Cheese Tart a.k.a Blueberry Cheese Cake in a cup

Ini ceritanya begini.

Pada suatu hari, aku ingin membuatkan Blueberry Cheese Cake ke kantor dalam bentuk cup supaya mudah dinikmati oleh teman-temanku. Kalau Blueberry cheese cake dibuat dalam loyang besar maka akan ada tiga jenis kerepotan. Pertama repot cari wadah untuk membawanya, kedua repot cari pisau untuk motong-motongnya, ketiga repot makannya karena mesti menyediakan piring kecil dan sendok kecilnya juga.

Baked Cheese Cake yang sudah didinginkan di dalam kulkas
Baked Cheese Cake yang sudah didinginkan di dalam kulkas
Tampak atas Baked Cheese Cake
Tampak atas Baked Cheese Cake

Dan karena mikirin 3 jenis kerepotan tersebut, maka terinspirasilah diriku dengan Egg Tart. Lha ya sama kan adonannya sama-sama rada cair dan mesti didinginkan di kulkas supaya mantap dan lebih nikmat.

Nah karena sudah dapat idenya, langsung dikerjakan. Untuk resep Blueberry Cheese Cakenya silakan diintip di sini.

Yang membuat ini agak berbeda hanya di pengerjaan bagian crustnya. Kalau biasanya si crust menjadi alas atau base si cheese cake, maka kali ini crust dibentuk menjadi cup seperti pembuatan egg tart. Untuk kali ini aku hanya menggunakan crust si blueberry cheese cake untuk jadi cup-nya. Kalau mau pakai adonan crustnya egg tart atau pie mana pun, menurutku sih pastinya bisa-bisa aja …

Adonan crust yaitu biskuit marie regal yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan mentega atau margarin leleh, diambil sesuai ukuran cup aluminium foil yang digunakan. Dimasukkan ke dalam cup aluminium foil dan ditekan-tekan ke seluruh permukaan aluminium foil sampai menjadi bentuk cup yang diinginkan.

Karena aku punya cup aluminium foil yang tingginya rendah – sisa bikin egg tart – maka tampak seperti foto di atas. Cup si cheese tart terlihat tidak terlalu tinggi, mirip seperti egg tart. Ini menguntungkan kalau mau bikin cheese tart ini dalam jumlah banyak, hehehe.

Cheese Cake sudah diberi selai blueberry
Cheese Cake sudah diberi selai blueberry

Setelah crust in a cup sudah selesai dibentuk, aku panggang sebentar, lima menit-an di suhu 180C. Keluarkan dari panggangan dan sisihkan. Lalu buat adonan cheese cakenya, tuang pakai sendok atau kalau rajin masukkan adonan ke plastik contong supaya tinggal ceprot-ceprot aja ke dalam mangkuk crustnya.

Panggang selama 15 menit suhu 165-170C. Jangan terlalu panas supaya cheese cakenya tidak menjadi retak. Lalu keluarkan, dinginkan sebentar di rak. Setelah dingin, masukkan ke kulkas. Ohya aku tidak pakai metode au bain marie di sini, langsung panggang saja. Kenapa? karena males aja sih menyiapkan airnya, hihihi.

Blueberry Cheese Cake yang mudah dicomot dan dimakan. Tada!

Setelah selesai, masukkan selai blueberry ke plastik conthong, trus spuit-spuit deh yang keren. Jangan kayak aku nyepuitnya, parah! 😀

Dan cheese tart yang lezat pun dapat dinikmati dengan mudah. Tinggal dikeluarkan dari aluminium foilnya, pegang pakai tangan dan makan deh!

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: