Memanfaatkan sisa Cream Cheese

Sudah mencoba Blueberry Cheese Cake, Japanesse Cheese Cake atau Cream Cheese Brownies ?

Takaran di resep kue yang aku sebutkan itu menggunakan pas satu kilogram cream atau 250 gram cream (1 cup cream Yummy).

Kita bisa membeli Cream Cheese dengan ukuran yang pas di Toko Bahan Kue yang menyediakan Cream Cheese yang dipacking ulang ke ukuran yang lebih kecil.

Kalau membeli di supermarket, biasanya hanya ada cream dalam ukuran 250 gram yang dijual dalam cup plastik. Sehingga tidak ada sisa cream yang tidak terpakai.

Tetapi seandainya kawan sekalian mencoba resep kue yang menggunakan cream cheese dalam jumlah yang tidak pas habisnya, akhirnya suka pada bingung mau diapakan sisanya. Cream Cheese yang sudah dibuka dari kemasannya, tidak tahan terlalu lama disimpan dalam kulkas.

Tapi jangan kuatir dan jangan takut mencoba resep kue, karena sisa masih banyaaak kegunaannya di campuran makanan kita yang lain. Di bawah ini aku rangkumkan beberapa ide penggunaan sisa untuk makanan kita yang lain:

Kalau sisa cream cheesenya tidak terlalu banyak, hanya sesendok dua sendok makan, dan kebetulan sedang membuat cupcake rasa asin, tambahkan saja sisa dalam kocokan margarin. Rasa cupcakenya akan lebih sedaap karena bercampur rasa gurih dari cream cheesenya.

Sisa cream cheese juga bisa dicampurkan ke dalam saus spageti, atau adonan ragout untuk isi risoles… Wuih dah kebayang deh rasa ragoutnya pasti mantap! Ide lainnya, campur cream cheese dengan sedikit mayones atau saus tomat, oleskan diatas roti, lalu panggang sampai roti kering.

Bila sisa cream cheesenya cukup banyak, bisa dikocok sampai lembut dan tambahkan ke dalam buttercream untuk dijadikan topping donat.

Sisa Cream Cheese juga bisa dibuat filling cake, campur dengan whipped cream dan gula halus dengan perbandingan 1:1:1. Jadi kalo sisa cream cheesenya 50 gram, maka whipped cream dan gulanya pun masing-masing 50 gram.

Kalau punya cracker atau biskuit yang rada tawar, enak juga dioles cream cheese di atasnya, campur sedikit dengan selai buah sesuai selera.

Dan pastiii banyak lagi segudang ide untuk memanfaatkan sisa cream cheese hasil dari perbuatan mencoba-coba resep kue 😀 Kalau ada ide lainnya, please share yaa …

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: