Memilih Packaging Kue

Buat yang serius ataupun sekedar iseng jualan kue, tentunya harus memikirkan kotak, wadah atau packaging dari kue yang akan dijual.

Packaging untuk kue bentuknya bermacam-macam. Kotak-kotak untuk packaging kue-kue ini kalau di Jakarta bisa dibeli di beberapa tempat, yaitu di Toko Bahan Kue, Toko Mira (pilihan packaging di sini lebih banyak), pasar Jatinegara, Pasar Mayestik.

Bila membeli kotak dalam jumlah banyak, tentunya kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah, sehingga cost per potong kue yang kita jual bisa ditekan dan profit margin bisa diperbesar.

Bila kita menjual kue yang mengutamakan rasa, maka kita harus memilih bahan berkualitas baik. Akibatnya harga misalnya sepotong brownies ukuran 30×10 kita bisa-bisa 2x lipat harga brownies di toko kue kebanyakan. Tapi konsumen kue, terutama mereka yang mengutamakan rasa, biasanya tidak terlalu sensitif dengan harga.

Tetapi masalah harga ini bisa juga disiasati dengan membuat kue dengan ukuran yang lebih kecil. Daripada mengurangi kualitas bahan yang berarti mengurangi kenikmatannya, maka lebih baik menjual dengan ukuran yang lebih kecil.

Kotak Brownies biasanya terdiri dari beberapa ukuran standar: 30×10, 22×10, 26×10, 28×10 dan terkecil 15×10. Tetapi pengalamanku, ukuran loyang brownies yang umum tersedia hanya 30×10, 15×10 atau kadang-kadang aku nemu juga loyang ukuran 22×10 dan 28×10.

Bila memilih packaging brownies ukuran tidak standar, lebih baik sekalian pesan dengan loyangnya. Karena biasanya jarang sekali TBK menjual loyang tidak dengan ukuran standar.

Naah kalau kotaknya sudah dapat, jangan lupa untuk membuat stikernya yaa … Stiker dalam ukuran sedikit bisa dipesan di Snapy. Tapi kalau sudah mau buat stiker dalam ukuran banyak, sebaiknya ke percetakan karena harganya akan lebih murah.

Mereka juga biasanya menyediakan jasa desain dan layout bila diperlukan.

Selamat berjualan!

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: