantung masing-masing).

8. Setelah matang, tes tusuk untuk meyakinkan cake sudah matang. Dinginkan dan keluarkan dari loyang.

Aku cukup sering membuat carrot cake ini, apalagi setelah aku rajin minum Juice Wortel yang diproses dengan Slow Juicer merek Huromku. Ampas wortel yang biasanya sudah bercampur dengan tomat, melon atau jeruk, aku langsung gunakan saja sebanyak 450 gram untuk cake ini. Aku panggang di loyang yang lebih kecil sekitar 15×10 cm, lalu setelah matang dan didinginkan, carrot cake dibungkus dengan plastik lengket (cling wrap) masukkan ke dalam kotak tertutup lalu simpan di freezer selama maksimal 3 bulan. Kapan pun butuh cake gurih dan sedap untuk teman minum teh, sudah siap tersedia!

Selamat mencoba!


Artikel Lainnya: