Memanggang Lapis Legit dengan Baking Pan

Memanggang Lapis legit dengan Baking Pan
dalam Baking Pan | img:cakefever.com

Membuat kue bagi yang belum pernah membuatnya memang agak ngeri-ngeri gimana gitu. Bahkan yang sudah biasa membuat kue pun, masih banyak yang gentar untuk mencoba membuat kue legendaris ini 🙂

Tak heran karena selain bahan-bahannya yang bikin takut gagal (rata-rata 30 butir telur dan setengah kilo mentega, sob! itung aja berapa modalnya hehehe), proses pemanggangannya pun butuh kesabaran selapis demi selapis supaya lapis legit bisa matang tapi tetap lembut dan moist sempurna.

Baca Juga : Lapis Legit Pertamaku

Memanggang lapis legit harus menggunakan api atas. Ini wajib hukumnya, dan jangan tanya-tanya lagi apakah bisa bikin kue lapis legit kalau ovennya tidak ada api atas. Jawabannya: TIDAAAAKKKK … 😀

Kalau aku sedang tidak ingin nongkrong di depan ovenku yang panas, maka aku biasanya menggunakan listrik untuk memanggang lapis legit. Baking pan yang simple ini bisa digotong-gotong ke depan TV dan pekerjaan memanggang pun bisa dilakukan sambil santai nonton TV.

Baking Paper atau kertas roti dipasang hanya untuk melapisi bagian bawah loyang saja. Olesi dasar loyang dengan minyak atau margarin atau kalau mau pakai cairan khusus pengoles loyang, lalu pasang baking paper seukuran dasar loyang.

Dinding loyang tidak perlu dioles apapun dan juga jangan dilapisi oleh baking paper. Adonan lapis legit butuh mencengkeram dinding loyang saat proses pemanggangan. Jangan kuatir akan lengket, karena nantinya setelah dingin, kue lapis legit akan merenggang atau melepaskan dirinya sendiri dari dinding loyang.

Persiapan membuat kue lapis legit bila mau bisa dilakukan sehari sebelumnya. Persiapannya adalah mengocok margarin dan mentega. Bila menggunakan resep yang hanya pakai mentega berarti ya menteganya saja yang dikocok. Margarin dan mentega dikocok sampai mengembang dan putih pucat.

Baca Juga : Resep Lapis Legit Lembab dan Manis

Ohya, untuk lapis legit sebaiknya menggunakan kaleng, mereknya sih terserah sesuai selera. Emmm … kaleng ini maksudnya segala jenis yang dikemas dalam kemasan kaleng dan tidak perlu disimpan di dalam kulkas.

Karena menggunakan kaleng, maka kocokan mentega bisa dibuat sehari sebelumnya dan dibiarkan di suhu ruang (tapi jangan lupa ditutup yah wadahnya).

Kalau pakai butter non kaleng yang biasanya disimpan di kulkas, sebaiknya tidak menggunakan metode ini. Butternya langsung dikocok ketika ingin digunakan saja. Karena butter non kaleng tidak setahan butter kaleng di suhu ruang. Mungkin karena butter kaleng mengandung garam lebih banyak daripada butter non kaleng.

Adonan dituang ke loyang dengan takaran yang sama untuk setiap lapisnya, agar nantinya lapisan kue memiliki ketebalan yang sama. Kalau tebalnya tidak sama, kue lapis legitnya akan terlihat kurang cantik 🙂

Daan lapis legit itu akan lebih cantik kalau lapisannya tipis-tipis. Jadi untuk loyang ukuran 22 atau 24, biasanya aku hanya pakai 5 sendok makan per lapis … 🙂 Silakan bereksperimen sendiri untuk soal ketipisan si lapis legit …

Ini adalah penampakan adonan lapis paling bawah yang sudah diratakan di dalam loyang. Adonan terlihat masih kental karena loyangnya masih belum panas. Nantinya ketika proses pelapisan sudah dikerjakan berlapis-lapis, itu artinya loyang akan dalam keadaan panas.

adonan lapis legit masih terlihat kental
Adonan Lapis Legit masih Kental | img:cakefever.com

Ketika loyang sudah dalam keadaan panas, maka penampakan adonan yang dituang ke dalam loyang tidak akan seperti ini lagi karena panas akan mencairkan adonan.

Enaknya pakai adalah loyang tidak perlu dikeluarkan dari dalam . Tiap mau melapis, tutup baking pannya saja yang dibuka dan adonan pun siap dituang ke dalam loyang.

Sementara kalau dipanggang dengan oven biasa, maka loyang harus bolak balik dikeluarkan dan dimasukkan lagi tiap kali mau melapis. Karena terlalu sering membuka pintu oven, beberapa orang bahkan dengan sengaja tidak menutup pintu ovennya tiap kali melapis 😀

Nah ini dulu ya posting tentang baking pan. Nanti Insya Allah aku lanjutkan dengan foto-foto tingkat kematangan lapis legit, dan do n don’tsnya dalam proses memanggang lapis legit ya …

Selamat mencoba membuat Lapis Legit 🙂

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: