Resep HomeMade Mascarpone Cheese

Keju mascarpone biasanya disimpan di rak pendingin di supermarket atau toko bahan kue. Harga kejunya cukup mahal, bahkan lebih mahal dari pada harga cream . Tekstur kejunya creamy dan rasanya lebih halus dibandingkan cream .

Sekali-kalinya aku beli mascarpone itu saat mau praktek membuat Tiramisu. Tiramisu tidak selalu harus pakai keju mascarpone, bisa diganti cream atau bahkan dairy whipped cream. Tapi ya buatku sih terasa bedanya bila Tiramisu tidak menggunakan keju mascarpone. Rasa kejunya memang mengangkat rasa keseluruhan si tiramisu.

Namun si mascarpone ini tidak mudah ditemukan seperti menemukan jenis keju cheddar lainnya. Ya mungkin sama susahnya mencari cream cheese. Karena itu kita pun berusaha untuk bisa membuat homemade mascarpone (gadungan) seperti halnya kita membuat homemade cream cheese.

Bahan yang dibutuhkan hanya dairy fresh cream (harus produk susu ya), jeruk lemon dan kain kasa halus untuk menyaring kejunya. Kain kasa halus ini biasanya disebut cheese cloth.

Aku jarang membuat mascarpone sendiri, karena masih mudah dibeli dan tidak terlalu sering membuat kue yang menggunakan mascarpone. Jadi homemade mascarpone ini hanya satu kali aku pernah buat, itu pun karena iseng ingin tahu seperti apa hasilnya.

Resep standarnya adalah 2 cup fresh cream dan 1 sendok makan air jeruk lemon. Tapi ada juga resep dari Chef Louis dari Tulip menyebutkan 250 gram fresh cream dan 25 gram air jeruk lemon.

Cara Membuat Homemade Mascarpone Cheese

Panaskan fresh cream, jangan sampai mendidih. Aduk terus jaga supaya bagian bawah panci tidak gosong atau berkerak. Supaya aman, bisa juga menggunakan double boiler seperti kalau mau melelehkan coklat.

Ketika gelembung-gelembung sudah muncul (jangan sampai mendidih) kecilkan apinya lalu masukkan air jeruk lemon, aduk rata. Akan terlihat adonan lama-lama akan mengental. Aduk terus sampai 10 menitan lalu matikan api.

Dinginkan larutan fresh cream dan jeruk ini. Bisa dengan cara merendam wadah fresh cream ini ke dalam air dingin.

Setelah adonan dingin, saring adonan dengan kain kasa atau cheese cloth itu. Siapkan sekitar 3 lembar kain kasa ini. Ikat dengan karet lalu biarkan semalaman di dalam kulkas agar wheynya terpisah dan turun ke bawah. letakkan bungkusan keju basah ini di atas saringan yang dibawahnya ada wadah untuk menampung tetesan air dari saringan.

Masukkan kulkas, biarkan semalaman. Air dan bagian padat akan memisah, ambil bagian padatnya yang sudah menjadi Home Made Mascarpone Cheese.

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: