Memulai Jualan Kue Online

Artikel ini bagian 2 dari 5 artikel dalam seri Tips Jualan Online

Buat yang baru atau sudah memulai berjualan kue secara online, tentunya memerlukan “tempat” untuk memajang foto kue dan juga media promosi agar calon pembeli mengetahui keberadaan toko kue online kita.

Kalau sudah bisa membuat blog, bisa memanfaatkan layanan blog gratisan seperti Blogger.com, WordPress.com atau layanan lokal seperti Blogdetik.com. Keunggulan layanan lokal Blogdetik, konten kita bila cukup bagus, maka bisa dipromosikan di seluruh kanal detikcom sehingga bisa lebih cepat ngetop.

Kalau masih bingung dan belum bisa bikin blog, kita bisa jualan lewat Facebook atau pun di forum-forum seperti di detikforum.

Di DetikForum ini menjelang Perayaan Natal dan Tahun baru sedang mengadakan Bazaar Online. Ini kesempatan baik untuk mempromosikan kue-kue kita, apalagi eventnya memang pas. Klik aja di sini untuk daftar Bazaar Online detikForum


Baik di Facebook ataupun di forum, kita tidak perlu pusing dengan desain dan tampilan toko kita. Yang dibutuhkan hanyalah foto-foto dari produk kita. Nah untuk urusan foto ini, sebaiknya kita menyisihkan waktu untuk memotret produk kita dengan baik dan benar. Karena yang namanya makanan, bila dari tampilannya sudah menggoda, biasanya yang lihat langsung penasaran pengen pesan … benerraan looh!

Bila produk kita masih baru, berikan semacam harga promosi atau bonus pemesanan untuk menarik pelanggan baru. Yang paling mudah dan menguntungkan adalah setiap membeli produk A, maka diberi produk B. Jadi pembeli mendapat kesempatan mencicipi produk kue kita yang lain, bisa jadi pembeli juga kepincut dengan tester kue yang kita berikan itu dan di lain waktu juga memesan produk tester kita.

Jangan lupa memasukkan biaya produksi tester ini ke biaya pemasaran ya. Jangan dimasukkan ke biaya produksi, supaya kelihatan dari cost pemasaran dan promo kita ini bisa menghasilkan berapa banyak pelanggan baru.

Artikel ini sudah dibaca 24386 kali. Semoga bermanfaat :D

Artikel dalam Serial ini: Cara Menghitung Harga Jual KueTips Jualan Kue Online – Memelihara Kepercayaan PelangganSerunya Berjualan Kue

  • http://blushing-nindya.blogspot.com Nindya

    Salam kenal mbak..

    Mau sharing nih. Lebaran ini dengan modal nekat aku mulai nyoba jualan kue kering online. Walaupun penjualannya masih dikiiiit banget dan yang beli juga teman-teman dekatku, tapi rasanya senang luar biasa. Karena kue kering bikinanku yang disajikan di rumah alhamdulillah dapat pujian dari saudara-saudara. Dan senangnya lagi, hampir semua keluarga yang ku jumpai sekarang nyebut aku ‘tukang kue’ trus doain supaya aku bisa bikin toko.

    Mereka semua bertanya-tanya aku kursus di mana, padahal semuanya aku lakukan secara otodidak. Kebetulan kue kering yang aku jual bukan kue yang sudah banyak dijual di pasaran seperti nastar dan salju. Aku cari resep yang belum banyak orang tahu. Dan masalahnya, karena resep baru jadi resiko kegagalannya sangat besar.

    Aku pernah gagal bikin kue kering yang harga bahan-bahannya lumayan muahaaal. Satu adonan asli ga ada yang jadi sepotong pun. Rasanya mau nangis aja secara simpanan uang ku utk modal juga ga banyak. Satu adonan itu gagal berarti banyak duitku yang terbuang… (T_T)

    Tapi akhirnya mau ga mau besoknya aku coba lagi dengan resep yang dimodifikasi. Kenapa wajib nyoba lagi? Karena aku sudah terima orderan untuk kue itu!! Hahaa beneran modal nekat yah, kue belum pernah dicoba udah dijual.. :D

    Dan, alhamdulillah, jadi…!!! Dan dapat pujian karena rasanya enak dan kuenya juga jarang dijual. Syukurlah kenekatanku berbuah manis. Intinya kalau mau bisnis itu langsung action aja, jangan banyak mikir. Kalau gagal ya bisa jadi pelajaran untuk ke depannya… :)

    • http://www.cakefever.com/ cakefever

      Waah thanks sharingnya ya Nindya … Memang harus pantang menyerah kalau mencoba resep kue. Apalagi kue tersebut jarang ada dan bisa laku di pasaran … Untuk kue kering aku juga gak jual kue yang sudah banyak di pasaran. Karena biasanya nanti dicompare harga dan akhirnya price war. Padahal harga kue itu sangat tergantung harga bahan pembuatnya. Mana bisa kastengel pake edam disamakan dengan kastengel pake keju cheddar :) Tapi tidak semua lidah bisa merasakan perbedaan itu siyy hehehe

      Sukses terus ya Nindya… ditunggu sharing-sharingnya yang lain ;)

  • http://ummurumahkue.blogspot.com Siti Julaiha

    Salam kenal buat semua, seru juga baca komentarnya mbak-mbak. Saya orang baru dalam bisnis OL..kue. Pengalaman juga seru sekali ada yang mesan rame gitu, eh sekali gak ada sepi beberapa hari hehehe.

  • diana

    aku jual via fb mbak, tp lingkungan kota aku aja cirebon.tadinya aku jual ombikuk, puding, makaroni schutel n brownies, tp skrg di fokusin ke brownies n maksekut (thx bgt resep2nya mbak^^)
    Aku bikin brownnies pennylane, melted, double coklat ala martha stwrt n cheese brownies. Tp alhamdulilah pennylane n meltednya banyak yang suka dan msh ada pesanan, tp banyak bgt jg yang cm nanya n minta harganya di kurangi, sedangkan kl bikin porsi kecil kan ada minimal pemesanan ya mbak, biar bikin 1 resep lgsung habis, kl resep di bikin setengah rasanya beda(msh amatir bgt yah) padahal brownies n maksekut harganya di bawah goldoven hehe, secara aku lebih amatir n kota nya bukan jakarta jd harga yang aku tawarkan aku pikir wajar. Toh untungnya jg mefet bgt… Hiks… Apa bikin brosur akan lebih banyak pembelinya mbak? Thx bgt mbak fe….

  • diana

    Mbak fero keren banget jualan online nya banyak bgt yang pesen… Aku sih dalam seminggu ada yang pesen 1 aja untung hiks, gmn ya mbak menarik pembeli potensial, banyaknya malah nawar sampe setengah harga hiks, padahal harga kue ku ga mahal2, untungnya jg mefet bgt haduuuh curcol, maaf suhu ~_~

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Kamu jualan kue apa, Di? kue2 seperti birthday cake atau everyday cake kayak jualanku?

  • errin

    klo jual kue online khusus daerah jakarta aja?
    kalau yg di daerah kepulauan riau gmn?
    apa saat pengiriman kue akan hancur kuenya?

  • vety

    kira2 modal usahanya brapa ya mba ?saya jg mw nyoba nh….

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Modal usaha-nya disesuaikan saja tergantung mba Vety mau jualan kue apa… :) yg pasti mesti invest beli peralatan baking dan modal bahan …

  • Widya Firdauzi

    Mba….”Masukkan biaya produksi tester ke biaya pemasaran”….Maksud biaya pemasaran apakah harga jual dari kue yang kita jual?

    • http://www.cakefever.com cakefever

      maksudnya gini.. misalnya bikin tester brownies sekian banyak, itu costnya katakan 100rb. Di catatan pembukuanmu, masukkan 100rb itu ke biaya pemasaran.

      Biaya pemasaran dipisahkan dari biaya produksi. Biaya produksi itu kan biaya pembuatan kue, yang nantinya akan menentukan harga jual. Jangan bebankan biaya pemasaran sebagai direct cost ke biaya produksi, nanti harga jualmu jadi meningkat …

      Kira-kira sederhananya begitu Wid ..

  • http://www.facebook.com/cakefevercom Cakefever.com via Facebook

    Walaikum salam, kalau maksudnya mau jadi bakers tanpa sertifikat, caranya ya cuma satu, yaitu rajin mencoba resep! :)

  • betty djajaputra

    saya mah cuman mau nyoba bikin kue kalau ada waktu senggang, bukan ingin jualan kue, terlalu sibuk dengan tugas sehari hari saya

    • http://www.cakefever.com cakefever

      iya itu pun bagus Bet … ;)

  • cha

    mba fe bazar detikfood.com ini hanya utk wilayah jakarta aja ya…untk wil bandung, semarang, dll bisa ikutan juga ga?

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Karena ini Bazaar Online areanya tidak terbatas, Cha … asalkan barangnya bisa didelivery aja. Jadi konsepnya ini detikforum menyediakan tempat untuk kita promosiin dagangan kita ke seluruh pembaca detik.com … coba klik daftar deh Cha, kayaknya sih masih buka tuh… Bazaarnya sendiri sudah dimulai …

  • Betty Djajaputra

    aku mau coba,tq